BlogLifestyleEdukasi10 Cara Menggemburkan Tanah Liat yang Kering
0
0

10 Cara Menggemburkan Tanah Liat yang Kering

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara menggemburkan tanahtop-right-banner

Tanah liat adalah salah satu jenis tanah yang biasa digunakan sebagai kerajinan. Biasanya tanah liat dibentuk menjadi piring, mug, guci dan masih banyak lagi. Meski prosesnya tidak mudah, pembuatan kerajinan dari tanah liat ini bisa dijual sehingga menghasilkan uang. Maka dari itu, penting bagi Pins untuk mengetahui cara menggemburkan tanah liat yang kering.

Pinhome – Umumnya tanah liat memiliki banyak sekali manfaat seperti sebagai bahan baku batu bata, keramik dan beberapa bahan bangunan lainnya. Terlebih karakteristik tanah liat yang sulit menyerap air sangat cocok digunakan sebagai bahan bangunan. Sayangnya tanah liat sering sulit dibentuk ketika kering. Bagi Pins yang mengalami masalah serupa, simak informasi yang akan dibagikan Pinhome kali ini yuk! Berikut daftar 10 cara menggemburkan tanah liat yang kering.

Olah Tanah Saat Musim Kemarau

(Pinterest)

Cara menggemburkan tanah yang keras adalah dengan memperhatikan waktu pengolahan. Hal ini karena kemudahan penggemburan tanah sangat dipengaruhi oleh musim. Karena di Indonesia memiliki dua musim, yaitu kemarau dan hujan, sebaiknya Pins mengolah tanah liat ini pada saat musim kemarau. 

Hal ini guna menghindari kadar air berlebih di dalam tanah. Tanah liat umumnya akan menjadi kering dan keras jika memiliki air yang sedikit di dalamnya. Namun Pins hanya perlu menambahkan air pada tanah liat yang ingin diolah. Jika dilakukan pada musim hujan, tentu kadar air tanah akan tinggi sehingga ketika ditambahkan air akan terlalu basah dan membuatnya semakin sulit untuk diolah.

Kontrol pH Tanah

(Pinterest)

Cara menggemburkan tanah liat selanjutnya adalah dengan mengontrol pH tanah. Tanah liat dengan pH yang terlalu rendah atau tinggi bisa membuat pertumbuhan tanaman menjadi tidak berjalan lancar. 

Pins bisa menambahkan beberapa komponen yang bisa menetralkan pH agar tanah bisa ditanami tumbuhan. pH tanah harus terus dikontrol secara rutin karena bisa berubah sewaktu-waktu. Gunakan pupuk yang mengandung amonia, kompos atau sulfur besi sulfat yang bisa menurunkan tingkat keasaman pada tanah liat.

Campurkan Beberapa Bahan Pada Tanah Liat

(Pinterest)

Cara menggemburkan tanah yang keras lainnya adalah dengan mencampurkan beberapa bahan pada tanah liat guna membuat tanah menjadi lebih gembur. Pins bisa menambahkan beberapa komponen seperti pasir atau gipsum yang akan membuat tanah menjadi lebih gembur. Campurkan bahan-bahan tadi di bawah tanah liat supaya bahan campuran tidak kering terkena sinar matahari.

Gunakan Pupuk Kompos

(Pinterest)

Cara menggemburkan tanah yang umum adalah dengan menggunakan pupuk kompos. Cara ini biasa dilakukan dalam penggemburan tanah. Pins bisa menggunakan pupuk kompos yang diaplikasikan secara merata pada tanah liat. Pupuk kompos ini akan menggemburkan tanah dengan cara memberikan nutrisi pada tanah.

Baca juga: 10 Ide Menarik Membuat Kerajinan dari Tanah Liat Sebagai Dekorasi Hunian

Jangan Gunakan Pengairan Otomatis

(Pinterest)

Jika Pins ingin membuat tanah liat cepat gembur dan kamu bisa jangan gunakan sistem pengairan otomatis. Bukan tanpa alasan, tanah liat memiliki sifat yang akan sulit diolah jika mengandung terlalu banyak air. 

Jadi usahakan untuk menggunakan pengairan manual jika dirasa tanah liat sangat kering. Jika menggunakan sistem pengairan otomatis dan banyak air yang masuk ke dalam tanah liat, bisa-bisa tanah tergenang dengan air dan bukannya menjadi lebih gembur.

Buat Sistem Saluran Air yang Baik

(Pinterest)

Karena karakteristik tanah liat yang tidak bisa diolah ketika mengandung terlalu banyak air, Pins perlu mengatur saluran air yang baik. Hal ini guna membuat tanah tidak tergenang air saat diberikan air pada proses penggemburan tanah. Dengan saluran air yang baik, tingkat kelembaban tanah juga akan menjadi lebih baik sehingga membuatnya lebih gembur.

Jaga Kelembaban Tanah

(Pinterest)

Cara penggemburan tanah selanjutnya adalah dengan menjaga kelembaban tanah. Pins bisa menjaga kelembaban tanah dengan menambahkan air yang cukup pada tanah. Selain itu kamu juga bisa menutupi tanah dengan kanopi atau hal lain yang bisa menghindari tanah dari paparan sinar matahari berlebih. Hal ini untuk membuat tanah tidak terlalu kering.

Olah Tanah Sesuai Kebutuhan

(Pinterest)

Pengolahan tanah perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya tanaman akan ditanam dengan jarak yang sesuai dengan perkiraan pergerakan tanaman saat tumbuh atau diterpa angin. Oleh karena itu, tanah sebaiknya diolah dan penanaman diatur sebaik mungkin agar tidak mengganggu antara satu tanaman dengan tanaman lainnya.

Pelihara Organisme Penyubur Tanah

(Pinterest)

Organisme tanah memang adalah salah satu cara paling ampuh dalam menggemburkan tanah. Pins bisa memelihara beberapa organisme penyubur tanah seperti cacing dan beberapa organisme lain yang bisa menyuburkan tanah. Jangan lupa untuk menyirami tanah dan memberikannya pupuk agar organisme di dalam tanah dapat terpelihara dengan baik.

Gunakan Batu Halus Di Sekitar Tanah

(Pinterest)

Mungkin banyak dari Pins yang bertanya-tanya fungsi batu halus pada tanah. Bukan tanpa alasan, batu halus biasanya mengandung fosfor, kalsium dan kabor yang bisa menggemburkan tanah. Usahakan penggunaan batu halus ini dipecah hingga benar-benar halus agar batu tidak lagi mengandung logam.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Buah untuk Mempercantik Hunian

Itulah 10 daftar cara menggemburkan tanah liat yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah. Semoga dengan ulasan di atas, Pins tidak kebingungan lagi dengan cara menggemburkan tanah liat di rumah dan dapat melakukan penanaman tanaman dengan lebih mudah. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download