BlogLifestyleEdukasiBagaimanakah Penampakan Tespek Positif Hamil?
0
0

Bagaimanakah Penampakan Tespek Positif Hamil?

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tespek positiftop-right-banner

Tespek positif terjadi sebagai sebuah penanda jika Pins sedang mengandung calon buah hati. Hasil tespek positif tersebut tentu bisa membuat Pins dan pasangan yang sudah menanti hadirnya momongan sebagai kado istimewa.

Pinhome – Bukan begitu saja terjadi, tespek positif hamil seolah mengonfirmasi bahwa adanya hormon hCG atau Human Chorionic Gonadotropin pada urine, Pins. Biasanya, hormone tersebut meningkat di masa awal kehamilan atau 10 hari setelah pembuahan. Setidaknya, hormone hCG melonjak dua kali lipat pada 60 hari pertama, Pins.

Baca Juga: Kumpulan Nama Bayi Laki-Laki Islami Lengkap Dengan Artinya

Tentunya perhitungan tersebut dimulai dari terakhir Pins terlambat datang bulan setelah berhubungan intim dengan suami. Proses kehamilan sendiri diawali dengan sel telur yang sudah matang akan dibuahi oleh salah satu dari ratusan juta sperma yang berhasil memasuki tuba falopi.

Nah, tespek positif ini bisa Pins dapati ketika sudah merasa terlambat datang bulan. Jika pembuahan gagal, maka darah pada dinding rahim akan luruh sehingga Pins akan tetap mengalami menstruasi setiap bulannya.

Baca Juga: Cara Mendekorasi Kamar Bayi

Cara menggunakan tespek

Bagaimanakah Penampakan Tespek Positif Hamil?
Source : Freepik

Baca Juga: Mimpi Hamil? Ini Dia Arti Dari Mimpi Hamil Menurut Islam

Alat tespek semakin hari semakin beragam bentuknya. Mulai dari stick tipis panjang hingga test pack dengan desain modern. Berbagai merek tersebut banyak di jual di apotek, Pins. Namun, selalu pastikan tespek belum kadaluarsa ketika akan membelinya supaya lebih sensitif dan akurat.Untuk diketahui, setidaknya ada dua jenis garis yang bisa menandakan Pins positif hamil, ada dua garis merah dan dua garis biru.

Sangat disarankan untuk melakukan pengecekan menggunakan tespek di pagi hari pada hari pertama Pins terlambat datang bulan. Selain itu, pastikan cara menggunakan tespek sudah benar. Berikut cara menggunakan tespek yang benar untuk mengetahui apakah Pins sedang hamil atau tidak:

  • Pertama, siapkan wadah kecil bersih untuk urin
  • Setelah itu, buka bungkus kemasan tespek, Pins
  • Jika sudah, pastikan baca petunjuk penggunaan tespek, sebab masing-masing merek memiliki fitur masing-masing
  • Tampung urin di wadah tadi yang sudah disiapkan, kemudian celup tespek sampai garis batas maksimal selama 5 detik.
  • Tunggu hasilnya kurang lebih 10 menit untuk memastikan garis tidak berubah-ubah, Pins!
  • Apabila Pins positif hamil, maka tespek muncul dua garis biru atau garis merah secara jelas. Tapi, kalau hanya satu garis saja dipastikan Pins belum mengandung calon janin.

Hasil tespek positif

Terlepas dari itu, banyak ibu muda yang masih kebingungan untuk mengetahui kepastian hasil tespek positif. Bukan tanpa alasan, banyak di luar sana terjadi beberapa risiko yang menyebabkan tespek positif tapi beberapa hari kemudian Pins datang bulan. Selain itu, ada kasus bahwa garis pada tespek samar-samar. Supaya tidak lagi dibuat gundah, simak beberapa penampakan tespek saat positif hamil:

  • Muncul dua garis merah atau biru yang jelas

Beberapa merek test pack memang memiliki garis penanda kehamilan yang berbeda, ada yang berwarna merah dan berwarna biru, Pins. Jika muncul dua garis merah maupun garis biru yang jelas dan kuat pada tespek maka bisa dipastikan Pins tengah memasuki masa kehamilan trimester awal.

Bagaimanakah Penampakan Tespek Positif Hamil?
Source : Freepik

Seperti contoh gambar tespek positif di atas menjadi penanda bahwa Pins benar-benar sedang berbadan dua. Hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit untuk bisa melihat hasil tespek positif, Pins. Untuk memastikan kondisi kehamilan sebaiknya segera kunjungi dokter, ya!

  • Muncul garis hasil tespek positif tapi samar-samar

Ini dia yang membuat Pins penasaran, apakah benar-benar sedang hamil atau tidak. Pasalnya, garis tespek yang samar-samar belum tentu menandakan Pins sedang mengandung calon buah hati atau tidak. Salah satu kemungkinan garis merah atau garis biru pada tespek samar-samar yaitu kadar hormon hCG pada urine yang rendah.

Apabila selama rentang waktu 10 menit hasilnya tetap samar-samar, sebaiknya jangan berkecil hati. Sebab, ada kemungkinan Pins mengalami kehamilan kimiawi. Kehamilan kimiwai ini tandanya sangat mirip dengan kehamilan normal, hanya saja sel telur tidak begitu kuat sehingga bisa memicu keguguran dini, Pins.

Tanpa disadari, urin yang terlalu encer juga bisa menjadi penyebabnya, lho. Alternatif yang dapat dicoba yaitu mengganti merek tespek yang lebih akurat dan lebih sensitif dan melakukan pengecekan lagi sehari atau dua hari setelahnya. Selain itu, tetap andalkan dokter terpercaya untuk berkonsultasi mengenai kondisi organ reproduksi, Pins!

Apa yang harus dilakukan supaya tespek positif?

Source : Freepik

Agar tak menelan kekecewaan dan bisa segera melihat gambar tespek positif, ada baiknya Pins selalu memperhatikan beberapa hal ini:

  • Cek masa subur sebelum berhubungan intim dengan suami
  • Lakukan hubungan badan secara teratur
  • Selain itu, pastikan menjalankan pola hidup sehat bersama suami
  • Hindari merokok, minum alkohol, hingga begadang
  • Pastikan mengonsumsi asupan sehat, seperti susu hingga olahan ikan
  • Suplemen juga penting untuk mendukung keberhasilan program hamil
  • Selalu rutin konsultasi ke dokter mengenai kesehatan organ reproduksi

Tanda-tanda kehamilan

Selain tespek positif hamil, ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang bisa Pins jadikan penanda awal memasuki trimester pertama mengandung calon buah hati.

  • Terlambat datang bulan
  • Payudara terasa lembut dan bengkak
  • Mual dan muntah
  • Intensitas buang air kecil meningkat
  • Merasa lelah ekstrem
  • Perut kembung
  • Muncul bercak kecokelatan tanda implantasi sel telur yang dibuahi menempel di rahim
  • Suasana hati berubah-ubah
  • Gangguan pencernaan
  • Nafsu makan berubah

Gambar tespek positif tentu sangat diidam-idamkan oleh Pins dan suami yang sedang menanti Pinsongan. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat supaya program kehamilan bisa berjalan dengan lancar, ya!


Temukan beragam pilihan rumah atau cari tahu harga tanah seperti harga tanah di Jakarta Selatan terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download