BlogLifestyleEdukasi13 Manfaat Pohon Kelapa untuk Kehidupan Manusia
0
0

13 Manfaat Pohon Kelapa untuk Kehidupan Manusia

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 6, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pohon kelapa ternyata menjadi tanaman yang memberikan banyak kontribusi untuk kehidupan manusia loh Pins. Tidak hanya buahnya saja, daunnya, bunganya, batangnya, dan akarnya, seluruh bagian yang ada di kelapa bisa digunakan untuk menyandang kehidupan manusia, dilansir dari Beautyroom.id. Mari kita selami satu-satu manfaat dari pohon kelapa ini.

Pohon kelapa hidup di pesisir pantai, jika Kamu ingin memiliki tempat tinggal bermodel rumah pesisir pantai Kamu dapat menemukannya di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung Rumah bergaya pesisir pantai pasti terlihat cozy dan terbuka, Kamu bisa loh mendesainnya sendiri dengan bantuan Program KPR Bank.

13 Manfaat Pohon Kelapa untuk Kehidupan Manusia

Pohon kelapa yang memiliki nama latin cocos nucifera ini hidup di wilayah tropis dan membuatnya dapat tersebar di seluruh tanah Indonesia. Tanaman bergolongan tropis ini dapat Kamu temukan di sepanjang pesisir pantai atau bahkan hidup di daerah pegunungan. Selain tumbuh secara alami, ada juga pohon kelapa yang tumbuh karena dibudidayakan oleh masyarakat.

Pohon kelapa disebut juga sebagai pohon seribu manfaat karena seluruh bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis keperluan manusia. Mulai dari buahnya yang paling umum dimanfaatkan, lalu daun, bunga, batang, dan bahkan akarnya juga bisa untuk dipergunakan untuk keperluan manusia. Selain pemanfaatan dari bagian tubuh kelapa, keberadaan kelapa di pesisir pantai sudah selalu membantu manusia untuk mencegah terjadinya erosi pantai.

Pohon dengan buah yang mengandung air segar ini memiliki ciri-ciri visual seperti terdapat akar-akar serabut kuat yang faktanya mampu mencegah erosi pantai, bentuk batang yang ramping dan kokoh, daunnya berpelepah, dan penopang daun berbentuk seperti lidi. 

Banyak sekali masyarakat yang membudidayakan pohon kelapa sebagai peningkat perekonomiannya dengan cara mengubah bagian-bagian yang dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang berkualitas.

Berikut ini beberapa manfaat pohon kelapa untuk kehidupan manusia:

1. Akar Pohon Kelapa untuk Mengatasi Masalah Pencernaan seperti Diare dan Disentri

Source : iStock

Manfaat pertama dari pohon kelapa untuk membantu kehidupan manusia adalah bagian akarnya yang dipergunakan sebagai obat dalam mengatasi masalah pencernaan. Akar pohon kelapa dilengkapi dengan senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi pencernaan kita terutama di bagian lambung dari terjadinya peradangan dan infeksi bakteri.

Kamu dapat mengkonsumsi akar pohon kelapa dengan mengambil segenggam akarnya, kemudian dicuci bersih dan rebus bersamaan dengan air matang untuk mendapat ekstrak obatnya. Setelah itu, Pins dapat meminumnya!

Baca juga: Resep Membuat Es Kelapa Manis Segar Nikmat

2. Batang Pohon sebagai Kayu yang Berguna

Manfaat selanjutnya dari pohon kelapa adalah bagian batangnya yang sangat kokoh dan kuat dapat dijadikan sebagai kayu untuk pembangunan. Apakah kalian tahu? Kayu pohon kelapa biasanya dikenal dengan sebutan kayu glugu. Glugu ini dapat diambil ketika umur pohon kelapa sudah mencapai 60 tahun atau lebih, agar kekokohannya terjamin.

Kayu glugu yang sudah sesuai umurnya dapat diproses menjadi rangka atap suatu rumah, kusen, daun pintu, jendela, lantai, dan menjadi pilar atau tiang. Penggunaan kayu glugu sebagai dasar tersebut dianggap kuat dan awet.

3. Nira Bunga Kelapa sebagai Minuman dan Pembuatan Gula

Source : iStock

Manfaat dari pohon kelapa ketiga ini berasal dari bunganya yang diambil niranya. Nira bunga kelapa ini sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai minuman menyegarkan pelepas dahaga dan dapat juga diolah menjadi bahan baku gula.

Air nira yang didapat dari bunga pohon kelapa, memiliki cita rasa yang manis dan segar. Air segar ini juga memiliki kandungan yang sangat baik seperti protein, serat, asam amino, dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

4. Daun Kelapa sebagai Bahan Dasar Kerajinan Tangan

Manfaat pohon kelapa berikut ini berasal dari daunnya yang dapat dipergunakan menjadi bahan dasar kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dapat dibuat adalah tas, keranjang, kalung, dompet, dan topi. Kerajinan-kerajinan ini dapat terbentuk dengan cara teknik penganyaman. Selain kerajinan tersebut, daun kelapa juga dimanfaatkan saat menjelang lebaran untuk membuat ketupat.

5. Daun Kelapa sebagai Atap Pelindung

Source : iStock

Selanjutnya daun yang berasal dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan menjadi atap pelindung pada bangunan Kamu. Walaupun sekarang ini daun kelapa yang dijadikan sebagai atap pelindung sudah terkalahkan dengan atap modern, tetapi faktanya dahulu pada zaman tradisional atap yang terbuat dari daun kelapa sangat awet dan kokoh melindungi pemiliknya.

