BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Buat Orang Tua Agar Diberikan yang Terbaik
0
0

Bacaan Doa Buat Orang Tua Agar Diberikan yang Terbaik

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
doa buat orang tuatop-right-banner

Selain melalui sikap, doa buat orang tua merupakan bentuk kasih sayang dan terima kasih yang bisa dilakukan seorang anak. Seperti yang diketahui, kasih sayang orang tua kepada anaknya tak ternilai. Mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk sang anak hingga dewasa. 

Nah, apa saja bacaan doa buat kedua orang tua? Cek di bawah ini kumpulan doa beserta tata cara berdoa yang dianjurkan dalam Islam, Pins.

Doa Buat Orang Tua

Berikut berbagai doa harian yang dapat kamu panjatkan untuk kedua orang tuamu, baik untuk orang tua yang masih hidup ataupun sudah wafat. Untuk memudahkanmu dalam memahaminya, disertai juga terjemahannya.

Doa Buat Kedua Orang Tua yang Masih Hidup

Source : Pexels

Semakin beranjak dewasa, seorang anak cenderung memiliki waktu yang lebih sedikit dengan kedua orang tuanya. Hal ini bisa dikarenakan sang anak tinggal di kota yang berbeda karena pendidikan, tuntutan pekerjaan, ataupun menikah. 

Di saat seperti ini, rasa sayang dan terima kasih dapat ditunjukkan seorang anak dengan mengirimkan doa buat orang tua. Doanya adalah:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا 

Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shokhiroon 

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Baik ibu maupun bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Baca juga: Berbakti Kepada Orang Tua Dikenal dengan Istilah Apa dalam Islam?

Doa untuk Kesembuhan Orang Tua yang Sedang Sakit

Source : Pexels

Saat orang tua ditimpa kesusahan berupa sakit, Pins bisa memanjatkan doa memohon kesembuhan orang tua agar bisa kembali fit lagi. 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا 

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama. 

Artinya: Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

Baca juga: Doa Orang Sakit Agar Lekas Sembuh

Doa Saat Orangtua Ditimpa Sakit Parah

Source : Pexels

Berbagai upaya sudah dilakukan, tapi kesehatan orang tua tak kunjung membaik? Rasa frustasi dan sedih pasti muncul ketika tertimpa kemalangan ini. Tapi, yang bisa kamu lakukan adalah berserah diri pada Allah SWT, memanjatkan doa untuk keselamatan dan kesehatannya.

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى 

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli. 

Artinya: Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

Baca juga: Bacaan Doa Ketika Ada Orang Meninggal

Doa Memohon Ampunan untuk Orang Tua yang Telah Tiada

Source : Pexels

Tak ada yang dapat melawan takdir. Meski berat, hal yang bisa dilakukan anak untuk orang tuanya yang telah tiada adalah dengan tak henti mendoakan mereka. Inilah doa memohon ampunan kepada Allah SWT untuk kedua orang tua yang telah meninggal.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas.

Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk.

Dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Tata Cara Berdoa yang Baik dalam Islam

Source : Pexels

Bagaimanakah tata cara berdoa dalam agama Islam? Meskipun dalam berdoa dapat dilakukan kapan saja, tapi ada tata cara berdoa yang dianjurkan untuk muslim.

  • Bersuci lebih dulu dengan mengambil wudhu.
  • Menghadap ke arah kiblat.
  • Memulai dengan istighfar dan memuji Allah.
  • Mengangkat kedua tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas.
  • Berdoa dengan suara lembut atau di dalam hati.

Perintah Berbakti pada Orang Tua dalam An-Nisa ayat 36

Salah satu ayat surat dalam Al-Quran yang berisi perintah berbakti pada kedua orang tua, tertuang dalam surat An-Nisa ayat 36.

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Wa’budullāha wa lā tusyrikụ bihī syai`aw wa bil-wālidaini iḥsānaw wa biżil-qurbā wal-yatāmā wal-masākīni wal-jāri żil-qurbā wal-jāril-junubi waṣ-ṣāḥibi bil-jambi wabnis-sabīli wa mā malakat aimānukum, innallāha lā yuḥibbu mang kāna mukhtālan fakhụrā.

Artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.

Semoga doa buat orang tua yang Pins panjatkan, bisa mendatangkan kebaikan untuk kedua orang tuamu dan terkabul, ya. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download