BlogLifestyleTeknologi8 Cara Mengembalikan Keyboard OPPO Seperti Semula
0
0

8 Cara Mengembalikan Keyboard OPPO Seperti Semula

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 22, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Pins pernah mengalami papan ketik/keyboard ponsel OPPO kamu tidak muncul di layar? Sangat mengesalkan, ya, jika kita hendak membalas pesan penting, ternyata papan ketiknya entah hilang ke mana. Jadi kamu perlu tahu cara mengembalikan keyboard OPPO seperti semula.

Papan ketik atau keyboard merupakan fitur esensial pada ponsel kekinian karena tidak lagi menyediakan papan ketik fisik. Papan ketik dibutuhkan untuk hampir segala urusan yang berhubungan dengan ponsel Pins, misalnya membalas pesan, mengisi formulir, dan sebagainya. Akan sangat menyebalkan jika papan ketik hilang pada waktu-waktu yang sangat tidak tepat.

Penyebab hilangnya papan ketik biasanya terkait dengan ruang penyimpanan yang hampir penuh, tembolok/cache papan ketik yang menumpuk, pembaruan papan ketik yang tidak stabil, dan banyak hal lain. Nah, untuk mengatasi hal-hal tersebut, yuk, simak artikel berikut!

Baca juga: 6 Cara Menghapus Cache di HP Oppo Terlengkap

Cara Mengembalikan Keyboard OPPO Seperti Semula

Artikel kali ini akan membahas cara mengembalikan keyboard OPPO seperti semula. Maka dari itu, yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Bersihkan Memori

Source : kumparan.com

Gunakan aplikasi pembersih memori andalan Pins. Dengan begitu, sampah-sampah residu yang ada pada ponsel kamu akan dibersihkan secara menyeluruh. Ponsel akan menjadi lebih ringan sehingga papan ketik akan langsung muncul ketika kita butuhkan.

Bersihkan Cache Aplikasi Papan Ketik

Source : droidsmile.com

Cara memunculkan keyboard di HP OPPO selanjutnya dengan membersihkan cache aplikasi papan ketik. Sampah papan ketik biasanya menumpuk cache yang sangat banyak karena kita melakukan masukan setiap hari. Terkadang, papan ketik merekam aktivitas mengetik kita sehingga ukurannya pun menjadi bengkak. Jika sudah begitu, Pins harus membersihkan memorinya secara berkala. Berikut cara membersihkan cache di HP kamu

  • Ketuk dan tahan ikon aplikasi papan ketik yang Pins gunakan
  • Ketuk pada penyimpanan
  • Pilih bersihkan cache

Baca juga: 7 Cara Screenshot HP Oppo Paling Efektif

Jika ikon aplikasi papan ketik yang Pins gunakan tidak muncul pada menu, ikuti langkah pengaturan keyboard OPPO berikut ini.

  • Masuk ke pengaturan 
  • Lalu pilih “Manajemen Aplikasi”
  • Temukan aplikasi papan ketik yang pins gunakan, kemudian ketuk
  • Ketuk pada penyimpanan
  • Pilih bersihkan cache

Update Secara Berkala

Source : Berponsel.net

Lakukan update pada aplikasi papan ketik andalan Pins. Update yang dihadirkan oleh developer aplikasi biasanya berisi fitur baru sekaligus perbaikan-perbaikan terhadap masalah yang ada pada versi terdahulu. Dengan begitu, masalah-masalah yang terdapat pada versi sebelumnya akan teratasi pada update berikutnya. 

Batalkan Program Beta

Source : oppo.com

Beberapa aplikasi papan ketik memiliki program Beta. Program Beta ditujukan bagi kamu yang ingin mencicipi fitur baru sebelum dirilis secara resmi. Dengan mengikuti program Beta, kamu akan menerima fitur yang akan hadir sebelum orang lain mendapatkan fitur tersebut. Wah, jadi prioritas, ya, Pins!

Namun, ada sisi lain yang harus kamu ketahui ketika mengikuti program Beta, nih, Pins! Karena masih tahap uji coba fitur baru, ada kemungkinan bahwa terdapat bug pada aplikasi tersebut. Bug adalah kesalahan sistem akibat pengembangan aplikasi yang belum sempurna. Nah, bug ini bisa menjadi penyebab hilangnya papan ketik Pins, loh! Untuk itu, coba batalkan program Beta untuk aplikasi papan ketik yang kamu gunakan, ya, Pins!

Baca juga: 5 Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo, Aman!

Hapus Aplikasi Latar Belakang

Source : areafokus.com

Aplikasi yang berjalan di latar belakang biasanya membebani RAM ponsel kamu. Ini juga sebuah kebiasaan yang buruk karena akan memperlambat kinerja ponsel sehingga memungkinkan aplikasi-aplikasi lain menjadi crash, misalnya papan ketik. Pins harus rajin mengecek aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan membuka recent apps. Pada menu recent apps, Pins bisa melihat aplikasi apa saja yang pernah pins buka dan masih berjalan di latar belakang. Usap ke atas untuk mengeluarkan aplikasi tersebut dari sistem atau ketuk ikon X yang ada di bawah layar. Dengan demikian, RAM ponsel pins akan lebih lega dan ringan.

Mulai Ulang Ponsel

Source : bukandroid.com

Terkadang, hilangnya papan ketik merupakan akibat dari beban ponsel yang berat karena banyak program yang menumpuk. Dengan melakukan restart, ponsel Pins akan lebih ringan dan kendala pada papan ketik bisa teratasi. Biasakan untuk merestart ponsel secara berkala untuk menjaga performa ponsel yang stabil.

Baca juga: 13 Rekomendasi HP Oppo Kamera Terbaik dengan Harga Terjangkau

Ganti Aplikasi Papan Ketik

Source : balidev.top

Cara ini bisa Pins gunakan sebagai alternatif pengganti papan ketik bawaan ponsel jika papan ketik bawaan bermasalah. Banyak sekali aplikasi papan ketik yang tersedia di Google Playstore yang memiliki keunggulan dan fitur masing-masing. Pins bisa melakukan kustomisasi pada papan ketik, seperti mengubah warna, mengubah tema, dan lain sebagainya. Berikut cara ganti keyboard HP OPPO kamu yang bisa Pins ikuti.

  • Masuk ke pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Bahasa dan Masukan
  • Pada menu Bahasa dan Masukan, Pins akan menemukan opsi “Pilih papan ketik dan metode masukan”
  • Kemudian, pilih aplikasi papan ketik yang ingin Pins gunakan

Pins bisa menyesuaikan pengaturan papan ketik melalui menu pengaturan yang telah tersedia di aplikasi masing-masing, ya!

8. Mengembalikan Papan Ketik Default

Jika masalah yang Pins alami merupakan akibat dari aplikasi papan ketik pihak ketiga, maka ada baiknya jika Pins mengembalikan pengaturan papan ketik ke setelan awal/default.

  • Masuk ke pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Bahasa dan Masukan
  • Pada menu Bahasa dan Masukan, Pins akan menemukan opsi “Pilih keyboard dan metode masukan”
  • Kemudian, pilih default

Itulah cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula Pins. Jika kamu mengalami kendala pada papan ketik ponsel OPPO kamu, kamu bisa ikuti cara-cara di atas, Ya! Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Pins. Semoga bermanfaat, ya, Pins!

Featured image: gemskul.com

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Casa Mustika dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download