BlogLifestyleEdukasiRumah Menghadap Utara dan Selatan Adalah Posisi Ideal?
0
0

Rumah Menghadap Utara dan Selatan Adalah Posisi Ideal?

Dipublikasikan oleh Bekti  dan Diperbarui oleh Febrina Putri

Mei 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah Menghadap Utaratop-right-banner

Menurut fengsui, rumah menghadap utara termasuk memiliki keberuntungan yang tinggi. Begitu juga dengan rumah menghadap selatan, diyakini bakal membuat penghuni rumahnya memiliki hoki yang tinggi. Metode fengsui sendiri didasarkan pada berbagai prinsip, seperti keseimbangan alam, keseimbangan diri, universal, dan penempatan objek yang tepat dan selaras.

Pinhome – Alasan rumah menghadap utara tidak melulu soal keberuntungan saja, tetapi juga masalah kesehatan. Seperti yang kita semua ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapatkan sinar matahari secara penuh sepanjang tahun. Salah satu pemanfaatan cahaya matahari oleh masyarakat Indonesia sebagai penerangan alami di dalam rumah. Hal ini pula yang memengaruhi posisi rumah, menghadap ke utara atau selatan. Lantas, mengapa kedua arah tersebut menjadi posisi ideal? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 

Mengapa Rumah Menghadap Utara dan Selatan itu Ideal?

Mungkin saat ini masih banyak orang yang bingung rumah menghadap mana yang ideal untuk dibangun. Untuk itu, inilah alasan mengapa rumah menghadap utara dan selatan itu ideal.

Peran Cahaya Matahari

Source : Home Online

Seperti yang disinggung sebelumnya, arah hadap rumah salah satunya memang dipengaruhi oleh pasokan cahaya matahari. Sinar matahari tidak hanya menjadi penerang alami, tetapi juga dapat membuat suhu ruangan meningkat. Kandungan ultraviolet di dalamnya juga bisa membahayakan, bila terpapar secara berlebihan. Panas sinar matahari secara terus menerus juga dapat membuat rumah menjadi kurang nyaman.

Maka dari itu, sinar matahari yang masuk ke dalam rumah wajib disaring agar rumah tetap terasa nyaman, tanpa terpapar terlalu berlebihan. Pengaturan cahaya matahari ini bisa menggunakan bukaan yang sesuai sehingga cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan memiliki kualitas yang sempurna.

Baca Juga:

Perhitungan Angka Radiasi

Rumah Menghadap Utara
Source : Clarum

Panas matahari juga membawa radiasi yang bisa membawa pengaruh buruk dan ketidaknyamanan. Hal ini yang membuat ruangan perlu dilindungi dari sinar matahari agar suhu ruangan tidak terlalu tinggi. Dalam membangun rumah, diperlukan perhitungan yang cermat agar cahaya matahari dapat menyinari ruangan secara cukup. Pengaturan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan bisa diatur dengan memerhatikan orientasi bangunan atau arah menghadap rumah.

Masing-masing orientasi bangunan memiliki angka radiasi yang berbeda. Masing-masing angka radiasi tersebut adalah 130 untuk utara, 113 untuk timur laut, 112 untuk timur, 97 untuk tenggara, 97 untuk selatan, 176 untuk barat daya, 243 untuk barat, dan 211 untuk barat laut. Lalu, rumah yang bagus menghadap kemana?

Baca Juga: Perbandingan Arah Hadap Rumah Timur Selatan Barat Utara

Pentingnya Rumah Menghadap Utara atau Selatan

Source : Kompas

Tetap perhatikan bentuk bukaan dan tinggi peletakan supaya sudut cahaya matahari yang terlalu menyengat dan mengganggu di pagi atau sore hari. Maka dari itu, kamu harus membuat bukaan yang tepat di dalam rumah supaya sinar matahari bisa masuk secara optimal.

