BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Memulai Pekerjaan Agar Fokus
0
0

Bacaan Doa Memulai Pekerjaan Agar Fokus

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bekerja merupakan bagian dari ibadah yang tergolong jihad, di mana kamu berjuang mencari nafkah bagi keluarga. Bukan hanya itu, dalam agama Islam, bekerja merupakan bagian dari ibadah yang bisa memberi kesejahteraan bagi orang-orang tercinta. Itu Karenanya, dianjurkan untuk membaca doa memulai pekerjaan agar fokus. 

Doa agar hati tenang ini tentu membawa berkah tersendiri pada setiap pekerjaan. Apapun hal yang terjadi, rezeki sudah Allah SWT yang mengaturnya, sehingga umatnya harus bekerja keras. Seperti apa doa memulai sebelum memulai pekerjaan? Mari kita simak bersama!

Doa Sebelum Memulai Pekerjaan

doa memulai pekerjaan
Source : Freepik

Doa sebelum memulai pekerjaan sudah semestinya dilafalkan setiap hari supaya mendapatkan berkah, khususnya bagi umat Muslim.  Pekerjaan telah menjadi salah satu aktivitas sehari-hari yang tidak pernah lepas dari kehidupan setiap manusia, khususnya kamu yang telah dewasa. Ketika bekerja, pastinya semua orang berharap keselamatan dan kelancaran serta mendapatkan apa yang diharapkan dengan maksimal.

Bukan hanya berusaha keras, dibutuhkan juga bantuan dari Allah SWT agar tercapai apa yang diharapkan, di mana caranya dengan berdoa dan beribadah. Sama seperti doa membangun rumah agar lancar dan berkah, doa sebelum bekerja adalah salah satu ritual penting supaya pekerjaan yang kamu kerjakan mendapat kemudahan dari Allah SWT. Doanya sebagai berikut:

Allaahummaftah ‘alainaa abwaabal Khairi wa abwaabal barakati wa abwaaban ni’mati wa abwaabal quwwati wa abwaabashihhati wa abwaabas salaamati wa abwaabal jannati. Rabbanaa aatinaa min ladunka rahmatan wa hayyi lanaa min amrinaa rasyadaa. Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa haul awa laa quwwata illa billaah.

Artinya: “Ya Allah, bukalah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, berikan rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah”

Baca juga:

Doa Sebelum Berangkat Kerja

doa memulai pekerjaan
Source : Freepik/Katemangostar

Doa sebelum berangkat kerja dibagi menjadi menjadi dua doa, yakni doa berangkat kerja dan doa ketika ingin memulai bekerja. Jadi dari rumah ketika berangkat juga kamu wajib membaca doa sebelum bekerja ini supaya selalu mendapat berkah pekerjaan setiap harinya. 

Di bawah ini adalah bacaan doa sebelum berangkat kerja yang bisa kamu lafalkan:

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allahumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.” (3x)

Artinya: “Ya Allah, beri padaku rezeki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku semua perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas saat tuaku dan saat lemahku. Ya Allah, cukupkanlah untukku segala rezeki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku melalui karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohon pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohon pada-Mu nikmat kekal yang tidak putus-putus dan tidak hilang.

Baca juga: Bacaan Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri

Doa Saat Mulai Bekerja

Source : Freepik/tirachardz

Doa sebelum melakukan pekerjaan selanjutnya yaitu bacaan doa ketika memulai pekerjaan. Jadi tidak hanya pada setiap pekerjaan kamu wajib berusaha keras supaya mendapatkan hasil yang maksimal, doa adalah salah satu hal yang sangat penting.

Allah SWT pasti lebih tahu mengenai apa yang terbaik bagimu. Dengan membaca saat akan mulai kerja ini kamu dapat perlindungan Allah SWT dari hal buruk yang ada ketika melakukan pekerjaan. 

Di bawah ini merupakan bacaan doa sebelum memulai pekerjaan. Bacaan satu ini pun bisa kamu lafalkan saat pekerjaan mulai berlangsung.

Allahumma innii asaluka min khairi hadzal amali wa khairi maa fiihi, wa’audzubika min syarri haadzal amali wasyarri maa fiihi innaka ‘alaakulli syaiin qadiir

Artinya: “Ya Allah, aku mohon pada-Mu kebaikan pekerjaan ini dan semua kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung pada-Mu dari keburukan pekerjaan ini dan semua keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya”

Bacaan Doa Pulang dari Tempat Kerja

Source : Freepik/Standert

Selain baca doa sebelum bekerja, kamu juga sebaiknya membaca doa ketika ingin pulang dari tempat kerja. Hal ini untuk wujud rasa syukur dan berharap pekerjaan yang sudah dilakukan selalu diberkahi oleh Allah SWT. Begini bacaan doa yang wajib dilafalkan sebelum pulang dari tempat kerja. Doa ini dilafalkan sebanyak 3 kali.

Allahuma innii a’uudzubika an adhilla, au udhalla, au azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya. (3x)

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu supaya tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku bertindak dzalim atau didzalimi atau aku bertindak bodoh atau dibodohi (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Dengan melafalkan berbagai doa ketika sebelum bekerja, saat bekerja hingga pulang dari tempat kerja bisa membuat pekerjaan jadi lebih lancar dan selalu diberkahi Allah SWT. Jadi, tunggu apalagi, bila kamu lupa untuk berdoa sebelum memulai pekerjaan segera lafalkan ya!

Baca juga: Bacaan Doa Mengusir Setan Agar Tidak Diganggu


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik/tirachardz

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download