BlogLifestyleEdukasi6 Manfaat Makan Mie Instan Jika Tidak Konsumsi Berlebihan
0
0

6 Manfaat Makan Mie Instan Jika Tidak Konsumsi Berlebihan

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat makan mie instantop-right-banner

Mie instan adalah makanan populer dan praktis yang digemari oleh masyarakat. Meski ada masalah kesehatan yang mungkin muncul karena berlebihan konsumsi makanan ini, ternyata tetap ada manfaat makan mie instan untuk tubuh. 

Kamu juga bisa menikmati banyaknya manfaat pada fitur PinValue dari Pinhome. Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui estimasi harga rumah di Bekasi atau rumah bekas di Kab Bandung. Pinhome juga menerima pasang iklan properti gratis, loh!

Sebelum lanjut membahas tentang manfaat makan mie instan, ada baiknya kamu mengetahui apa itu mie instan dan bagaimana sejarahnya. Yuk disimak!

Baca juga: Pabrik Indomie di Luar Negeri, Dimana Saja?

Sejarah Mie Instan

manfaat makan mie instan
Pixabay

Mie instan adalah mie yang sudah dikukus, digoreng, dan dikeringkan, agar dapat langsung disajikan dengan menambahkan air panas dan bumbu-bumbu yang sudah ada di dalam bungkusnya. 

Adonan mie instan umumnya terdiri dari campuran tepung terigu, air, minyak goreng, dan garam.

Mie instan modern diciptakan oleh Momofuku Ando pada 1958. Ia kemudian  mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi produk mie instan pertama di dunia bernama Chikin Ramen. 

Peristiwa penting lainnya terjadi pada 1971 ketika Nissin memperkenalkan mie dalam gelas bermerek Cup Noodles. Ini merupakan mie instan dalam wadah tahan air yang bisa langsung digunakan untuk memasak mie tersebut.

Momofuku Ando adalah seorang pengusaha asal Taiwan yang tinggal di Jepang. Ide membuat mie instan muncul saat terjadi krisis pangan di Jepang sebagai dampak dari kekalahan pada Perang Dunia II

Pada saat itu, Jepang mendapatkan bantuan pangan berupa tepung terigu dari Amerika Serikat, yang banyak diolah menjadi roti. Ando lantas mencari cara menggunakan tepung terigu untuk menciptakan makanan yang diminati, tahan lama, dan murah.

Setelah melakukan banyak percobaan, Ando akhirnya menciptakan proses mengukus, menggoreng, dan mengeringkan mie gandum. Pada tahun 1958 Ando mulai memasarkan produk ini dengan nama Chikin Ramen melalui perusahaannya, Nissin.

Popularitas mie instan menanjak dengan cepat ke seluruh dunia. Pada 1997, penjualannya mencapai 42 miliar bungkus. Pada 2000, penjualannya sampai 48 miliar bungkus. Sementara konsumsi mie instan global pada 2020 menurut World Instan Noodles Association, mencapai angka 116 miliar.

Baca juga: 50 Varian Rasa Indomie Dari Terbaru Hingga Terlaris Lengkap

Mie Instan di Indonesia

manfaat makan mie instan
iStock Photo

Kehadiran mie instan di Indonesia bermula ketika Jepang sebagai negara asal produk tersebut, mengekspor produknya ke Indonesia beberapa tahun setelah produk itu diciptakan. Produk dari Jepang ini yang dikenal dengan “Super Mie”.

Kemudian pada tahun 1967, perusahaan dari Jepang bernama Sankyo Shokuhin KK berkeinginan membangun pabrik di Indonesia untuk memproduksi mie instan. 

Pabrik mi instan itu diresmikan pada 16 Juli 1969, di bawah PT Lima Satu Sankyo Industri Pangan. Produknya kemudian dikenal dengan nama Supermi, yang merupakan produk mi instan lokal pertama di negeri ini.