6. Tulang Daun sebagai Bahan Dasar Sapu

Apakah Pins tahu bahwa sapu lidi yang ada di rumah Pins masing-masing berbahan dasar dari tulang daun pohon kelapa? Ternyata tulang daun yang sudah kering dan berumur tualah yang dijadikan sebagai sapu lidi, agar tulang daun yang digunakan sudah mencapai kekuatan maksimalnya. 

7. Air Buah Kelapa yang Berkhasiat untuk Tubuh

Source : iStock

Untuk manfaat yang satu ini tidak perlu diragukan lagi ya Pins, selain meminum air kelapa dapat melepas dahaga, kandungan di dalam air kelapa sangat berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita loh.

Kandungan pada air kelapa yaitu vitamin C, elektrolit, kalsium, potassium, sodium, dan lauric acid. Selain kandungan yang telah disebabkan tersebut, air kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit dan infeksi pada tubuh.

8. Daging Buah Kelapa yang Menyehatkan

Siapa yang suka memakan daging kelapa bersamaan dengan meminum airnya? Kombinasi yang sangat segar dan mengenyangkan bukan! Manfaat berikut ini merupakan manfaat yang berasal dari daging buah kelapa. Daging buah kelapa memiliki kandungan yaitu vitamin B, vitamin C, dan vitamin E, serta dilengkapi mineral seperti zat besi, fosfor, kalium, selenium, zinc, dan magnesium.

Kemudian, kandungan antioksidan dalam daging buah kelapa dapat bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang akan kamu dapatkan setelah mengkonsumsi buah kelapa adalah terbebas dari sembelit, mengontrol kadar gula darah, menjaga gigi berlubang, dan menjaga kesehatan jantung.

9. Minyak Kelapa untuk Melengkapi Nutrisi Rambut

Source : iStock

Manfaat kesembilan dari pohon kelapa untuk kehidupan manusia adalah pemanfaatan minyak kelapa yang didapatkan dari ekstrak daging kelapa yang sudah kering atau biasa disebut dengan kopra. Hasil minyak kelapa yang telah didapatkan dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut Kamu loh Pins!

Kandungan dari minyak kelapa ini seperti asam oleat, asam kaprat, asam laurat, dan asam linoleat yang kemudian menjadikan minyak kelapa bersifat antijamur, antimikroba, dan antivirus. Ketika rambut Kamu menggunakan minyak ini, maka akan terpenuhinya protein rambut yang membuatnya semakin sehat, lembab, dan mengatasi ketombe.

10. Santan dari Daging Kelapa untuk Bahan Makanan

Santan sering sekali digunakan dalam mencampuri bahan-bahan masakan agar cita rasa makanan Kamu semakin lezat. Mirip dengan susu, tetapi berbeda, santan berasal dari daging kelapa yang sudah berumur tua. Daging kelapa tua ini diparut hingga menjadi serbuk-serbuk kecil, kemudian ditambahkan air untuk mendapatkan sarinya yang berwarna putih pekat. Inilah yang kemudian dinamakan sebagai santan.

Sari putih daging kelapa ini sering digunakan masyarakat sebagai pengganti susu, tetapi biasanya tidak langsung dikonsumsi, melainkan digunakan untuk campuran sup, soto, sayuran, dan bahkan minuman.

11. Pohon Kelapa Dapat Membersihkan dan Memperbarui Kualitas Udara

Source : iStock

Manfaat kesebelas dari kehadiran pohon kelapa untuk kehidupan manusia adalah dapat membersihkan dan memperbarui kualitas udara. Dalam sebuah penelitian, terdapat hasil yang menyatakan bahwa pohon kelapa dapat membersihkan kualitas udara yang tercemar karena adanya gas rumah kaca dengan melakukan penyerapan gas rumah kaca dan gas emisi karbon tersebut.

12. Cangkang Buah Kelapa sebagai Kerajinan Tangan dan Bahan Baku Arang

Cangkang atau batok dari buah kelapa dapat dimanfaatkan juga menjadi karya kerajinan tangan dan bahan baku arang untuk pembakaran. Ternyata dari sebuah cangkang atau batok yang kelihatannya tidak memiliki nilai, dapat dikreatifitaskan menjadi sebuah karya yang bernilai jual tinggi. Pins dapat memanfaatkan cangkang buah kelapa untuk pembuatan kerajinan seperti mangkok, gelas cangkir, vas tanaman, dan masih banyak lagi.

Kemudian, cangkang ini juga dibuat sebagai arang untuk keperluan pembakaran loh Pins. Bahkan jarang yang tahu jika hasil arang yang sudah jadi mengandung karbon aktif untuk kesehatan kita, seperti mengatasi masalah pencernaan, sebagai anti racun dan obat inflamasi, bahkan melembutkan kulit.

Baca juga: 10 Rekomendasi Merk Minyak Kelapa Terbaik

13. Sabut Pelindung Terluar Kelapa untuk Media Tanam

Source : iStock

Manfaat terakhir dari pohon kelapa untuk kehidupan manusia adalah bagian sabutnya, yaitu serabut pelindung terluar kepala. Sabut kelapa ini dapat dimanfaatkan untuk membantu Kamu dalam menciptakan media tanam yang bebas gulma atau tumbuhan liar perusak.

Media tanam yang terbuat dari sabut kelapa memiliki kelebihan, yaitu mudah sekali dalam menyerap dan menyimpan air. Lalu, pori-pori yang dimiliki sabut memudahkan keluar masuknya sirkulasi udara dan cahaya matahari. Tentu hal ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan tumbuhan yang maksimal.

Itulah beberapa manfaat dari pohon kelapa untuk kehidupan manusia. Kita harus menjaga keberadaan pepohonan di negeri kita tercinta ini, karena pepohonanlah yang menjadi paru-paru kita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua!

Baca juga5 Kerajinan dari Batok Kelapa Berdaya Jual Tinggi (bisa Menjadi Inspirasi Bisnis Anda)

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download