BlogLifestyleEdukasi9 Fakta Material Bahan HPL Beserta Kelebihan dan Kekurangnya dalam Desain Ruangan
0
0

9 Fakta Material Bahan HPL Beserta Kelebihan dan Kekurangnya dalam Desain Ruangan

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Jul 20, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
HPLtop-right-banner

Artikel kali ini, akan membahas tentang material bahan HPL (High Pressure Laminate) beserta kelebihan dan kekurangannya dalam desain ruangan. Apakah kamu penasaran dengan apa yang membuat material ini unik dan cocok digunakan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Baca juga:

Pengenalan tentang Material Bahan HPL

Freepik

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu material bahan High Pressure Laminate. High Pressure Laminate adalah sejenis lapisan dekoratif yang terbuat dari kertas impregnasi resin dan dilapisi melamine. 

Lapisan tersebut kemudian ditempelkan pada substrat berupa kayu atau bahan lainnya untuk memberikan tampilan yang menarik dan perlindungan yang baik.

Sebelum lanjut, jika kamu juga memiliki rumah dengan material HPL yang kuat dan cocok untuk banyak orang. Kamu bisa menjualnya dan pasang iklan gratis melalui Pinhome sekarang Juga!

Contoh rumah yang menarik bisa Pins lihat di perumahan Bukit Tamphayan, perumahan ini banyak sekali menyediakan rumah eksklusif yang bisa kamu tinggali.

Kelebihan Material Bahan HPL

Freepik

Bahan High Pressure Laminate memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam desain ruangan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui:

  • Tahan terhadap goresan dan benturan: Material HPL memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan dan benturan, menjadikannya cocok untuk digunakan dalam lingkungan yang sering terpapar aktivitas sehari-hari.
  • Kekuatan yang tinggi: HPL memiliki kekuatan yang tinggi, sehingga mampu menahan beban dan tekanan yang cukup besar.
  • Anti-bakteri dan anti-jamur: Permukaan High Pressure Laminate memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga lebih higienis dan mudah dibersihkan.
  • Ketahanan terhadap panas dan cairan: Material High Pressure Laminate tahan terhadap suhu tinggi dan cairan seperti minyak, air, dan bahan kimia, menjadikannya lebih tahan lama dan mudah dirawat.
  • Beragam pilihan desain: High Pressure Laminate tersedia dalam berbagai pilihan warna, motif, dan tekstur, memberikan fleksibilitas dalam menciptakan desain yang unik dan sesuai dengan preferensi pribadi.

Baca juga:

Kekurangan Material Bahan HPL

Freepik

Selain memiliki kelebihan, material High Pressure Laminate juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakannya dalam desain ruangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui:

  • Tidak tahan terhadap panas ekstrem: Meskipun High Pressure Laminate tahan terhadap suhu tinggi, material ini tidak tahan terhadap panas ekstrem seperti api langsung. Oleh karena itu, perlu dihindari penggunaan HPL di sekitar sumber panas yang berpotensi menyebabkan kerusakan.
  • Rentan terhadap goresan: Meskipun HPL memiliki ketahanan terhadap goresan yang baik, material ini tetap rentan terhadap goresan yang tajam atau benda keras yang digunakan dengan keras.
  • Perawatan yang hati-hati: Untuk menjaga keindahan material HPL, perawatan yang hati-hati diperlukan. Hindari penggunaan bahan pembersih abrasif atau benda tajam yang dapat merusak permukaan HPL.

Baca juga:

Berikut ini fakta-fakta mengenai High Pressure Laminate yang harus kamu ketahui:

1. Durabilitas dan Tahan Lama

Salah satu keunggulan utama material bahan High Pressure Laminate adalah durabilitas dan keberlanjutannya. Material High Pressure Laminate dirancang untuk tahan lama dan mampu bertahan dalam kondisi penggunaan sehari-hari. 

Permukaannya yang tahan gores, tahan panas, dan tahan cairan menjadikannya solusi yang cocok untuk berbagai ruangan seperti dapur, kamar mandi, dan ruang tamu.

2. Keberagaman Pilihan Warna dan Motif

HPL
Source : Kompas

Berkat keberagaman pilihan warna, motif, dan tekstur yang tersedia, HPL memungkinkan kita untuk menciptakan desain ruangan yang unik dan sesuai dengan selera. Apakah kamu menginginkan tampilan yang minimalis, klasik, atau modern, ada banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan gaya dan kebutuhan ruanganmu.

3. Kemudahan Pemasangan

Pemasangan material bahan High Pressure Laminate relatif mudah dan cepat. Material ini dapat dipasang langsung di atas permukaan yang telah dipersiapkan dengan baik. Dalam waktu singkat, ruanganmu akan bertransformasi dengan penambahan lapisan High Pressure Laminate yang menarik.

4. Perawatan yang Mudah

HPL
Source : Kompasiana

Salah satu kelebihan material HPL adalah kemudahan perawatannya. Permukaan High Pressure Laminate yang halus dan tidak mudah menyerap kotoran membuatnya mudah dibersihkan. Cukup gunakan lap basah dan deterjen ringan, dan permukaan High Pressure Laminate akan kembali bersih dan mengkilap seperti baru.

5. Daya Tahan terhadap Bahan Kimia

Material bahan HPL memiliki daya tahan yang baik terhadap bahan kimia seperti minyak, air, dan bahan pembersih rumah tangga. Hal ini memungkinkan penggunaan HPL di area yang sering terkena tumpahan atau kontak dengan bahan kimia tanpa khawatir tentang kerusakan.

6. Harga yang Terjangkau

Salah satu keunggulan material HPL adalah harganya yang terjangkau dibandingkan dengan bahan lain seperti kayu alami atau batu. Dengan memilih HPL, kamu dapat menghemat biaya tanpa mengorbankan kualitas dan estetika dalam desain ruangan.

7. Lingkungan yang Ramah

Bagi mereka yang peduli dengan lingkungan, material bahan HPL merupakan pilihan yang baik. HPL diproduksi dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan dan bahan-bahan yang dapat didaur ulang. Dengan memilih HPL, kamu dapat mendukung keberlanjutan dan pengurangan limbah.

8. Estetika yang Menarik

HPL
Source : Santi Mebel

Material bahan HPL memberikan tampilan yang menarik dan estetika yang indah dalam desain ruangan. Dengan tekstur dan motif yang beragam, HPL dapat memberikan sentuhan visual yang unik dan menghadirkan suasana yang diinginkan dalam ruangan.

9. Aplikasi dalam Berbagai Ruangan

Material bahan HPL dapat digunakan dalam berbagai ruangan di rumah atau proyek komersial. Mulai dari desain dapur, kamar mandi, ruang tamu, hingga ruang kerja. HPL dapat memberikan penampilan yang menarik dan fungsionalitas yang dibutuhkan dalam desain ruanganmu.

Setelah mengetahui berbagai fakta dan kelebihan material bahan HPL, kamu dapat mempertimbangkan penggunaannya dalam desain ruanganmu. Dengan durabilitas, keberagaman desain, dan kemudahan perawatan yang ditawarkannya, HPL dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan ruangan yang indah dan fungsional.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Crown Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download