BlogLifestyleEdukasi15 Contoh Peraturan di Rumah yang Biasanya Diterapkan
0
0

15 Contoh Peraturan di Rumah yang Biasanya Diterapkan

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 1, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsiditop-right-banner

Peraturan di rumah sangat diperlukan untuk mendisiplinkan anggota keluarga, terutama anak-anak. Selain itu, adanya peraturan juga bisa menciptakan kebiasaan atau habit yang baik ketika anak-anak tumbuh remaja dan dewasa. Selain itu, adanya aturan juga membuat kebersihan dan kerapian rumah terjamin. 

Menerapkan peraturan di rumah sangat cocok bagi kamu yang menempati perumahan di Bekasi seperti The Ambawani Residence atau Golden City Bekasi

Kamu yang punya rencana menjual rumah second di Bandung bisa memanfaatkan fasilitas pasang iklan properti gratis dari Pinhome. Caranya sangat mudah!

Baca juga: 4 Hal yang Wajib Diketahui oleh Ibu ketika Hamil Muda

Pentingnya Aturan di Rumah

Adanya peraturan di rumah memiliki peran penting dalam membentuk lingkungan yang teratur, harmonis, dan seimbang bagi seluruh anggota keluarga. Berikut adalah beberapa alasan mengapa peraturan di rumah sangat penting.

1. Menciptakan Keteraturan dan Kedisiplinan

Peraturan membantu menciptakan keteraturan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki aturan yang jelas, anggota keluarga tahu apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana melaksanakannya. 

Keteraturan itu akan menghadirkan disiplin pada anggota keluarga, terutama anak-anak. Mengikuti aturan mengajarkan pentingnya tanggung jawab, kemandirian, dan konsekuensi dari tindakan yang dilakukan.

2. Membentuk Etika

Beberapa peraturan, seperti berbicara dengan sopan atau berbagi tanggung jawab dalam tugas rumah, membantu membentuk nilai-nilai dan etika yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Ini membantu anak-anak memahami pentingnya menghormati orang lain dan bekerja keras.

Dengan memiliki tanggung jawab untuk menjaga kerapian kamar atau membersihkan dapur setelah digunakan, anggota keluarga belajar untuk mengelola tugas-tugas sehari-hari. Ini membantu mengembangkan rasa tanggung jawab dan kemandirian.

3. Membiasakan Kebiasaan Baik

Beberapa peraturan, seperti mengatur waktu makan bersama atau membatasi waktu bermain gadget, dapat membantu mengembangkan kebiasaan yang sehat bagi seluruh keluarga. Ini termasuk kebiasaan berkomunikasi, makan dengan baik, dan menjaga keseimbangan dalam gaya hidup digital.

Selain itu, adanya peraturan juga membangun interaksi sosial sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua anggota keluarga. Hal ini tentu membantu mencegah konflik, mengurangi stres, dan menciptakan suasana yang positif di rumah.

Baca juga: Etika dan Moral

Contoh Peraturan di Rumah

Ada banyak sekali contoh aturan yang bisa diterapkan di rumah. Peraturan-peraturan itu meliputi etika berbicara, disiplin waktu, hingga kerapian dan keteraturan dalam beraktivitas.

Berikut 15 contoh peraturan yang bisa kamu terapkan di rumah untuk seluruh anggota keluarga. 

1. Tidur Tepat Waktu

peraturan di keluarga
Source : Pixabay

Menjaga waktu tidur yang konsisten bagi setiap anggota keluarga memiliki dampak positif pada kesehatan dan produktivitas. Waktu tidur yang cukup membantu tubuh dan pikiran pulih, meningkatkan energi, dan meningkatkan konsentrasi sepanjang hari.

Tidur yang teratur dan tepat waktu juga membantu menjaga pola hidup yang seimbang, yang berperan penting dalam menjaga fungsi metabolisme tubuh. 

2. Pembatasan Gadget

Tak dipungkiri, gawai menjadi masalah utama semua keluarga. Anak-anak hingga orang tua bisa berjam-jam bermain gawai, yang membuat keharmonisan dalam rumah tangga akan terkikis. 

Mengatur waktu penggunaan gadget membuka ruang untuk interaksi langsung dengan keluarga, meningkatkan komunikasi dan hubungan interpersonal. Batasan penggunaan gadget juga membantu menghindari dampak negatif dari paparan cahaya biru pada kualitas tidur. 

3. Sopan Santun

Peraturan ini mengajarkan pentingnya menghormati satu sama lain dalam interaksi sehari-hari. Menjaga etika sopan santun dan mengatasi konflik secara sehat, akan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman dalam keluarga. 

