BlogLifestyleEdukasi8 Contoh Surat Permohonan Maaf Resmi Dan Tidak Resmi
0
0

8 Contoh Surat Permohonan Maaf Resmi Dan Tidak Resmi

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Apr 13, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Membuat kesalahan adalah bagian dari sifat manusia. Membuat kesalahan itu wajar karena kita tidak selalu benar. Pada artikel ini akan membahas contoh surat permohonan maaf yang ditulis ketika kita telah berbuat salah pada perusahaan, agensi, guru, klien, teman, dll. 

Permintaan maaf pribadi biasanya lebih meyakinkan dan memang seharusnya begitu. Namun, berbeda dengan dunia bisnis, di mana perusahaan dan orang-orang terdekatnya sibuk, sehingga tidak sempat bertemu. Oleh karena itu menulis permohonan maaf surat resmi adalah sebuah pilihan. 

Surat permintaan maaf biasanya ditulis dalam bahasa resmi. Masalah dan detail apapun juga harus dijelaskan secara tertulis. Sebagai penulis permintaan maaf, sebaiknya ingat juga untuk menyebutkan alasan mengapa kesalahan itu bisa terjadi. Dengan demikian, pihak-pihak yang dituju surat tersebut dapat kembali memahami dan mengakhiri hubungan bisnisnya.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Apa Itu Surat Permohonan Maaf

Ada banyak jenis surat, salah satunya adalah surat permohonan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, surat permohonan berisi permohonan atau permintaan kepada orang yang terkait, perorangan, lembaga, organisasi, perusahaan atau badan hukum lainnya tentang sesuatu. 

Menulis surat permintaan itu sendiri memiliki banyak tujuan, mulai dari meminta izin, meminta bantuan, meminta kerja sama, meminta maaf, dan lainnya. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih dalam tentang surat permintaan maaf. Surat permohonan maaf adalah bukti tertulis bahwa kita telah meminta maaf kepada pihak yang dirugikan dengan harapan pihak yang dirugikan menerima atau menyambut baik permintaan maaf tersebut. 

Permintaan maaf dapat ditulis sebagai surat resmi atau tidak resmi. Perusahaan menggunakan permintaan maaf tertulis resmi untuk masalah penting yang memerlukan klarifikasi. Permintaan maaf formal harus menggunakan bahasa formal dan mengikuti struktur surat formal. Permintaan maaf informal, biasanya digunakan untuk urusan pribadi kepada keluarga, teman, kerabat, guru, dll, dapat ditulis dalam bahasa sehari-hari.

Berikut Cara Menulis Surat Permohonan Maaf

Sebelum menulis permintaan maaf yang baik dan benar, ingatlah untuk menenangkan pikiran terlebih dahulu. Memahami perspektif orang yang menerima permintaan maaf Pins. Saat kamu siap menulis permintaan maaf, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menulis permintaan maaf.

Mengakui Kesalahan Pertama Kali

Mulailah dengan menulis “Saya minta maaf…” diikuti dengan apa yang benar-benar Pins sesali. Pertobatan awalnya menunjukkan kerendahan hati dan kesadaran tentang bagaimana kamu telah mempengaruhi orang lain.

Baca juga: 11 Contoh Surat Pribadi untuk Guru & Panduan Membuatnya

Mengakui Dampak Kesalahan yang Dibuat

Akui dampak kesalahan Pins pada penerima. Menerima kenyataan bahwa kamu mempengaruhi orang lain menunjukkan bahwa kamu telah memahami mereka. Hal ini penting karena mereka merasa pendapatnya didengarkan. 

Jelaskan secara singkat mengapa ada kesalahan tersebut bisa terjadi dalam surat kamu. Namun, berhati-hatilah saat Pins membenarkan kesalahan kamu. Jika terlalu berlebihan, dapat merusak kepercayaan antara kamu dan penerima surat.

Menjelaskan Bagaimana Kamu Akan Menebus Kesalahan

Ekspresikan keinginan kamu untuk berkembang. Jelaskan bagaimana Pins akan menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah. Hindari menulis pernyataan seperti “Katakan apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki kesalahan saya”, yang cenderung membuat penerima kewalahan.

Memperlihatkan Bahwa Kamu Telah Belajar dari Kesalahan

Yakinkan mereka bahwa Pins telah belajar dari kesalahan kamu. Tunjukkan bahwa kamu mendengarkan mereka dan bersimpati dengan mereka. 

Semua permintaan maaf harus singkat dan jujur. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengembalikan kepercayaan yang hilang antara Pins dan penerima surat.

Contoh Surat Permohonan Maaf

Menulis permintaan maaf tidaklah sulit. Jika Pins hanya ingin meminta maaf kepada teman, kamu bisa menggunakan bahasa sehari-hari. Namun, jika kamu ingin meminta maaf kepada pihak lain atas nama perusahaan atau lembaga, Pins harus menggunakan tata cara penulisan dan penulisan surat resmi yang baku. 

