BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Menyembelih Hewan Aqiqah dan Artinya
0
0

Bacaan Doa Menyembelih Hewan Aqiqah dan Artinya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
doa menyembelih hewan aqiqahtop-right-banner

Momen kelahiran anak tentunya menjadi saat yang paling membahagiakan untuk pasangan suami istri. Selain doa menyembelih hewan aqiqah, dalam agama Islam setiap anak yang lahir ke dunia disunnahkan untuk melakukan aqiqah. Umumnya bila anak tersebut laki-laki maka aqiqahnya yaitu dua ekor kambing

Sedangkan untuk anak perempuan maka aqiqahnya satu ekor kambing. Tidak cuma melakukan penyembelihan kambing, namun ada pula doa aqiqah yang dibaca ketika melakukan acara tersebut. Berikut terlampir informasi mengenai doa ketika menyembelih hewan aqiqah, prosesnya hingga selesai.

Baca juga: Apa Itu Hewan Mamalia?

Doa Ketika Menyembelih Hewan Aqiqah

Hewan aqiqah adalah sebutan bagi hewan yang disembelih di hari ketujuh setelah kelahiran bayi. Hukum aqiqah yaitu sunnah muakkadah, hukum ini dijelaskan pada sebuah hadis berikut ini:

عَنْ سَمُرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ‌الغُلَامُ ‌مُرْتَهَنٌ ‌بِعَقِيقَتِهِ ‌يُذْبَحُ ‌عَنْهُ ‌يَوْمَ ‌السَّابِعِ، ‌وَيُسَمَّى، ‌وَيُحْلَقُ ‌رَأْسُهُ

Artinya: “Dari Samurah, ia berkata, Nabi bersabda: Seorang bayi itu digadaikan dengan (jaminan) aqiqahnya; aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh (dari hari kelahiran), (pada hari itu pula) si bayi diberi nama dan dipotong rambutnya (HR Sunan al-Tirmidzi 4/101, kitab Al-Adlaha bab Al-aqiqah).

Dalam rangkaian acara aqiqah, pastinya tidak lepas dari proses menyembelih hewan, yaitu kambing. Berikut di bawah ini adalah doa menyembelih hewan aqiqah yang dapat kamu baca:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ …

Bismillâhi walLâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(nama bayi).

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (nama bayi).”

Doa Aqiqah Ketika Mencukur Rambut Bayi

doa menyembelih hewan aqiqah
Source : Unsplash/Michal Bar Haim

Pada rangkaian acara aqiqah, umumnya sang bayi digendong untuk keliling di tengah keluarga dan saudara. Ketika itulah rambut bayi dicukur sedikit sambil mengucapkan doa. Di bawah ini merupakan bacaan doa aqiqah ketika mencukur bayi yang bisa kamu bacakan:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillâhirrahmânirrahîm. Alhamdulillâhirabbil ‘âlamîn. Allâhumma nûrus samâwâti wa nûrusy syamsi wal qamari, Allâhumma sirruLlâhi nûrun nubuwwati RasuluLlâhi ShallaLlâhu ‘alaihi wasallam walhamduliLlâhi Rabbil ‘âlamin.

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasulullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Baca juga:

Pelaksanaan Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Beberapa hadis yang telah disepakati para ulama bahwa waktu yang baik melakukan aqiqah adalah hari ke-7 dari bayi dilahirkan. Namun bila tidak sempat melakukannya, maka aqiqah dapat dilakukan di hari ke-14 atau ke-21. Apabila memang uangnya belum cukup atau dalam keadaan tidak mungkin untuk melaksanakan aqiqah, maka kewajibannya gugur.

Selanjutnya hal yang harus diperhatikan ketika aqiqah adalah memilih hewan. Pastikan hewan yaitu kambing adalah yang sehat dan usianya tidak boleh kurang dari setengah tahun. Bila hewan aqiqah telah disembelih, maka selanjutnya daging kambing itu dibagikan pada tetangga dan kerabat. Namun perlu diperhatikan, daging yang dibagikan wajib dalam keadaan sudah matang. Bukan dalam keadaan mentah seperti ketika hari raya Idul Qurban.

Tata Cara Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Tata cara aqiqah selanjutnya yakni memberikan nama ke bayi dan mencukur rambut. Nama yang diberikan sebaiknya adalah nama yang mempunyai arti baik. Sebab dari nama itulah yang bisa menunjukkan akhlak anak kepada Allah SWT dan lingkungannya.

Mencukur rambut bayi ketika aqiqah merupakan anjuran dari Nabi Muhammad SAW yang baru lahir pada hari ke-7. Namun tak ada hadis yang menyebutkan tentang cara mencukur rambut ini. Tentunya proses pencukuran dikerjakan dengan merata. Tidak lupa dalam cara aqiqah yang benar adalah baca doa seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Doa yang dibaca yaitu doa ketika menyembelih hewan dan doa bagi anak yang sedang diaqiqah.

Seperti yang sudah disebutkan, ketentuan aqiqah dari waktu pelaksanaan sebenarnya dapat dilakukan dari anak lahir hingga sebelum baligh. Namun ada beberapa ulama yang memiliki keyakinan bahwa sebaiknya aqiqah dilakukan setelah 7 hari kelahiran bayi. Tetapi, bila waktunya tidak memungkinkan, maka amalan ini dapat ditunda ke hari 14 atau 21.

Sedangkan, untuk orang tua yang belum mempunyai dana yang cukup, ada ulama yang mengatakan aqiqah dapat dilakukan hingga ada kesanggupan untuk melakukannya sebelum sang buah hati akil baligh. Bahkan, ada juga ulama yang memiliki anggapan bahwa anak boleh melakukan aqiqah bagi dirinya sendiri ketika dewasa kelak, kondisi ini bisa dilakukan jika orang tua tidak mempunyai kesanggupan pada saat ia masih kecil.

Prinsipnya bagi kamu yang memiliki rencana melakukan aqiqah sebagai rasa syukur atas kelahiran anak, tidak harus khawatir bila belum ada uang yang cukup memadai untuk membeli kambing atau domba, dan keperluan lain untuk menunaikan acara aqiqah. Semoga bermanfaat ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Unsplash/Bailey Mahon

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download