Dari angka radiasi yang telah dibahas sebelumnya, kita dapat menyimpulkan mengapa banyak orang memutuskan untuk memilih rumah menghadap utara atau selatan. Hal ini karena rumah yang memiliki bukaan yang cukup pada posisi tersebut akan memperoleh sinar matahari dengan kualitas terbaik. Mengapa bisa seperti itu? Karena jalur lintasan matahari yang berasal dari timur ke barat tidak akan menyorot panas secara langsung yang bisa membikin rumah menjadi tidak nyaman.

Pancaran sinar matahari dari utara memiliki suhu yang lebih rendah dan warna cahaya terlihat lebih putih sehingga terasa lebih dingin. Sinar utara ini biasa digunakan sebagai penyinaran studio atau ruang seni, berbanding terbalik dengan sinar selatan yang berwarna kuning keemasan.

Baca Juga:

Rumah Menghadap Utara
Source : Rumahlia

Di dalam ilmu fengsui, tata letak rumah dan bangunan memiliki perhitungannya sendiri. Perhitungan ini terkait dengan keberuntungan si empunya rumah. Salah satu tradisi fengsui yang masih digunakan adalah penentuan arah hadap rumah. Bila menurut fengsui, rumah yang bagus menghadap kemana?

Rumah Menghadap Selatan

Source : Sonora

Merujuk pada fengsui, rumah menghadap selatan dinilai memiliki peruntungan yang bagus. Ini karena adanya kumpulan energi keberuntungan pada arah tersebut. Energi tersebut nantinya yang akan masuk ke dalam rumah dan dirasakan oleh masing-masing penghuninnya.

Energi keberuntungan yang masuk ke dalam rumah diyakini mewakili berbagai macam aspek. Salah satunya adalah aspek karir. Diyakini, bila rumah menghadap selatan, maka penghuninya akan memiliki karir yang gemilang.

Baca Juga:

Rumah Menghadap Utara

Rumah Menghadap Utara
Source : Rumah Idolaku

Masih menurut fengsui, rumah menghadap utara juga memiliki energi keberuntungan yang besar. Keberuntungan tersebut meliputi aspek bisnis bagi para penghuni rumah. Karena energi yang dihasilkan cukup besar, maka juga akan membawa perlindungan kehidupan dan usaha.

Tidak hanya keberuntungan, arah rumah menghadap utara diyakini pula dapat membangkitkan energi positif, termasuk kesehatan bagi para penghuni rumah. Jangan lupa, hiasi rumah juga dengan berbagai tanaman hias tertentu, seperti palem, lidah mertua, sri rejeki, atau pachira. Tanaman-tanaman hias tersebut tidak hanya indah, tetapi memiliki nilai filosofis yang juga terkandung di dalam ilmu fengsui.

Warna dan Posisi Pintu Rumah

Source : Sociolla

Menentukan warna dan posisi pintu juga memerlukan pertimbangan. Untuk rumah yang menghadap ke utara, warna yang sebaiknya dipilih adalah warna cokelat. Warna cokelat dipercaya dapat membawa kenyamanan dan kedamaian untuk penghuni rumah. Untuk rumah yang menghadap selatan, warna cokelat juga bisa digunakan, tetapi akan lebih sesuai lagi bila menggunakan warna lain, seperti merah tua dan kuning.

Untuk posisi pintu rumah, bila dilihat berdasarkan fengsui, maka harus dihitung menggunakan angka KUA yang dilihat dari tanggal lahir kepala keluarga. Pintu rumah jangan berhadapan langsung dengan pintu utama rumah tetangga atau benda-benda lain, seperti pohon, kursi teras, dan lain-lainnya.

Dilihat dari berbagai sisi, termasuk dari pandangan fengsui, rumah menghadap utara atau selatan ternyata memang membawa kelebihan tersendiri ya, Pins. Kalah boleh tahu, rumahmu menghadap kemana?

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Surya Breeze di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download