Dipublikasikan oleh dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari
Apr 13, 2023
5 menit membaca
Daftar Isi
Sebagai karyawan, kamu tentu harus membuat surat izin jika berhalangan untuk masuk kerja. Entah karena sakit, acara keluarga, atau alasan penting lainnya. Surat izin yang termasuk ke dalam surat resmi ini ditujukan ke atasan kamu, supaya mereka mengetahui bahwa kamu sedang tidak dapat masuk kerja.
Surat izin ini juga ditulis sebagai bentuk profesionalisme seorang karyawan, lho. Nah, supaya tak salah membuatnya, yuk simak cara membuat beserta contoh surat tidak masuk kerja di artikel ini.
Surat izin tidak masuk kerja adalah surat yang ditulis karyawan untuk mengajukan permohonan izin tidak bekerja karena alasan tertentu. Permohonan izin tidak masuk kerja bisa karena sedang sakit, keperluan keluarga, atau keperluan mendadak lainnya.
Pada intinya, tujuan pembuatan surat izin tidak masuk kerja ini adalah untuk menginformasikan perusahaan mengapa kamu berhalangan masuk kerja. Selain itu, surat ini merupakan bentuk profesionalisme sebagai seorang karyawan.
Jadi, jika ada pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan, pekerjaan tersebut bisa ditugaskan sementara pada rekan kerja. Sehingga, tidak ada pekerjaan yang terbengkalai.
Baca juga: Contoh Surat Pernyataan Beserta Cara Membuatnya
Untuk mengetahui cara membuat surat izin tidak masuk kerja. Kamu perlu mengetahui bagaimana prosedur di perusahaan kamu terlebih dulu.
Apakah harus membuat surat tertulis dan menyerahkan pada perusahaan atau hanya menuliskannya melalui email. Kamu bisa menanyakan pada HRD untuk keterangan lebih lanjut.
Nah berikut ini beberapa tips membuat surat izin tidak masuk kerja:
Surat Izin tidak masuk kerja termasuk dalam surat formal. Sehingga kamu juga perlu menuliskan dalam format yang sesuai. Untuk format surat format terdiri atas:
Untuk isi dan alasan izin tidak masuk kerja, kamu tak perlu menjelaskannya terlalu detail. Hal yang terpenting, kamu dapat menjelaskan secara singkat dan padat. Misalnya, alasan izin tidak masuk kerja, tanggal dan lama ketidakhadiran, lalu dokumen pendukung jika memang tersedia.
Jika kamu masih bisa bekerja dari jarak jauh, kamu juga bisa memberikan alternatif untuk tetap bekerja remote dan tetap dapat dihubungi.
Alternatif lainnya, kamu juga bisa memastikan bahwa pekerjaanmu telah dibackup oleh rekan kerja selama berhalangan hadir. Jadi, pekerjaan dapat tetap berjalan dengan baik.
Baca juga: Cara Membuat Surat Izin Sakit Sekolah
Supaya bisa mendapatkan referensi yang tepat, kamu bisa meniru beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja dengan beberapa alasan berikut ini.
Jakarta, 10 Juli 2022
Lampiran: Surat keterang sakit dokter
Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT Sukamaju
Jakarta Barat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Dengan ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada Senin, 10 Juli 2022, karena sakit. Sehubungan dengan hal tersebut, saya lampirkan surat keterangan dari dokter sebagai bahan pertimbangan.
Demikian surat izin ini saya sampaikan. Atas izin dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Andini
Baca juga: Contoh Surat Keterangan Sakit yang Benar
Jakarta, 10 Juli 2022
Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT Sukamaju
Jakarta Barat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Dengan ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada Senin, 10 Juli 2022 karena adanya urusan keluarga yang tak dapat ditinggalkan. Apabila ada pekerjaan kantor yang mendesak saya tetap dapat dihubungi melalui WA, email, maupun telpon.
Demikian surat izin ini saya sampaikan. Atas izin dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Andini
Jakarta, 10 Juli 2022
Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT Sukamaju
Jakarta Barat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Dengan ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada Senin-Rabu, 10-12 Juli 2022 karena akan melangsungkan pernikahan.
Sehubungan dengan hal tersebut, sebelumnya saya mohon maaf karena pada tanggal tersebut kemungkinan akan sulit dihubungi. Untuk pekerjaan kantor yang saya tinggalkan, akan saya selesaikan setelah kembali bekerja.
Demikian surat izin ini saya sampaikan. Atas izin dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Andini
Baca juga: Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!
Jakarta, 10 Juli 2022
Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT Mandiri Sinar Abadi
Jakarta Barat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Sehubungan dengan pemeriksaan dokter, saya disarankan untuk istirahat selama 3 hari pada, Senin-Rabu, 10-12 Juli 2022 karena alasan kesehatan. Oleh sebab itu, saya juga memohon kebijaksanaan dari Bapak/Ibu untuk berkenan memberikan izinnya. Saya juga lampirkan hasil pemeriksaan dokter pada lembar terpisah. .
Demikian surat izin ini saya sampaikan. Atas izin dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Andini
Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.
Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.
© lifestyle.pinhome.id