BlogLifestyleHobi12 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik, Awet dan Tahan Lama
0
0

12 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik, Awet dan Tahan Lama

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 9, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
aki motor terbaiktop-right-banner

Aki tidak hanya sekedar komponen, melainkan jantung yang memberi kehidupan pada setiap perjalanan. Aki motor terbaik akan membuat performa kendaraan menjadi optimal sehingga petualangan kamu menjadi lancar tanpa hambatan.

Sama seperti memiliki Rumah Ekslusif terutama di usia muda. Rumah yang nyaman membuat kamu lebih tenang ketika bekerja. Jika kamu memiliki keluarga, kamu tidak akan terganggu saat bekerja karena mereka tinggal di tempat yang nyaman. Apalagi jika rumah kamu mirip perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Tidak perlu berlama-lama, berikut ini Pinhome sajikan rekomendasi merk aki motor terbaik yang bisa Pins jadikan pilihan kendaraanmu.

Baca juga: Daftar Ukuran Aki Mobil

Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Ada banyak sekali aki motor yang dijual di pasaran, tentunya setiap jenis atau merk aki mempunyai konsumennya sendiri. Di sini kamu bisa memilih aki yang terbaik untuk motor kamu, berikut daftar aki yang bisa menjadi pilihan:

1. GS Astra (Rp125.000)

aki motor terbaik
Source : Tokopedia

Aki ini paling sering digunakan oleh orang-orang yang menggunakan motor, karena sangat murah dan cocok untuk berbagai jenis motor baik motor bebek ataupun motor matic. Aki GS Astra memiliki banyak keunggulan saat digunakan, salah satunya mampu memberikan pasokan listrik yang lebih stabil. GS Astra Ini sangat bagus untuk komponen motor seperti klakson, lampu, mesin, dan lainnya yang membutuhkan pasokan listrik ini.

Namun, banyak orang yang mengeluh bahwa aki ini lebih pendek daripada aki original. Aki GS Astra biasanya hanya bertahan 1 hingga 2 tahun, jadi tidak cocok bagi mereka yang suka aki yang tahan lama.

2. Federal (Rp120.000)

aki motor terbaik
Source : Tokopedia

Selain itu, ada aki dari merek sparepart motor terkenal Federal, yang menawarkan berbagai produk aki untuk berbagai jenis motor. Aki Federal disukai karena penggunaannya yang sepsifik.

Aki ini memiliki spesifikasi yang sama dengan aki original dalam hal kapasitas, kuat arus, dan ketahanan. Bahkan, aki ini telah disertifikasi untuk penggunaan yang lebih baik. Di sisi lain, aki ini memiliki beberapa kekurangan, seperti arus listrik yang tidak stabil dan usia yang tidak lama, tetapi secara keseluruhan, ini tetap menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

3. Aspira (Rp140.000)

aki motor aspira
Tokopedia)

Tidak jauh beda dengan aki sebelumnya, aki Aspira sangat terkenal sebagai salah satu aki terbaik untuk motor saat ini. Dimana Aspira telah menyematkan standarisasi tinggi untuk sparepart yang dibuatnya seperti aki tersebut.

Aki motor Aspira dibuat sesuai dengan spesifikasi pabrikan sehingga memberikan pengalaman yang hampir sama dengan aki motor asli, yang membuatnya sangat populer. Aki Aspira juga lebih tahan lama dan tahan terhadap cuaca ekstrim di Indonesia. Dengan semua fitur ini, harganya hanya sekitar 170 ribu rupiah.

4. Yuasa (Rp175.000)

aki motor terbaik
Source : Tokopedia

Aki Yuasa bisa dibilang sebagai salah satu aki yang paling berkualitas, tak heran hal tersebut membuatnya sebagai aki best seller di Indonesia. Aki Yuasa memiliki beberapa spesifikasi yang tidak dimiliki oleh aki jenis lainnya.

Kelebihan aki Yuasa terletak pada penggunaan yang lebih mudah dan fleksibel, dimana ia cocok untuk digunakan di berbagai jenis motor Vario ataupun brand motor lainnya. Dijamin motor kamu dapat lebih optimal bila menggunakan aki yang satu ini.

Selain itu, aki Yuasa juga tahan di berbagai kondisi, baik panas ataupun cuaca dingin sekalipun tidak akan berpengaruh terhadap kinerjanya. Sehingga motor kamu tetap akan memiliki aliran listrik yang baik di setiap saat.

