BlogLifestyleEdukasiIni Dia Keunikan Rumah Adat Baileo Asal Maluku
0
0

Ini Dia Keunikan Rumah Adat Baileo Asal Maluku

Dipublikasikan oleh Bekti  dan Diperbarui oleh Komarudin Subekti

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Keunikan Rumah Adat Baileotop-right-banner

Indonesia yang kaya adat dan budaya menyimpan berbagai macam keunikan dan kekhasannya sendiri, salah satunya adalah rumah adat. Masing-masing provinsi memiliki rumah adat daerahnya sendiri, seperti Provinsi Maluku dengan keunikan rumah adat Baileo. Meskipun ada beberapa rumah adat lainnya, tetapi Baileo dianggap sebagai perwakilan rumah adat Maluku secara umum.

Pinhome – Keunikan rumah adat Baileo dari Maluku ada pada beberapa hal. Dari sisi arsitektur, Baileo juga terlihat megah, sama seperti beberapa rumah adat dari provinsi lain di Indonesia. Keunikan Baileo tidak hanya sebatas dari arsitekturnya saja, tetapi juga dari hal-hal lainnya, seperti filosofi dan makna yang tercermin di dalamnya. Apa saja keunikan rumah adat Baileo lainnya? Berikut akan kami jelaskan secara detail.

Milik Suku Huaulu

Source : National Geographic Indonesia

Rumah adat Baileo sejatinya milik suku Huaulu yang merupakan penduduk Pulau Seram. Rumah adat ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi masyarakat suku tersebut. Dahulu kala, Baileo dijadikan sebagai tempat untuk rumah raja atau kepala desa serta digunakan sebagai rumah ibadah. Dalam membangun rumah adat ini, ada serangkaian ritual yang perlu dilakukan. Dulu, Baileo dibangun di atas pondasi yang di dalamnya terdapat tengkorak manusia. Tengkorak ini berasal dari musuh-musuh suku Huaulu. Namun, di zaman modern saat ini ritual yang menggunakan tengkorak manusia tersebut sudah ditiadakan.

Baca Juga :

Keunikan Rumah Adat Honai Asal Papua

Ciri Khas dari Provinsi Maluku

Source : Polarumah

Rumah Baileo adalah salah satu rumah adat asal Maluku. Namun, karena Baileo lebih banyak digunakan dan lebih terkenal, maka rumah adat ini menjadi ciri khas rumah adat dari Provinsi Maluku. Keunikan rumah adat Baileo yang paling mencolok adalah pada arsitekturnya yang terbuka dan mengusung konsep rumah panggung persegi dengan tinggi mencapai kurang lebih 2 meter.

Baileo sejatinya tidak difungsikan sebagai rumah tinggal, penggunaanya lebih diperuntukan sebagai balai pertemuan atau kegiatan masyarakat. Selain itu, Baileo juga digunakan sebagai tempat penyimpanan benda-benda peninggalan bersejarah, seperti pusaka atau benda keramat lainnya.

Struktur Bangunan yang Kokoh

Source : Bobo Grid

Keunikan rumah Baileo selanjutnya adalah struktur bangunannya yang cukup kokoh. Bahan utama dari Baileo sendiri menggunakan kayu sebagai struktur utama. Dinding dan atapnya memakai gaba-gaba atau tangkai rumbia. Dindingnya sendiri terbuka yang dimaksudkan agar memudahkan roh para leluhur masuk dan keluar rumah. Pondasinya sendiri cukup unik karena terbuat dari tiang-tiang kayu yang berasal dari pohon kelapa dengan ukuran pendek. Tiang-tiang ini langsung ditanam ke dalam tanah.

Lantai Menggunakan Papan

Source : Fredomsiana

Tidak hanya dari struktur, rumah adat Baileo dianggap unik karena lantainya yang menggunakan papan. Papan-papan untuk lantai tersebut kemudian disusun pada kerangka. Uniknya, penyusunan tidak menggunakan paku atau perekat lain, tetapi pemasangan papan murni menggunakan teknik kunci. Walaupun hanya menggunakan teknik sederhana, tetapi lantai papan rumah Baileo kuat, rapi, kokoh, dan tidak ada suara derit sama sekali.

Ornamen Penuh Nilai

Source : Notepam

Keunikan rumah Baileo yang paling mencolok selanjutnya adalah adanya ukiran di sekeliling rumah. Ukiran ini biasanya berbentuk ayam dan anjing yang berpasangan, matahari, bulan, bintang yang berwarna-warni.

Makna dari ukiran ayam dan anjing yang biasa diperlihatkan dengan ilustrasi dua ekor ayam yang berhadap-hadapan dengan diapit oleh dua ekor anjing yang berada di samping kiri dan kanan. Ukiran tersebut bermakna sebagai kedamaian dan kemakmuran. Ornamen tersebut juga dimaksudkan agar roh para leluhur atau nenek moyang senantiasa menjaga kehidupan para masyarakat di Maluku.

Selanjutnya adalah ukiran bulan, bintang, dan matahari. Ornamen ini biasanya ditemukan di atap rumah dengan warna, seperti merah, kuning, dan hitam. Ukiran ini memiliki makna kesiapan rumah Baileo sebagai balai yang dapat menjaga keutuhan perilaku dan aturan kompleks yang berlaku di permukiman sekitar.

Tiang Penyangga Berjumlah 9

Source : Yahoo

Seperti yang telah disinggung di atas, rumah Baileo menggunakan tiang-tiang penyangga. Jumlah tiangnya sendiri ada 9 buah dan masing-masing memiliki nilai filosofinya sendiri. Tiang-tiang pertama berjumlah 5 buah berada di sisi kanan rumah, ini melambangkan perkumpulan antar desa. Istilah dalam bahasa lokalnya Siwak Lima. Sementara 4 tiang sisanya didirikan di sisi rumah lainnya.

Terdapat Batu Pamali

Source : Selasar

Apa keunikan rumah adat Baileo lainnya? Jawabannya adalah adanya batu pamali yang berada di depan pintu rumah. Batu pamali ini berupa batu-batu kerikil yang sengaja diletakkan di depan rumah sebagai tempat sesaji untuk para roh leluhur yang singgah di rumah Baileo.

Batu pamali juga menandakan jika rumah tersebut adalah rumah adat yang wajib dijaga dan dihormati keberadaannya. Jadi, bila kebetulan berkunjung ke Maluku dan menemukan rumah dengan ciri-ciri seperti di atas, bisa dipastikan rumah tersebut merupakan rumah adat Baileo. Sebagai pendatang, kamu juga wajib untuk menghormati dan menjaga keberadaannya ya, Pins.

Ramah Lingkungan

Source : Kemdikbud

Karena menggunakan bahan dan material yang tersedia langsung di alam, rumah Baileo menjadi salah satu rumah yang ramah lingkungan. Bahan yang digunakan cukup kayu, bambu, dan rumbia yang kesemuanya dapat diperoleh secara langsung di alam Maluku yang asri. Rumah adat Baileo juga dibangun tanpa menggunakan paku, teknik yang digunakan masih tradisional. Namun, rumah tetap berdiri dengan kokoh tanpa masalah.

Bagaimana, Pins? Keunikan rumah adat Baileo ternyata cukup banyak dan penuh makna ya? Apakah kamu tertarik untuk melihatnya secara langsung di Maluku sana?

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download