BlogLifestyleEdukasi8 Jenis Makanan untuk Penderita Batu Empedu yang Aman Dikonsumsi
0
0

8 Jenis Makanan untuk Penderita Batu Empedu yang Aman Dikonsumsi

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Agu 14, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins apakah kamu tahu penyakit empedu? Ternyata berikut ini ada makanan untuk penderita batu empedu. Sebelum kita memahami apa saja ya makanan untuk para penderita batu empedu, simak dulu informasi soal pengajuan KPR dan cek estimasi harga rumah

Selain itu kamu juga bisa cari informasi soal rumah dijual di Bogor Kota, rumah baru di Bekasi Utara, serta penjelasan informasi lengkap terkait properti Kavling Megapolitan Cinere dan Telaga Golf.

Apa itu Batu Empedu?

Source : Kompas

Batu empedu adalah endapan yang menjadi keras di dalam cairan kantung empedu terletak di bawah hati. Kantung empedu sendiri merupakan sebuah organ yang berlokasi di dekat dengan organ hati. Kantung empedu pada dasarnya mempunyai peran tersendiri pada sistem pencernaan. Fungsi dari kantung empedu adalah untuk membantu kerja enzim pencernaan, pengencer lemak, membantu fungsi enzim lipase, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan melindungi tubuh dari bakteri. 

Baca juga: Mengenal Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Penting Bagi Tubuh

Sebagai salah satu organ yang bekerja untuk sistem pencernaan, organ ini pun bekerja sangat keras setiap hari. Oleh karena itu menjaga kesehatan dan asupan makanan yang baik akan bisa terhindar dari penyakit batu empedu. Namun jika telah terlanjur terkena penyakit batu empedu, berikut ini kamu bisa mencari tahu soal makanan penderita batu empedu.  

Penyebab Batu Empedu

Batu empedu adalah penyakit yang terjadi karena aktivitas makan yang kurang sehat. Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan batu empedu, misalnya mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi makanan cepat saji dan kemasan, makanan bersantan, karbohidrat dan gula olahan, gorengan, daging olahan, daging merah, susu tinggi lemak dan produk olahannya. 

Intinya sebagian besar pemicu dari batu empedu adalah makanan Pins. Oleh karena itu kamu perlu waspada dengan makanan yang kamu konsumsi setiap hari mulai hari ini, ya. 

Makanan untuk Penderita Batu Empedu

Setelah kamu memahami apa itu organ empedu, berikut ini adalah informasi mengenai makanan untuk penderita batu empedu atau makanan penghancur batu empedu yang bisa kamu referensikan ke rekan. Yuk simak informasi selengkapnya. 

Baca juga: 13 Rekomendasi Resto Makanan Sehat di Jakarta

1. Sayur-sayuran

Source : Kompas

Makanan penderita batu empedu yang pertama adalah sayur-sayuran. Sayuran mengandung banyak nutrisi namun rendah lemak dan mudah dicerna sehingga bagus untuk dikonsumsi. Mengonsumsi sayur bagus untuk organ dan sistem pencernaan. Pasalnya sayur-sayuran bisa membuat kenyang sekaligus mengandung vitamin, nutrisi seperti mineral, karbohidrat dan lain-lain yang juga bisa menjadi sumber energi Pins. 

2. Buah-buahan

Source : Kompas

Selanjutnya makanan untuk penderita batu empedu adalah buah-buahan. Pada kenyataannya memang tidak semua buah-buahan bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Namun beberapa buah yang bisa dikonsumsi adalah jeruk, stroberi dan buah berry lain atau pepaya. Untuk buah seperti alpukat, durian dan yang mengandung lemak tinggi perlu melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter ya Pins. 

3. Biji-bijian 

Source : Halodoc

Di urutan selanjutnya ada biji-bijian. Ini adalah jenis makanan penderita batu empedu yang bisa kamu jadikan opsi Pins. Contohnya seperti granola. Kamu bisa mengonsumsi granola yang kaya akan biji-bijian di dalamnya. Kandungan nutrisi pada granola bisa kamu rasakan untuk membuat tubuh lebih sehat. Selain itu biji-bijian juga bagus untuk hati dan empedu Pins.  

4. Kacang-kacangan

Kemudian makanan penderita batu empedu juga bisa dengan kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung nutrisi yang kaya sehingga bisa menjadi asupan yang bagus bagi penderita batu empedu Pins. Namun, untuk mengonsumsi kacang-kacangan juga harus diperhatikan ya jumlahnya. Jangan terlalu banyak karena bisa memicu asam urat. Kamu yang sudah punya asam urat harus waspada saat memakan kacang-kacangan, jika tidak nanti badan kamu bisa sakit, gak mau kan Pins badan sakit karena makan kacang  sehingga asam urat kamu kambuh? 

Baca juga: Apa Saja Makan 4 Sehat 5 Sempurna? Ini Dia Jawabannya

5. Ikan

Jenis makanan untuk penderita batu empedu berikutnya adalah Ikan. Ikan merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Ikan mengandung banyak protein baik, nutrisi, energi dan semua hal baik yang dibutuhkan tubuh. Namun kamu perlu cari tahu dulu Pins ikan apa saja yang cocok dengan kondisi kamu saat ini. Ada beberapa ikan yang kandungan lemaknya tinggi sehingga kamu perlu berhati-hati ya Pins. Konsultasikan ke dokter untuk mengetahui ikan yang bisa dikonsumsi penderita batu empedu. 

6. Gandum

Source : CNN Indonesia

Gandum adalah salah satu makanan untuk penderita batu empedu. Gandum bisa dikonsumsi dengan susu. Contohnya saja seperti Quaker Oats. Kamu bisa menambahkan susu rendah lemak, atau susu almond, selanjutnya bisa ditambahkan dengan buah-buahan segar agar lebih enak ketika dikonsumsi Pins.

7. Tempe

Source : Alodokter

Tempe bisa menjadi salah satu makanan untuk penderita batu empedu. Untuk mengonsumsi tempe sebaiknya hindari dengan cara menggorengnya. Jika penderita batu empedu makan tempe goreng, artinya sama saja mengonsumsi makanan tidak sehat. Lebih baik tempenya direbus atau dikukus. Bisa juga dibuat seperti bacem tanpa harus digoreng dengan menggunakan minyak Pins. 

Baca juga: 10 Resep Makan Malam Sehat Yang Bisa Kamu Buat Sendiri

8. Tahu

Tahu merupakan produk olahan dari kacang kedelai. Tahu juga mengandung protein nabati yang bagus untuk tubuh. Sama seperti tempe, tahu bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Sebagai makanan untuk penderita batu empedu, ada baiknya jika tahu dikonsumsi dengan cara dibuat sup, dijadikan tahu bacem, ataupun dikukus Pins. 

Itu saja informasi mengenai makanan untuk penderita batu empedu. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi rekomendasi buat kamu, ya Pins! Nah, kalau menurut Pins apa lagi ya yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk makanan penderita batu empedu? Yuk bagikan informasi kamu Pins di kolom komentar. 

Baca juga:

Sumber featured image: Detik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download