Dipublikasikan oleh Lea Lyliana dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari
Mei 2, 2023
6 menit membaca
Daftar Isi
Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau penggunaan jasa. Untuk itu, beberapa orang kerap mengajukan surat pengaduan supaya keluhannya didengar. Menariknya, surat ini pun tak hanya dilakukan dalam transaksi jual beli, tapi bisa pula ke layanan masyarakat, seperti polisi. Lalu, apa itu surat pengaduan?
Nah, sebagai gambaran berikut ini diuraikan contoh surat pengaduan atau keluhan untuk berbagai keperluan. Dengan contoh surat keluhan ini kamu tak bingung lagi jika ingin mengajukan pengaduan atau komplain pada perusahan jual beli atau instansi terkait. Yuk, langsung simak saja ulasannya sampai habis!
Surat pengaduan adalah salah satu contoh surat resmi yang berisi keluhan atau ketidakpuasan seseorang terhadap suatu layanan, sehingga menuntut penyelesaian. Penyelesaian tersebut bisa berupa ganti rugi atau tindakan terkait.
Dalam pembuatannya, surat ini konon melibatkan hukum. Terutama jika berkaitan dengan instansi atau lembaga besar. Jadi, penggunaan pun tak bisa sembarangan. Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi surat pengaduan yang perlu diketahui:
Baca Juga: Surat Pernyataan Kehilangan, Cara Mengurus dan Contohnya
Sebelum mempelajari contoh surat komplain, kamu perlu tahu dulu format penulisannya. Ini bisa menjadi gambaran ketika membuat suratnya nanti. Dilansir dari berbagai sumber, berikut format surat pengaduan yang bisa diikuti:
– Tangan dan alamat surat
Bagian ini berisi tanggal, nama penerima, dan alamatnya. Baiknya, tulis dengan tepat agar tidak keliru saat pengiriman.
– Kata pengantar
Sebelum menyebutkan isinya, kamu perlu buat dulu kata pengantar sebagai bentuk kesopanan. Pada bagian ini, isi identifikasi keluhan terdapat oenyedia layanan jasa atau pihak penjual, serta instansi terkait.
– Isi surat
Masuk ke bagian pentingnya, yaitu isi surat. Pada bagian ini kamu bisa menuliskan isi keluhana secara runtut, jelas, dan akurat. Penjelasan mengenai dampak negatif atau efek samping pun perlu dimasukkan pada bagian ini. Hal ini dilakukan agar mudah dipahami dan kamu bisa segera mendapatkan tanggapan yang sesuai dan efektif. Meski begitu, tetap gunakan kata yang sopan dan tidak ambigu, ya.
– Kesimpulan
Jika maksud sudah diutarakan, maka tutup surat dengan kesimpulan. Pada bagian ini sebaiknya tidak hanya diisi dengan salam penutup, tapi lebih ke harapan atau tujuan penyelesaian yang diinginkan. Baiknya, tulis dengan detail dan lugas apa yang kamu sarankan pada pihak terkait dengan bahasa yang sopan.
Nah, untuk mempersingkat, berikut susunan surat pengaduan yang bisa jadi inspirasi:
Baca juga: Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada
Cara membuat surat pengaduan perlu diketahui. Ini bisa jadi antisipasi apabila terjadi transaksi yang tak sesuai perjanjian. Dengan melakukan komplain lewat surat, harapan kamu bisa mendapatkan balasan atau penyelesaian yang dibutuhkan.
Namun, dalam pembuatannya kamu harus hati-hati karena surat ini bersifat resmi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pengajuan surat pengaduan, yaitu teliti lagi produk atau layannya. Lalu, cek pula reputasi produk atau perusahan yang mengeluarkannya. Jika memang banyak yang tak sesuai, maka kamu bisa mengajukan keluhan.
Untuk penulisannya, gunakan metode komunikasi yang formal dan terstruktur. Dengan begitu, isi surat akan terkesan sopan dan profesional, sehingga perusahanan atau instansi terkait bisa memproses keluhanan dengan nyaman.
Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya
Sebagai gambaran, berikut beberapa contoh surat pengaduan yang bisa kamu sontek. Contoh ini bisa dipakai untuk berbagai keperluan, lho!
Yth. Kapolsek Mungkid
Di tempat
Hal: Laporan Penipuan Online
Lampiran: 1 (satu) halaman
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Adi
Jenis Kelamin Laki-laki
No KTP: 987654321
Alamat: Jl. Jungkat-jungkit No.01, Mungkid
No. Telp: 08181234677
Saudari Hasna telah melakukan tindakan penipuan berupa penjualan barang secara online melalui Facebook senial Rp. 15.000.000,-. Barang yang diterima tidak sesuai pesanan, cacat dan tidak orisinal. Pihak penjual menjanjikan untuk mengembalikan uang dalam waktu 3 hari, tapi uang tersebut belum juga dikembalikan hingga saat ini. Tepatnya, 2 minggu dari barang diterima.
Pihak yang bersangkutan belum menunjukkan itikad baik mengembalikan uang tersebut.
Sebagai bukti, saya lampirkan nota pembelian barang dengan chat kepada penjual. Dalam chat tersebut berisi penjelasan penjual akan mengembalikan uang paling lambat 3 hari setelah barang diterima.
Demikian pengaduan ini saya buat. Besar harapan saya agar pihak kepolisian dapat menyelesaikan perkara ini hingga tuntas. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
Mungkid, 9 April 2022
Hormat saya,
Pelapor
Adi
Pusat Informasi Publik
Inspektorat Provinsi Jawa Tengah
Jalan Pemuda No. 98121, Semarang
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Pelapor:
Jenis Kelamin:
Usia:
No. KTP:
Alamat Lengkap:
No. Telepon:
Email :
Melaporkan bahwa telah terjadi …………………………………. di ………………………. pada …………………. Untuk itu, mohon dilakukan tindakan atau olah TKP terkait laporan tersebut.
Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.
Semarang,………….2022
Pelapor
(Nama Terang)
Telah Diterima Oleh
(Nama Terang)
SURAT PENGADUAN PELANGGAN
Kepada: Kepala Cabang Bank BNI Sukabumi
Di tempat
Dengan hormat,
Saya ingin menyampaikan pengaduan bahwa Bank Negara Indonesia cabang Sukabumi telah melakukan praktik pendebetan rekening tanpa sepengetahuan maupun surat kuasa dari saya sebagai nasabah. Rekening tersebut atas nama Asrina dengan nomor 189121012121.
Rincian pendebetan sebagai berikut:
Tindakan tersebut sangat merugikan dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi saya sebagai nasabah BRI. Maka dari itu, melalui surat pengaduan ini saya sangat berharap Bapak Pimpinan Cabang segera mengambil langkah serius untuk menyelesaikan kasus ini.
Demikian surat ini saya buat tanpa ada rekayasa. Saya mengharapkan penyelesaian yang tegas dan tuntas.
Hormat saya,
(Pembuat laporan)
Nah, itulah contoh surat pengaduan dan formatnya yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat!
Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.
Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.
© lifestyle.pinhome.id