Sejak saat itu, industri mie instan di Indonesia mulai menggeliat. Pada tahun 1972, brand Indomie pun lahir yang dibidani oleh pengusaha Djajadi Djaja bersama teman-temannya. 10 tahun kemudian, Salim Group juga terjun dalam industri ini dengan melahirkan brand Sarimi. 

Dalam perkembangannya, Indomie menjadi merek yang dominan. Bahkan saking terkenalnya, orang Indonesia sering menyebut mie instan dengan sebutan “Indomie”, padahal yang dimakan bukan merek Indomie. 

Baca juga: Praktikkan Resep Mie Aceh Rempah Asli Nan Lezat Ini!

Manfaat Makan Mie Instan

manfaat makan mie instan
Pixabay

Meski memiliki manfaat dalam hal kemudahan mengkonsumsi, penting untuk diingat bahwa mie instan juga memiliki beberapa risiko kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Berikut adalah enam manfaat makan mie instan jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

1. Mudah dan Cepat Saji

Namanya juga mie instan. Tak heran jika mie ini menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam penyajiannya. Kamu hanya perlu merebus air, masukkan mie ke dalam air mendidih, lalu campurkan bumbu yang sudah disiapkan. 

Dengan demikian, memasak mie instan tampaknya menjadi keahlian banyak orang. Memasak satu porsi hanya perlu waktu tidak sampai 5 menit. Hal ini sangat membantu ketika kamu sedang dilanda kelaparan pada malam hari atau saat sibuk. 

2. Harga Terjangkau

Selain mudah dimasak dengan rasa yang enak, mie instan juga termasuk mudah didapat karena harganya yang terjangkau. Tak hanya harga, makanan ini juga mudah didapat karena sudah pasti dijual di semua toko, termasuk toko di sekitar rumah. 

Satu bungkus Indomie goreng hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 3.000, sementara Indomie rebus sekitar Rp 2.500. Kamu juga bisa membeli satu karton berisi 40 bungkus dengan harga sekitar Rp 120.000. Murah, bukan?

3. Sumber Kalori dan Energi Cepat

Mie instan mengandung karbohidrat dari mie dan lemak dari bumbu. Keduanya memberikan energi cepat dalam bentuk kalori. Ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi kelaparan mendesak atau ketika kamu membutuhkan dorongan energi segera.

Baca juga: Resep Lamien Ayam Panggang yang Enak

4. Bahan Dasar Nutrisi

manfaat makan mie instan
Pixabay

Beberapa mie instan mengandung bahan dasar nutrisi seperti vitamin dan mineral tertentu. Beberapa merek telah mencoba meningkatkan kualitas nutrisi produk mereka dengan menambahkan bahan tambahan yang lebih sehat, seperti serat, protein, dan sayuran.

5. Banyak Variasi Rasa

Mengkonsumsi mie instan tidak akan membuat kamu bosan. Pasalnya ada banyak varian rasa mulai dari mie kuah maupun mie goreng. Bahkan kamu bisa menemukan rasa makanan khas daerah seperti Mie Aceh atau Mie Rendang. 

Kamu yang hobi menonton drama Korea maupun Jepang juga bisa menikmati mie Samyang atau Ramen dalam bentuk instan. Sama seperti mie instan basic, Samyang dan Ramen instan ini juga hadir dalam banyak varian rasa. 

6. Mudah Disimpan dan Dibawa

Mie instan memiliki umur simpan yang cukup lama dan mudah disimpan di lemari atau tempat penyimpanan makanan. Selain itu, mereka juga cocok untuk dibawa saat bepergian atau saat membutuhkan makanan instan di tempat yang tidak tersedia fasilitas masak.

Itulah beberapa manfaat makan mie instan. Sebagai catatan, manfaat-manfaat tersebut hanya bisa didapat jika kamu tidak mengkonsumsi secara berlebihan. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paradise Serpong City 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download