Selain itu, keharmonisan dalam rumah dengan menjaga sopan santun memberi dampak positif pada suasana hati dan menjaga hubungan keluarga tetap erat.

Baca juga: Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

4. Menjaga Kebersihan Kamar Masing-masing

Setiap anggota keluarga perlu bertanggung jawab menjaga kebersihan kamar sebagai ruang privat masing-masing. Aturan ini sangat positif untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kedisiplinan. 

Dengan merapikan kamar masing-masing secara rutin, anak-anak diajarkan pentingnya merawat lingkungan pribadi dan menghargai kerja keras yang diperlukan untuk menjaga kerapian.

5. Membagi Tugas Rumah

peraturan di keluarga
Source : Pixabay

Pembagian tugas rumah tidak hanya mengurangi beban satu individu, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kerjasama dan keadilan. Setiap anggota keluarga belajar untuk berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan kerapihan rumah, sehingga menciptakan lingkungan yang terjaga.

6. Merapikan Pakaian dan Perlengkapan Pribadi

Menyediakan tempat khusus untuk pakaian dan perlengkapan pribadi membantu menciptakan keteraturan dalam rumah. Dengan memiliki tempat yang ditentukan, anggota keluarga belajar menghindari kekacauan dan menciptakan lingkungan yang lebih teratur dan nyaman.

7. Makan Bersama

Jadwal makan bersama keluarga merupakan momen penting karena anggota keluarga bisa berinteraksi, berbicara, dan berbagi cerita atau pengalaman dalam menjalani aktivitas. 

Selain itu, makan bersama juga membantu membangun ikatan keluarga yang kuat, serta memberikan ruang untuk berdiskusi tentang berbagai topik.

Baca juga: Tips Jitu Membakar Kalori Lewat Pekerjaan Rumah Tangga

8. Hemat Air dan Listrik

Anggota keluarga terutama anak-anak harus dibiasakan untuk hemat energi, dengan tidak boros dalam menggunakan air atau listrik. 

Aturan di keluarga yang satu ini tidak hanya berdampak positif pada lingkungan, tetapi juga pada aspek keuangan keluarga. Ini membantu membentuk kesadaran tentang pentingnya pengelolaan sumber daya secara berkelanjutan.

9. Pembatasan Waktu Bermain

Batasan waktu bermain atau menonton TV membantu menjaga keseimbangan antara waktu bermain, belajar, dan tidur. Ini juga mendorong kreativitas dan interaksi sosial yang lebih banyak, daripada menghabiskan waktu di depan layar.

10. Belajar dan Mengerjakan PR

Source : Pixabay

Menetapkan waktu yang ditentukan untuk belajar dan mengerjakan PR untuk anak dan pekerjaan kantor untuk orang tua membantu menciptakan jadwal yang teratur dan meningkatkan produktivitas. Ini juga membantu menghindari gangguan dari tugas-tugas lainnya.

11. Berbicara dengan Sopan

Berbicara dengan sopan dan penuh hormat membentuk budaya komunikasi yang sehat dan menghormati perasaan dan pendapat setiap anggota keluarga. 

Sopan dalam bertutur kata ini tidak hanya berlaku bagi yang muda kepada yang lebih tua, namun hendaknya orang tua yang memberikan contoh terlebih dulu. 

Baca juga: 15 Foto Keluarga Unik Ini Bikin Kamu Baper Kebelet Kawin

12. Menjaga Privasi Orang Lain

Menghargai privasi anggota keluarga lain dengan tidak masuk ke kamar tanpa izin mengajarkan tentang batasan dan menghormati ruang pribadi masing-masing individu.

13. Makan di Meja Makan

Aturan ini membantu membentuk kebiasaan yang baik dalam penggunaan meja makan di ruang makan, seperti fokus pada makanan dan interaksi sosial tanpa gangguan dari gadget atau alat lainnya.

14. Melakukan Aktivitas Luar Rumah

Mendorong aktivitas luar rumah, seperti olahraga atau piknik, membantu menjaga kesehatan fisik dan mental. Aktivitas ini juga memberikan kesempatan untuk bersosialisasi di luar rumah dan mengeksplorasi lingkungan sekitar.

15. Bersihkan Dapur Setelah Digunakan

Menjaga dapur tetap bersih setelah digunakan membantu mencegah perkembangan bakteri dan menjaga kebersihan makanan. Aturan ini juga mengajarkan nilai-nilai kemandirian dan tanggung jawab, karena setiap anggota keluarga berperan dalam menjaga kerapian dan kesehatan dapur.

Dengan menerapkan peraturan di rumah seperti pada contoh diatas, keluarga dapat menciptakan lingkungan yang seimbang, teratur, dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan semua anggota keluarga.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Sharon Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download