BlogLifestyleHobi19 Kaligrafi Aksara Jawa Unik dan Kreatif
0
0

19 Kaligrafi Aksara Jawa Unik dan Kreatif

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 11, 2023

11 menit membaca

Copied to clipboard
kaligrafi aksara jawatop-right-banner

Kaligrafi adalah tulisan yang dijadikan gambar dengan bentuk-bentuk yang menyerupai objek-objek tertentu. Tujuan dari kaligrafi itu sendiri, tidak lain dan tidak bukan sebagai hiburan atau seni. Umumnya, kaligrafi dibuat dalam bentuk Bahasa Arab namun saat ini ternyata banyak lho kaligrafi aksara Jawa yang bisa kamu temukan. Bentuk karya seni kaligrafi juga bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tidak hanya Rumah Ekslusif dari Pinhome saja seperti Tamaruma sebagai Perumahan di Kota Depok yang bernilai tinggi, kaligrafi pun juga sama.

Kaligrafi juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghiasi rumah dengan tampilan yang indah. Pins ingin membuat kaligrafi menggunakan aksara Jawa? Berikut beberapa contoh terbaiknya!

Kaligrafi Berbentuk Harimau

Kaligrafi Aksara Jawa macan
Source : Freepik

Kaligrafi sebagai nilai seni yang satu ini dibentuk dengan menyerupai kepala harimau yang ternyata memiliki arti dalam bahasa Jawa. yaitu: Kekudhung wewulang macan, ngapusi nganggo jeneng wong kang diwedeni (Artinya: Tabir ajaran macan, terletak pada nama orang yang ditakuti).

Kaligrafi Berbentuk Anjing

Kaligrafi Aksara Jawa 1
Source : RCTI Plus

Kaligrafi tulisan sebagai kerajinan tangan yang berikutnya berbentuk seekor Anjing. Ternyata, kaligrafi yang satu ini memiliki makna mendalam yaitu: Asu belang kalung wang (Artinya: Uang kalung anjing bergaris).

Kaligrafi Berbentuk Kuda

Belo melu seton
Source : iStockphoto

Kaligrafi yang berikutnya yaitu bergambar seekor kuda. Adapun artian dalam bahasa Jawanya adalah: Belo melu seton (Artinya: Belo bergabung dengan seton)

Kaligrafi Berbentuk Rusa

Nututi kidang lumayu
Source : iStockphoto

Kaligrafi berikutnya adalah bergambar rusa. Untuk artian dalam bahasa Jawanya adalah: Nututi kidang lumayu (Artinya: Ikuti rusa yang berlari).

Baca juga: Macam Kerajinan dari Sedotan yang Unik

Kaligrafi Berbentuk Flamingo

Dhandhang diunekake Kuntul
Source : RCTI Plus

Kaligrafi aksara Jawa yang selanjutnya adalah berbentuk burung flamingo. Untuk artian dalam bahasa Jawa dan Indonesianya adalah: Dhandhang diunekake Kuntul, Kuntul diunekake dhandhang (Artinya: Bangau terhempas, Bangau terhempas).

Kaligrafi Berbentuk Ayam

Jago kate wanine ing omahe
Source : Freepik

Kaligrafi berikutnya adalah berbentuk ayam yang ternyata juga memiliki makna mendalam. Dalam artian bahasa Jawanya adalah: Jago kate wanine ing omahe (Artinya: Jago kate keberaniannya di rumahnya).

Kaligrafi Berbentuk Pamflet

Rukun gawe sentosa, Crah gawe bubarah
Source : Kompasiana

Kaligrafi aksara Jawa tidak selalu harus berebentuk hewan. kamu juga bisa menemukannya dalam bentuk tulisan abstrak dan artian dalam bahasa Jawanya adalah: Rukun gawe sentosa, Crah gawe bubarah (Artinya: Damai membuat damai, Crah membuat perpisahan).

Kaligrafi Berbentuk Kupu-Kupu

Jer basuki mawa beya
Source : Freepik

Dilihat dari bentuknya, kaligrafi yang satu ini tentu sangat lucu bukan? Dalam bahasa Jawa, kaligrafi ini memiliki artian: Jer basuki mawa beya (Artinya: Jer basuki membawa ongkos).

Kaligrafi Berbentuk Wayang

golek banyu apikulan warih
Source : iStockphoto

Kaligrafi aksara Jawa yang berikutnya adalah berbentuk wayang. Pins bisa menemukan artian dalam bahasa Jawanya sebagai: golek banyu apikulan warih, golèk geni adedamar (Artinya: cari air apikulan warih, cari api adedamar).