5. Motobatt (Rp145.000)

aki motobatt
Source : Shopee

Merk aki lain yang mungkin jarang kamu dengar namun memiliki kualitas bagus, Motobatt hadir dengan spesifikasi yang lebih gahar. Aki ini sendiri cocok untuk kebutuhan motor yang butuh arus listrik berat, seperti motor matic, trail, ataupun motor sport.

Hal tersebut disebabkan oleh tenaga listrik aki Motobatt yang lebih besar, sehingga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Apalagi arus listriknya yang stabil akan menjaga motor tetap dalam keadaan optimal setiap saat.

Namun, hal tersebut juga berdampak pada masa penggunaannya yang lebih singkat, dimana rata-rata penggunaan aki ini hanya bisa bertahan satu tahunan saja. Akan tetapi, bagi kamu yang memang harus menggunakan aki dengan arus kuat, maka aki Motobatt bisa menjadi pilihan terbaik.

6. Bosch (Rp182.000)

aki motor terbaik
Source : Blibli

Menggunakan teknologi terbaru berupa gel sebagai konduksi, membuat aki Bosch diklaim mempunyai pengalaman penggunaan yang lebih prima. Aki ini sangat cocok untuk kamu gunakan sebagai aki motor matic.

Aki Bosch memiliki kemampuan menyalurkan listrik dengan sangat cepat, bahkan saat kondisi mesin saat dalam keadaan dingin. Hal inilah yang biasa dialami pengguna matic yang harus melakukan start saat mesin sedang dingin.

Bila aki lain akan lebih cepat habis saat digunakan melakukan start saat mesin dingin, namun beda halnya dengan aki Bosch. Dimana ia tetap mampu bertahan dalam jangka waktu lama, karena mempunyai kapasitas yang cukup besar.

Baca juga: Ini Dia 10 Motor 4 Silinder Paling Dicari!

7. Daytona (Rp120.000)

aki daytona
Source : Blibli

Aki Daytona menjadi salah satu aki motor terbaik yang bisa kamu pilih juga, mengingat aki ini dapat disejajarkan dengan aki terkenal seperti Yuasa. Aki ini juga telah menggunakan full gel yang memungkinkan ia bisa tahan di berbagai kondisi dan tentunya sangatlah awet.

Berbeda dengan jenis aki lainnya yang hanya sekali pakai saja, aki Daytona dibuat agar bisa di charge saat daya listrik di dalamnya sudah habis. Kemampuannya ini sangatlah dibutuhkan bagi kamu yang mempunyai motor dengan kebutuhan listrik besar.

Dengan bisa melakukan charge, maka kamu tidak perlu terlalu sering mengganti aki yang pastinya akan sangat memakan banyak biaya. Apalagi untuk mendapatkan aki ini kamu hanya harus merogoh kocek sekitar 270 ribuan saja.

8. NS Battery (Rp160.000)

ns battery
Source : Blibli

Bagi Pins yang sering melakukan perjalanan jauh dengan motor, maka kamu bisa memilih aki dari NS Battery. Aki ini sendiri dibuat agar lebih aman saat motor digunakan perjalanan jauh, dimana pastinya mesin akan sangat panas pada saat itu.

Selain itu, ia juga tahan terhadap guncangan atau benturan yang keras sekalipun, sehingga bagus juga untuk Pins gunakan di motor offroad. Kelebihan inilah yang membuat aki NS Battery lebih condong terhadap penggunaan yang ekstrem.

Apalagi ia telah disematkan pula teknologi yang bernama xtreme frame, membuatnya lebih tahan lagi terhadap berbagai kondisi. Sehingga secara garis besar keamanan menjadi kelebihan utama dari aki yang satu ini.

Namun, di lain sisi kekurangan aki NS Battery juga cukup terasa, seperti kapasitas kecil, tidak cocok untuk semua jenis motor, hingga masa penggunaan yang relatif sebentar. Di sini kamu bisa menggunakannya atau tidak tergantung kebutuhan yang Pins miliki.