Bagi Pins yang pernah bekerja dan mengelola departemen surat, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis dan macam serta contoh surat. Jika ini adalah pertama kalinya Pins, kamu dapat menggunakan salah satu contoh surat pernyataan permohonan maaf di bawah ini sebagai bahan referensi.

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Sahabat

Source : lezgetreal.com

Seorang sahabat adalah salah satu hal yang paling membahagiakan, bukan? Namun, menjadi teman yang baik tidaklah mudah. Terkadang kita melakukan berbagai kesalahan, baik sengaja maupun tidak sengaja. Bahkan, hal-hal kecil pun bisa menimbulkan masalah dan pertengkaran. 

Jika masalah ini terjadi, segera minta maaf kepada teman Pins agar pertemanan kamu dapat berlanjut. Nah, kamu bisa menulis surat pernyataan minta maaf menggunakan salah satu contoh permintaan maaf tidak resmi untuk temanmu diatas ya Pins.

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru

Source : berita.99.co

Sebagai siswa, kita sering melakukan berbagai kesalahan yang tanpa disadari menyebabkan guru menghukum atau bahkan menyakiti hati guru. Jika kita menyadari kesalahan yang kita buat dan berniat untuk memperbaiki kesalahan tersebut, kita dapat meminta maaf kepada guru yang bersangkutan. 

Mungkin kita tidak berani meminta maaf langsung kepada guru. Oleh karena itu, gunakan contoh permintaan maaf surat kepada guru di atas dan sesuaikan dengan masalah yang Pins temui.

Permohonan Maaf Kepada Orang Tua

Sebagai anak-anak, kita sering melakukan hal-hal yang menyakiti orang tua kita. Untungnya, kami dapat menyampaikan permintaan maaf langsung kepada orang tua. Namun, banyak orang tinggal jauh dari orang tua mereka. 

Orang-orang ini tidak dapat memeluk orang tuanya dan meminta maaf secara langsung. Mereka hanya bisa secara informal meminta maaf dan menulis surat kepada orang tua mereka ketika mereka melakukan kesalahan.

Jakarta, 30 September 2020

Kepada Kedua Orang Tuaku,

di Palembang

Hallo Pak, Bu!

Apa kabar kalian disana? Aku rindu sekali dengan kalian. Sudah satu tahun aku belum sempat pulang ke kampung untuk menengok keadaan Bapak dan Ibu. 

Oh ya! Dengan adanya surat ini, aku ingin menyampaikan permohonan maafku karena bulan ini aku tidak bisa mengirimkan sejumlah uang untuk biaya pengobatan Bapak. 

Jujur, bisnisku sedang kurang lancar Pak, Bu. Bisnisku mulai menurun sejak adanya pandemi Covid-19 ini. Keuntungan dari bisnisku hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hariku di Jakarta. 

Tapi, kalian tidak perlu mengkhawatirkan aku. Aku akan terus berusaha supaya bisnisku kembali bangkit dan aku dapat membantu biaya pengobatan Bapak. Aku harap Bapak dan Ibu menerima permintaan maafku ini dan mendoakan aku supaya bisnis dan pekerjaanku kembali dilancarkan oleh Allah SWT. 

Sampai sini dulu ya suratku. Jaga kesehatan selalu, Pak, Bu! Terimakasih sudah mengerti keadaanku.

Penuh Cinta,

Anakmu,

Enggal Parikesit Santoso

Baca juga: 16 Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua dan Guru, Lengkap!

Penulisan Surat Permohonan Maaf Kesalahan Pengiriman

Perusahaan dapat secara formal meminta maaf atas berbagai jenis pelanggaran. Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan bisnis adalah kesalahan pengiriman. Melalui kecerobohan atau kurangnya komunikasi, perusahaan dapat mengirimkan barang kepada pelanggan yang tidak sesuai dengan pesanan. 

Agar tidak mengecewakan pelanggan, perusahaan mengirimkan produk yang benar sesuai pesanan dan mohon maaf atas kesalahan yang dilakukan. Jadi surat permohonan maaf resmi ini harus ditulis secara formal karena terkait dengan perusahaan lain.

