BlogLifestyleEdukasi5 Contoh RAB Bangunan yang Benar dan Mudah Dipahami
0
0

5 Contoh RAB Bangunan yang Benar dan Mudah Dipahami

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Sep 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Contoh RAB Bangunantop-right-banner

Pada saat membangun sebuah ruko ataupun rumah, sangat dibutuhkan persiapan yang terbilang cukup kompleks. Hal ini meliputi material bangunan, Rancangan Anggaran Biaya (RAB), dan pekerja proyek. Mengetahui contoh RAB bangunan dapat sangat membantu Kamu yang sedang kesulitan dalam membuat perencanaan anggaran pekerjaan pembangunan dan renovasi sebuah bangunan. Pada artikel kali ini, Pinhome akan memberikan contoh RAB bangunan yang benar.

Terdapatnya RAB atau cost planning akan sangat berguna agar Kamu dapat mengetahui estimasi biaya dari renovasi atau pembangunan sebuah bangunan dari awal hingga selesai. RAB juga dapat digunakan sebagai patokan harga pada saat bangunan akan dijual kembali. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk melihat contoh RAB yang benar sebelum Kamu membangun sebuah bangunan.

Kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga:

Apa Itu RAB?

Source : Pixabay

Mengutip dari buku Langkah Runtut Menghitung Rencana Anggaran Biaya Bangunan karya Anik Rahmawati (2022), RAB bangunan merupakan sebuah perhitungan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah konstruksi bangunan. Perhitungan ini berisi dari biaya pembelian bahan bangunan, biaya upah tenaga, dan biaya sewa peralatan.

Pada proses perhitungan RAB, Kamu dapat berpedoman pada gambar kerja dan spesifikasi teknis pekerjaan konstruksi. RAB bangunan ini sangatlah bergunan untuk dijadikan pedoman pelaksanaannya.

Tujuan RAB

1. Untuk memastikan biaya pembangunan rumah secara keseluruhan.

2. Memetakan kebutuhan biaya material pembangunan.

3. Acuan untuk negosiasi harga antara kontraktor dengan mandor atau subkontraktor.

4. Mengetahui perkiraan keuntungan atau kerugian jika menggunakan suatu metode kerja.

5. Melakukan perjanjian kontrak dengan kontraktor atau pemborong/vendor.

6. Bahan laporan proyek pekerjaan.

7. Bahan pertimbangan untuk menentukan langkah manajemen.

8. Sebagai dasar membuat jadwal distribusi bahan material dan tenaga kerja ke lokasi pekerjaan.

Cara Menghitung RAB

Sebelum melihat contoh RAB yang benar dan mudah dipahami, Kamu perlu untuk mengetahui juga cara menghitung RAB. Pada umumnya terdapat dua cara untuk menghitung RAB yaitu metode per meter persegi dan metode analisis harga satuan pekerjaan. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasannya!

1. Menghitung RAB per Meter Persegi

Jika ingin menghitung RAB dengan menggunakan sistem per meter persegi, Kamu perlu menyiapkan data terkait total luas bangunan, harga bangunan, dan juga materialnnya. Kelebihan dari metode ini yaitu prosesnya yang terbilang cepat dan mudah.

Selain itu, cara menghitung RAB dengan metode ini juga bisa menyesuaikan dengan harga bangunan, waktu pengerjaan rumah, dan juga lokasi bangunan tersebut. Contoh perhitungan RAB rumah dengan sistem meter persegi yaitu:

Misalnya Kamu ingin membangun rumah dengan lebar 9 meter dan panjang 10 meter, maka luas bangunannya yaitu 90m2. Asumsikan jika harga bangunan per meter perseginya Rp2 juta.

Nah untuk cara hitungnya, Kamu tinggal mengalikan luas bangunan tadi dengan harga per meter perseginya, seperti; 90m2 x Rp2 juta = Rp180 juta.

2. Menghitung RAB dengan Analisis Harga Satuan Bangunan

Jika ingin menghitung RAB rumah dengan sistem ini, Kamu harus mencari terlebih dahulu harga satuan bangunan dengan membuat gambar atau denah bangunannya. Lalu, buatlah daftar spesifikasi material bangunan lengkap dengan harganya.

Kemudian, rinci daftar pekerjaan dan cantumkan upah tukang, lalu hitung volume item pekerjaan. Setelah semua data terkumpul, hitung volume masing-masing item berdasarkan gambar dan ukuran bangunan rumah.

Kelebih dari sistem ini yaitu estimasi bujet yang dibutuhkan akan lebih akurat. Adapun contoh perhitungan RAB rumah dengan metode ini ialah:

Misalnya Kamu ingin memasang ubin di rumah yang mempunyai luas 60m2. Untuk mengetahui biaya pemasangan ubin tersebut, makan Kamu tinggal mengalikannya dengan harga satuan ubin, misalnya Rp100 ribu.

Berdasarkan informasi di atas, kita bisa mengetahui bahwa total biaya pemasangan ubin tersebut sebesar ; 60 m2 x Rp100 ribu = Rp6 juta.

Contoh RAB Rumah

1. Contoh RAB Rumah Minimalis Tipe 45

contoh rab bangunan
Source : Jasa Site Plan

2. Contoh RAB Rumah Minimalis Sederhana

Source : Tsgbali

3. Contoh RAB Rumah Lainnya

Source : Kibrispdr

4. RAB Rumah Modern Tipe 90

Source : Harga Depo

5. RAB Renovasi Rumah

Source : Harga Depo

Cara Membuat RAB Rumah

Membuat RAB bangunan harus dilakukan secara cermat dan teliti agar mendapatkan biaya bangunan yang efisien. Dengan RAB tersebut, Kamu bisa mengukur kemampuan materi dan mengetahui jenis-jenis bahan material konstruksi yang dibutuhkan dalam proses pembangunan. Jadi, biaya yang Kamu keluarkan bakal sesuai dengan perencanaan.

Cara membuat RAB:

1. Gambar Kerja

Cara membuat RAB rumah yaitu menyusun gambar kerja menentukan daftar pekerjaan yang akan dihitung. Daftar pekerjaan tersebut seperti jenis pekerjaan, ukuran bahan bangunan, spesifikasi, dan lain-lain.

2. Menghitung Volume Pekerjaan

Cara membuat RAB yaitu menghitung banyaknya volume pekerjaan dalam satu satuan, contohnya, per m2, m3, atau per unit. Volume pekerjaan tersebut lalu dikalikan dengan harga satuan pekerjaan sehingga didapatkan jumlah biaya pekerjaan.

3. Membuat Harga Satuan Pekerjaan

Cara membuat RAB berikutnya yaitu membuat harga satuan pekerjaan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui jumlah biaya dari tiap-tiap pekerjaan mulai dari upah pekerja hingga material.

4. Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Setelah menyusun harga satuan pekerjaan, langkah berikutnya yaitu menghitung total dari biaya pengerjaan. Perlu Kamu ingat bahwa setiap biaya pengerjaan yang timbul dapat berubah berdasarkan kondisi dan situasi.

5. Rekapitulasi

Cara membuat RAB bangunan terakhir yaitu menjumlahkan total masing-masing subpekerjaan. Seperti pekerjaan persiapan, pekerjaan pondasi, atau pekerjaan beton.

Itu dia penjelasan tentang RAB dan contoh dari RAB bangunan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download