Baca juga: 25 Motor Retro Murah dengan Visual Kece

9. Maxima (Rp210.000)

aki maxima
Source : Bukalapak

Dapat menghantarkan arus listrik yang lebih responsif, tentunya aki Maxima dapat menjadi pilihan yang bagus untuk kamu gunakan. Hal ini didukung dengan telah ditambahkannya bahan berupa timah murni hitam, dimana bahan ini diklaim dapat mengalirkan arus yang kuat, stabil, dan responsif.

Ditambah lagi aki Maxima sangat fleksibel untuk digunakan, dimana ia mempunyai ketahanan tinggi, minim perawatan berkala motor, hingga cocok untuk cuaca ekstrem. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Pins bila ingin menggunakan aki yang satu ini.

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan juga ialah harganya, karena cenderung lebih mahal ketimbang jenis aki lainnya. Mengingat teknologi yang dibawa memang sudah paling terbaru dan tercanggih di kelasnya.

10. Zeus (Rp135.000)

aki motor zeus
Source : Blibli

Aki Zeus adalah pilihan yang bagus jika kamu sedang mencari aki berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Sebelumnya Zeus sempat dikritik penggunananya karena aki kurang responsif terutama di cuaca dingin. Kini mereka memperbaiki itu semua dengan kapasitas 4,5 ampere, tegangan 12 volt, dan Cold Cranking Amps (CCA) sebesar 120, Aki Zeus telah mengalami peningkatan kualitas. Dalam kondisi cuaca dingin, CCA tinggi sangat disarankan karena suhu dingin dapat sangat mengurangi efisiensi baterai.

Aki Zeus memiliki banyak fitur canggih, seperti efisiensi daya, stabilisasi arus listrik, dan fitur keamanan yang lengkap. Selain itu, ia telah menerima sertifikasi keamanan dari berbagai lembaga terkemuka, seperti SNI, JIS, dan DIN JIS (Jepang), yang menjamin kualitas dan keamanan produk. Aki Zeus memiliki harga 135 ribu, dan itu adalah harga yang sangat baik, terutama dibandingkan dengan produk lain dengan spesifikasi yang sama. Meskipun tidak mudah ditemukan di toko-toko motor secara offline, produk ini telah mendapatkan popularitas yang besar di pasar online.

11. Furukawa Battery (Rp358.000)

aki motor terbaik
Source : BigGo

Aki motor terbaik lainnya datang dari produsen sparepart terkenal asal Jepang Furukawa. Meskipun produsen ini sebenarnya bergerak di sparepart mobil, namun akhir-akhir ini mereka mulai membuat pula sparepart untuk motor seperti aki.

Tentunya soal kualitas dari aki yang satu ini tidak perlu diragukan, karena ia telah dibekali dengan bahan timah murni yang sangat jarang ada di aki lainnya. Hal ini membuat aki tersebut diklaim mampu lebih baik dalam menyalurkan arus listrik.

Dikatakan bahwa penyaluran arus listrik lebih kuat, stabil, dan meminimalisir listrik terbuang akibat penyaluran yang tidak efisien. Dengan begitu, aki dapat digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama ketimbang jenis-jenis aki lainnya.

Sistem keamanan lebih seperti anti konsleting, anti eksplode, hingga tahan percikan api juga telah ditambahkan di aki tersebut. Sehingga kamu bisa menggunakannya dengan lebih aman dan tidak perlu khawatir soal konsleting yang sering terjadi di sebuah aki konvensional.

12. Nagoya (Rp125.000)

aki nagoya
Source : Blibli

Peminat motor bebek atau motor klasik di Indonesia memang sangatlah tinggi, bila Pins salah satunya maka bisa mencoba aki Nagoya. Aki ini didesain khusus untuk penggunaan yang lebih santai, seperti di motor-motor bebek atau motor klasik.

Aki Nagoya terbilang mempunyai arus listrik yang tidak terlalu kuat, akan tetapi ia dapat menyalurkan listrik dengan lebih stabil. Cocok untuk kebutuhan yang tidak terlalu berat dan dapat menjaga kelistrikan motor tidak mengalami kerusakan.

Dengan fiturnya yang lebih kalem itulah yang membuat aki ini dapat memiliki usia yang sangat lama, bahkan untuk penggunaan normalnya bisa melebihi waktu 2 sampai 3 tahun. Waktu tersebut hampir setara dengan aki original yang dibawa oleh motor saat pertama kamu membelinya.

Baca juga:

Source Feature Image: Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download