BlogLifestyleEdukasiDoa-Doa Mengusir Semut Tanpa Membunuhnya
0
0

Doa-Doa Mengusir Semut Tanpa Membunuhnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
doa mengusir semuttop-right-banner

Semut adalah hewan kecil yang terkadang tanpa kita sadari sering kita temui dimana-mana. Walaupun tidak membawa penyakit, namun kehadiran semut di rumah yang berbondong-bondong seringkali cukup mengganggu. Selain melarang membunuh semut, Rasulullah SAW juga mengajarkan cara mengusir semut tanpa membunuhnya, yaitu dengan membacakan doa mengusir semut.

Di dalam Islam, semut disebut-sebutkan sebagai hewan yang spesial sehingga tidak boleh dibunuh. Walaupun bukan termasuk hewan peliharaan, tanpa sadar kita secara reflek seringkali membunuh semut dengan memukul ataupun menginjaknya. Nah, mulai sekarang coba yuk mengikuti cara mengusir semut dengan doa yang Pinhome jabarkan berikut!

Keistimewaan Semut Dalam Islam

Source : Freepik/kuritafsheen77

Semut merupakan salah satu hewan yang namanya tercantum dalam Al-Quran yaitu pada surat An Naml. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa hukum membunuh semut dalam Islam adalah dilarang. Selain itu semut juga disebutkan dalam hadis sebagai salah satu hewan yang dilarang dibunuh. Hal tersebut dikarenakan semut merupakan hewan yang bertasbih dan tunduk kepada Allah SWT.

Larangan membunuh semut disebutkan dalam hadis berikut ini:

نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ الصُّرَدِ ، وَالضِّفْدَعِ ، وَالنَّمْلَةِ ، وَالْهُدْهُدِ

Artinya: “Rasulullah SAW melarang membunuh burung shurad, kodok, semut dan burung hud-hud,” (HR Ibnu Majah)

Riwayat Imam Bukhari juga menyebutkan keistimewaan semut sebagai hewan yang bertasbih:

وأبي سلمة أن أبا هريرة رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول قرصت نملة نبيا من الأنبياء فأمر بقرية النمل فأحرقت فأوحى الله إليه أن قرصتك نملة أحرقت أمة من الأمم تسبح

Artinya: “Dari Abu Salamah, Abu Hurairah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bercerita bahwa suatu ketika seekor semut menggigit seorang nabi. Ia kemudian memerintahkan untuk mendatangi pemukiman semut, lalu pemukiman itu dibakar. Allah menegurnya, ‘Seekor semut menggigitmu, tapi kamu membakar satu umat (sekelompok semut) yang kerjanya bertasbih?’” (HR Bukhari).

Namun, sejumlah ulama menyimpulkan bahwa hanya semut jenis tertentu saja yang dimaksudkan dalam hadis tersebut. Khususnya semut besar dan berukuran panjang yang juga disebut dalam kisah Nabi Sulaiman sebagai semut yang dilarang dibunuh dalam Islam. 

Apabila terdapat semut yang mengganggu dan menyakiti maka, sejumlah ulama sepakat memperbolehkan untuk membunuh semut. Pengecualian ini tentu saja hanya dengan alasan untuk menghilangkan gangguan dari semut. Namun apabila semut tersebut tidak mengganggu, tentu saja semut tersebut tidak diperbolehkan untuk dibunuh.

Baca juga:

Doa Mengusir Semut

doa mengusir semut
Source : Freepik/wirestock

Rasulullah SAW tidak hanya menyebutkan larangan membunuh semut, namun juga memberikan cara mengusir semut dengan doa. Doa-doanya tersaji dalam beberapa poin di bawah ini.

Doa Mengusir Semut Ala Nabi Sulaiman 

“Assalamualaikum rakyat Nabi Sulaiman, ini rumahku karena aku ingin membersihkan tempat yang menjadi rumahmu. Kamu adalah makhluk Allah, buatlah sarangmu di luar rumahku agar kamu selamat.”

Surat Al-Isra Ayat 44

Bacaan doa untuk mengusir semut di dalam Al-Isra ayat 44:

Source : Detik

Artinya: “Langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada di dalamnya senantiasa bertasbih kepada Allah. Tidak ada sesuatu pun, kecuali senantiasa bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.”

An-Naml Ayat 18

Bacaan doa pengusir semut di dalam An Naml Ayat 18:

doa mengusir semut
Source : Detik

Artinya: “Hingga apabila mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, “Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”.   

Selain doa yang disebutkan di atas, kamu juga bisa mengusir semut dengan doa pendek berikut ini:

Hadza li ghulamil qadhi

Artinya: “Dengan izin Allah, semut-semut tidak berani mendekati makanan.”

Baca juga: Bacaan Doa Penglaris Dagangan Seperti yang Diajarkan Nabi Sulaiman

Cara Mengusir Semut Tanpa Membunuh

doa mengusir semut
Source : Freepik

Setelah mengetahui cara mengusir semut dengan doa, ada baiknya kita lengkapi pengetahuan kita dengan cara mengusir semut tanpa harus membunuhnya. Berikut beberapa barang dan bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengusir semut tanpa membunuh.

Menggunakan Karet Gelang

Semut sangat suka makan yang manis-manis. Setelah membuka makanan, segera tutup rapat kembali kemasan makanan dengan ikatan karet gelang. Hal ini untuk mencegah aroma manis tercium keluar dari kemasan.

Menaburkan Tepung

Menggunakan tepung yang ditaburkan pada sarang semut ataupun jalur yang biasa dilewati semut juga membantu mengusir semut tanpa membunuhnya. Hal ini dikarenakan semut akan kesulitan melewati barisan tepung, sehingga semut akan memilih untuk pergi.

Memberi Semprotan Air Lemon

Semprotkan air lemon pada area yang sering didatangi semut. Karena semut tidak menyukai aroma asam dari lemon tersebut.

Meletakkan Beberapa Lembar Daun Sirih

Selain dikenal sebagai bahan dari obat tradisional, daun sirih juga dikenal efektif sebagai bahan yang untuk mengusir semut. Penggunaannya sangat mudah dan tanpa perlu diolah. Cukup dengan meletakkan daun sirih di beberapa spot-spot yang sering didatangi semut, maka semut pun akan menghindari area-area tersebut. 

Oleskan Petroleum Jelly

Bahan petroleum jelly biasanya ditemukan dalam produk perawatan kulit, wajah, maupun kecantikan. Memang tidak ada yang menyangka bahwa bahan petroleum jelly ini bisa menjadi bahan yang dapat mengusir semut. Hal ini dikarenakan dari aroma dan tekstur gel yang lengket membuat semut tidak ingin mendekat. Kamu bisa mengoleskan petroleum jelly pada area-area atau kemasan-kemasan makanan yang sering dihampiri semut.

Demikian cara mengusir semut dengan doa dan tanpa membunuhnya. Setelah membaca artikel ini, diharapkan kamu bisa lebih berhati-hati ketika melihat semut ya, Pins. Semoga bermanfaat.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik/kuritafsheen77

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download