BlogLifestyleEdukasi5 Jenis Pohon Bidara yang Jarang Orang Ketahui
0
0

5 Jenis Pohon Bidara yang Jarang Orang Ketahui

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 21, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Manfaat pohon bidara bagi kesehatan ada banyak sekali. Tak heran masyarakat sering menanamnya di halaman rumah. Apalagi jenis pohon bidara yang beragam dan memiliki khasiat baik bagi tubuh.

Pins juga bisa menanamnya di perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa. Gunakan Kalkulator KPR untuk menghitung dana KPR yang dibutuhkan untuk mendapatkan hunian tersebut.

Jenis Pohon Bidara

Jenis-jenis pohon bidara ternyata ada 5 kategori yang bisa dibedakan dari karakter daun maupun bunganya. Untuk mengetahui lebih dalam terkait jenis masing-masing bidara yang dimaksud tinggal cek ulasan di bawah ini!

1. Bidara Upas

jenis pohon bidara upas
Source : Viva

Bidara upas tidak mempunyai duri pada bagian batangnya. Asal tanaman ini dari Asia Tenggara tepatnya Filipina. Daunnya berbentuk hati dengan warna hijau tua. Perbedaan bidara upas dengan lainnya adalah karena memiliki umbi sehingga termasuk jenis umbi-umbian.

Warna umbinya kecoklatan seperti umbi rambat dengan warna bunga putih. Selain itu bagian batangnya menjalar dan tingginya bisa mencapai kurang lebih 5 meter. Daunnya bermanfaat sebagai obat herbal yakni syphilis hingga penyakit diabetes.

Bunganya tergolong majemuk dengan jumlah 1-4 kuntum berbentuk seperti payung. Putiknya sudah dibuahi dan berkembang menjadi buah maka kelopak bunganya akan tetap melekat. Bijinya mempunyai bulu kecoklatan yang ada dipinggirnya dengan warna biji kelabu.

Baca juga: 13 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan Tubuh

2. Bidara Laut

jenis pohon bidara laut
Source : Kompas

Nama latinnya adalah ziziphus muritina dengan habitat di pinggir laut. Khasiat tanaman ini adalah meredakan mabuk laut sehingga sering digunakan oleh warga pesisir pantai. Buahnya berwarna hijau dengan bentuk bulat dan sangat mengkilap.

Rasa buahnya agak manis dan cenderung masam mirip sekali dengan apel hijau. Hanya saja ukuran buah bidara laut lebih kecil daripada buah apel. Aroma buahnya harum dengan diameter 4 cm. Bentuk pohon sedikit bengkok dan cabang menyebar serta dilengkapi rambut-rambut pendek. 

Bentuk daunnya bulat lonjong tanpa ada gerigi di pinggirannya. Untuk permukaan daun mengkilap pada bagian atas dengan panjang daun sekitar 29 cm dan lebar 2 cm. 

3. Bidara Arab

jenis pohon bidara arab
Source : Tribunnews

Jenis pohon bidara ini dipercaya mampu mengusir jin atau setan. Hal ini karena tanamannya sering digunakan dalam proses ruqyah, menangkal ilmu hitam dan pemberkatan rumah. Pohonnya tanpa duri dan sering dijadikan simbol pembatasan akhir.

Nama latinnya ziziphus spina-cristi atau disebut juga dengan bidara sidr yang memang berasal dari Arab. tanaman ini diperkirakan bisa hidup di ketinggian 500 mdpl. Buahnya sering digunakan sebagai minuman dengan mencampurnya bersama madu.

Bila daunnya dihancurkan lalu digosok-gosokan akan mengeluarkan busa. Sifatnya sama dengan sabun sehingga sering difungsikan sebagai bahan produk kecantikan.

4. Bidara Cina

jenis pohon bidara cina
Source : Merdela

Nama  latinnya adalah Zizizphus jujuba yang tergolong tanaman rindang. Pohon ini memiliki buah dan bunga. Buahnya berwarna hijau dan saat matang akan berubah warna kecoklatan sedikit hitam dan keriput. Buahnya sering dilah menjadi minuman dan ditambahkan madu sebagai peningkat rasa manis. 

Bagian biji buahnya keras mirip biji zaitun dan berbentuk lonjong. Tinggi tanamannya dapat mencapai 5-10 meter dengan kayu yang rantingnya berduri. Kulit batang bertekstur halus, mengkilap dan berwarna coklat. Saat berbunga, bidara Cina menghasilkan bunga berwarna kuning cerah. 

5. Bidara Apel India

Source : Tribunnews

Terakhir, ada jenis pohon bidara apel India. Seperti namanya, bentuk buahnya mirip sekali dengan buah apel asal India sehingga disebut bidara apel India. Buahnya memiliki warna hijau hingga kemerahan.

Bentunya memang sulit dibedakan dengan apel biasa jika tidak melihat dengan seksama ukuran buahnya. Buah bidara apel India ini lebih kecil dari apel biasa. Harganya terjangkau yakni untuk ukuran kecil ditawarkan mulai dari Rp29.000.

Jika sudah agak tinggi seperti berukuran 40 cm ditawarkan mulai dari Rp40.000 per tunasnya. Rasa buahnya manis dengan tekstur yang sedikit kenyal. Buahnya sering pula digunakan sebagai tanaman obat.

Baca juga: 15 Jenis Makanan Karbohidrat Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Manfaat Daun Bidara

Source : Pixabay

Daun bidara ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Beberapa khasiatnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Daunnya mampu meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi air rebusannya
  • Bila kulit lecet, terbakar atau terluka bisa diredakan rasa sakitnya dengan menempelkan daun bidara
  • Daun bidara arab bisa dijadikan masker untuk mengobati jerawat  yang muncul. Diamkan masker daun bidara selama 20-30 menit lalu bersihkan dengan air bersih
  • Air rebusan daun bidara yang digunakan untuk mandi efektif mengobati keputihan
  • Daun bidara juga bisa mengatasi kulit kering karena regenerasi selnya yang cepat. Caranya tinggal tumbuh daunnya hingga halus lalu oleskan ke seluruh wajah sampai merata. Diamkan selama 15-30 menit baru dibersihkan memakai aliran air bersih

Selain bagian buahnya ternyata daun bidara juga kaya manfaat. Pins bisa menggukannya sebagai minuman, masker ataupun mengobati luka. Untuk menanam pohonnya tentu membutuhkan pekarangan yang ruas karena tingginya bisa mencapai beberapa meter.

Pohon bidara terbagi atas 5 jenis yakni arab, cina, bidara apel india, upas dan bidara laut. Selain bisa tumbuh di pekarangan juga dapat dibudidayakan di pesisir pantai seperti bidara laut.

Jenis pohon bidara bisa dibedakan dari bentuk daun, buah hingga batangnya. Setiap jenisnya memiliki karasteritik unik dan sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Baca juga: 16 Jenis Tanaman Langka di Indonesia yang Kamu Wajib Tahu

Feature Image Source: Wikimedia Commons


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download