Jaya Abadi Indonesia

Jl. Sisingamaraja No. 221, Jakarta

Telp. 021-23213431, E-mail: Jayabadi.indonesia@gmail.com

Jakarta, 30 November 2021

Nomor: 432/PM/JAI/2021

Perihal: Permohonan Maaf

Kepada Yth,

Bapak Muhammad Yusuf

Pemilik Toko Barang Properti Rumah

Jl. Perjuangan No. 293

Palembang

Dengan hormat,

Sehubungan dengan kesalahan pengiriman barang pada tanggal 28 November 2021 dengan surat pesanan bernomor 672/SI/BAF/2021, kami mengakui jika kesalahan pengiriman barang tersebut adalah murni kesalahan kami karena salah satu karyawan kami baru bekerja beberapa hari, sehingga masih belum ahli dalam bidang tersebut. Kami juga ingin meminta maaf atas kesalahan yang sudah kami perbuat, yang mungkin membuat Bapak kurang nyaman.

Sebagai bentuk tanggung jawab kami, kami akan melakukan pengiriman kembali barang – barang yang sesuai dengan pesanan Bapak dan akan mengambil barang yang tidak sesuai terlebih dahulu. Pengiriman barang ini juga akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami, sehingga Bapak tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. 

Kami berharap Bapak Muhammad Yusuf dapat memaklumi kesalahan kami dan menerima permohonan maaf ini. Semoga kesalahan yang kami perbuat tidak akan mengganggu kerjasama antar kedua perusahaan ini.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan, atas perhatian dan pengertiannya, kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat Kami,

Direktur PT. Sukses Indonesia

Mario Nicolas. 

Meminta Maaf Kepada Atasan Terkait Kesalahan Pribadi

Pins pasti pernah melakukan kesalahan kepada atasan karena entah tidak mencapai target atau berlaku tidak baik kepada klien. Maka dari itu, berikut penulisan permohonan maaf kepada atasan terkait kesalahan pribadi. 

Kepada Bapak Ahmad, 

Saya minta maaf karena menunjukkan nada bicara yang kasar dengan klien selama panggilan video kemarin. Aku menyadari bahwa sikap saya sungguh tidak profesional, dan telah menempatkan tim dan perusahaan dalam situasi yang sulit.

Atas nama saya secara pribadi menghubungi anggota tim saya yang hadir untuk meminta maaf secara pribadi karena menempatkan mereka dalam situasi yang sulit. Saya berkomitmen untuk menunjukkan sikap yang lebih baik ketika berada dalam tekanan tinggi, dan akan mempelajari strategi penyelesaian konflik yang tepat. Saya dengan tulus meminta maaf atas kesalahan saya, dan akan menerima konsekuensi dari tindakan saya.

Baca juga: Contoh Surat Resmi dan Cara Membuatnya

Penulisan Surat Permohonan Maaf Kepada Suami

Tentunya Pins yang telah memiliki hubungan suami istri pasti pernah melakukan kesalahan. Nah, kali ini akan memberikan cara menulis permohonan maaf kepada suami untuk mendapatkan perhatiannya kembali. Yuk simak penulisan dibawah ini. 

Dear Suamiku, 

Hidup ini begitu rumit, terkadang membuat kita menyakiti orang yang begitu dekat dengan hati kita. Aku tahu selama beberapa hari terakhir, aku begitu sibuk dengan pekerjaan kamu sehingga aku tidak dapat menyisihkan satu momen pun untuk kamu.

Saat aku menulis surat permintaan maaf ini, aku mengenang saat-saat ketika kamu juga memiliki jadwal yang padat tetapi memastikan untuk menciptakan momen yang indah untuk kita berdua. Aku ingin meminta maaf dengan tulus karena tidak menyediakan cukup waktu untuk kamu, dan saya berjanji kepada kamu bahwa betapapun sibuknya, aku akan berusaha sebaik mungkin untuk meluangkan waktu dari hiruk pikuk kehidupan dan bersantai dengan kamu.

Bagaimanapun, kamu adalah duniaku. Aku minta maaf, dan terima kasih telah begitu pengertian dan mendukung selama masa-masa sulit ini.Aku sangat mencintaimu.

Permohonan Maaf Kepada Dosen

Source : suratresmi.net

Tidak berbeda jauh dengan antara guru dan siswa, antara mahasiswa dan dosen juga seringkali kita temukan permasalahan. Namun kebanyakan masalah tersebut dikarenakan kelalaian dari mahasiswa yang bersangkutan.

Dan jika anda sebagai seorang mahasiswa merasa sudah melakukan kesalahan terhadap dosen, anda pun bisa membuat surat permohonan maaf kepada dosen tersebut agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Mencemarkan nama baik orang atau pihak lain tentu bisa dipidana. Namun jika memang bisa diselesaikan secara kekeluargaan, maka pihak bersalah mungkin cukup membuat pernyataan tertulis. Di bawah ini contoh surat permintaan maaf karena pencemaran nama baik yang bisa anda gunakan.

Source : suratresmi.net

Demikianlah kumpulan contoh surat permohonan maaf untuk formal dan non formal, semoga bisa membantu dan menambah wawasan Pins semua!

Featured image: depositphotos.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Sukasejati Garden City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download