Baca juga: 12 Contoh Kerajinan Dari Kerang yang Unik dan Kreatif

Kaligrafi Berbentuk Tulisan

Geger Genjik, Udan Kirik.
Source : Semutaspal.com

Kaligrafi yang berikutnya berbentuk tulisan huruf M, yang sebenarnya memiliki arti tersendiri dalam bahasa Jawa. Berikut artinya: Geger Genjik, Udan Kirik (Artinya: Geger Genjik, Udan Kirik)

Kaligrafi Berbentuk Tulisan Bunga

Ana dina ana upa, ana awan ana pangan
Source : Jogjapost.com

Kaligrafi aksara Jawa ini memiliki bentuk seperti bunga namun dalam bentuk tulisan. Artian dalam bahasa Jawanya adalah: Ana dina ana upa, ana awan ana pangan (Artinya: Beberapa hari ada upa, beberapa hari ada makanan).

Kaligrafi Berbentuk Kompas

Kaligrafi Aksara Jawa cakra 1
Source : iStockphoto

Sebenarnya, Kaligrafi ini tidak memiliki artian dalam bahasa Jawa yang begitu mendalam melainkan hanya berbentuk “cakra”. Untuk cakra itu sendiri berarti bagian isi energi dari tubuh manusia.

Kaligrafi Berbentuk Wayang Golek

Gemi nastiti ngati-ati
Source : iStockphoto

Kaligrafi berikutnya yaitu berbentuk wayang Golek, merupakan salah satu kesenian dari adat Jawa. Untuk arti dalam bahasa Jawanya adalah: Gemi nastiti ngati-ati (Artinya: Gemi nastiti hati-hati).

Kaligrafi Berbentuk Srikandi

Dadiya wanita utama, dadiya satriyaning bangsa
Source : Jogjapost

Kaligrafi selanjutnya adalah berbentuk wayang srikandi. Adapun artian dalam bahasa Jawanya adalah: Dadiya wanita utama, dadiya satriyaning bangsa (Artinya: Jadilah wanita utama, jadilah ksatria bangsa).

Kaligrafi Berbentuk Semar

Sareh pakoleh,sapa temen tinemu
Source : Jogjapost

Kaligrafi berbentuk semar ini memiliki artian yang juga cukup mendalam dalam dunia perwayangan. Adapun artian bahasa jawanya adalah: Sareh pakoleh,sapa temen tinemu (Artinya: Lagipula, siapa temanmu?).

Kaligrafi Berbentuk Bunglon

Kaligrafi Aksara Jawa Satemene becik katitik ala ketara
Source : Freepik

Kaligrafi berbentuk hewan bunglon ini ternyata memiliki arti bahasa Jawa yang cukup mendalam. Berikut dalam arti bahasa Jawanya: Satemene becik katitik ala ketara, sapa nandur bakale ngundhuh (Artinya: Memang benar yang baik dan yang buruk sudah jelas, yang menanam akan menuai).

Kaligrafi Berbentuk Tulisan Jawa

Urip ira neng donya ora suwe
Source : Pinterest

Kaligrafi aksara Jawa yang selanjutnya dibuat dalam tulisan Jawa. Untuk artian dalam bahasa Jawanya adalah: Urip ira neng donya ora suwe (Artinya: Hidup Ira di dunia tidaklah lama).

Kaligrafi Berbentuk Islami

Kaligrafi Aksara Jawa arab islami
Source : Pinterest

Kaligrafi Aksara Jawa berbentuk Islami mungkin lebih sering Pins temukan. Bahkan, kamu sendiri tidak perlu mencari artian dalam bahasa Jawa karena sudah memiliki artian dalam bahasa Arab.

Kaligrafi Berbentuk Aksara Jawa Kuno

Kaligrafi Aksara Jawa sugeng rawoh
Source : Pinterest

Selain membuat aksara Jawa dalam bentuk modern, Pins ternyata juga bisa lho membuat aksara jawa dengan tulisan kuno seperti diatas. Tentu kamu bisa mewarnainya dengan berbagai warna menarik.

Itulah beberapa contoh kaligrafi aksara jawa beserta artinya yang bisa Pins jadikan sebagai referensi terbaik. Sekarang kamu sudah bisa menemukan contoh yang terbaik kan? Selamat mencoba!

Baca juga: 6 Teknik-Teknik dalam Pembuatan Kerajinan dari Bahan Keramik

Featured image source: Semut Aspal


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download