BlogLifestyleEdukasiSering Disangka Sama! Ini 6 Perbedaan Antara Arsitek dan Arsitektur
0
0

Sering Disangka Sama! Ini 6 Perbedaan Antara Arsitek dan Arsitektur

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Agu 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
perbedaan-air-pam-dan-pdamtop-right-banner

Air Perusahaan Air Minum (PAM) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan dua sistem penyediaan air yang umum digunakan dalam menyediakan pasokan air bersih bagi masyarakat. Namun, kedua hal tersebut memiliki perbedaan air PAM dan PDAM lho Pins. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menyediakan air minum yang layak dan aman untuk digunakan. 

Mungkin kamu yang saat ini tinggal di Avoria Estate atau Intan Residence bermaksud untuk mencari tahu tentang bedanya air PAM dan PDAM, kan? Terutama kamu yang tinggal di Perumahan di Bogor ya Pins. 

Sebelum itu mari cek informasi mengenai estimasi harga rumah dan juga program KPR di Pinhome, yuk! 

Apa Itu Air PAM

Source : pennyu.co.id

PAM merupakan singkatan dari Perusahaan Air Minum yang merujuk pada lembaga atau perusahaan yang menyediakan air minum bagi masyarakat dalam suatu wilayah atau daerah tertentu. Perusahaan Air Minum bertugas untuk mengelola, mengolah, dan mendistribusikan air minum yang aman dan layak konsumsi kepada penduduk dalam wilayah layanannya. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai PAM.

Baca juga: 20 Cara Membangun Rumah yang Murah Tapi Berkualitas

1. Tujuan PAM

Source : tribunnews.com
  • Memberikan akses air minum yang aman dan terjangkau kepada penduduk dalam wilayah layanannya.
  • Menyediakan kuantitas air yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci, dan kegiatan domestik lainnya.
  • Meningkatkan sanitasi dan kesehatan masyarakat dengan menyediakan air yang bersih untuk menghindari penyebaran penyakit melalui air

2. Struktur PAM

  • PAM biasanya didirikan oleh pemerintah daerah atau swasta, tergantung pada kebijakan dan regulasi setempat.
  • Jika PAM merupakan perusahaan milik negara atau daerah, ia biasanya disebut sebagai PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum).

3. Sumber Air

Source : pinhome
  • PAM mengambil air dari berbagai sumber, seperti sungai, danau, mata air, atau sumur.
  • Sumber air harus memenuhi standar kualitas agar dapat diolah dan dijadikan air minum yang aman bagi konsumsi manusia.

4. Pengolahan Air

  • Air mentah dari sumber air harus diolah sebelum dijadikan air minum.
  • Proses pengolahan air meliputi penyaringan, pengendapan, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, dan desinfeksi untuk menghilangkan kandungan bahan-bahan pencemar dan mikroorganisme berbahaya.

Baca juga: 8 Perencanaan Pembangunan Rumah Baru

5. Distribusi

Setelah proses pengolahan, air yang telah menjadi air minum akan didistribusikan melalui jaringan pipa atau saluran ke rumah-rumah, gedung, atau fasilitas umum di wilayah layanan PAM.

6. Pengawasan Kualitas Air

  • PAM memiliki peran penting dalam memantau dan menjaga kualitas air minum yang disediakan.
  • Pengawasan kualitas air dilakukan secara teratur dengan melakukan pengujian laboratorium untuk memastikan air memenuhi standar kualitas dan keamanan.

Pengertian Apa Itu PDAM

Source : flip.id

PDAM merupakan singkatan dari “Perusahaan Daerah Air Minum” yang merujuk pada perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah daerah. PDAM memiliki tanggung jawab untuk menyediakan air minum yang aman, layak konsumsi, dan terjangkau kepada penduduk dalam wilayah tertentu yang menjadi cakupan layanannya. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai PDAM.

1. Tujuan PDAM

  • Memberikan akses air minum yang aman dan terjangkau bagi penduduk dalam wilayah layanannya.
  • Menyediakan kuantitas air yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci, dan kegiatan domestik lainnya.
  • Meningkatkan sanitasi dan kesehatan masyarakat dengan menyediakan air yang bersih untuk menghindari penyebaran penyakit melalui air.

2. Status Hukum

Source : kompasiana.com

PDAM merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang didirikan oleh pemerintah daerah dengan tujuan untuk memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat.

3. Sumber Air

  • PDAM mengambil air dari berbagai sumber, seperti sungai, danau, mata air, atau sumur yang ada di wilayah cakupan layanannya.
  • Sumber air harus memenuhi standar kualitas agar dapat diolah dan dijadikan air minum yang aman bagi konsumsi manusia.

4. Pengolahan Air

  • Air mentah dari sumber air harus diolah sebelum dijadikan air minum.
  • Proses pengolahan air meliputi penyaringan, pengendapan, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, dan desinfeksi untuk menghilangkan kandungan bahan-bahan pencemar dan mikroorganisme berbahaya.

5. Distribusi

Source : kompasiana.com

Setelah proses pengolahan, air yang telah menjadi air minum akan didistribusikan melalui jaringan pipa atau saluran ke rumah-rumah, gedung, atau fasilitas umum di wilayah layanan PDAM.

6. Pengawasan Kualitas Air

  • PDAM memiliki peran penting dalam memantau dan menjaga kualitas air minum yang disediakan.
  • Pengawasan kualitas air dilakukan secara teratur dengan melakukan pengujian laboratorium untuk memastikan air memenuhi standar kualitas dan keamanan.

Perbedaan Air PAM dan PDAM

Source : pdampintar.id

Setelah Pins mengetahui tentang informasi terkait PAM dan PDAM, berikut artikel ini akan membahas tentang perbedaan air PAM dan PDAM. Yuk kita simak bersama pembahasannya!

1. Kepemilikan dan Pengelolaan

Perbedaan air PAM dan PDAM yang pertama yaitu ada di kepemilikan dan pengelolaan. Air PAM ini merupakan perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan oleh pihak swasta dengan tujuan mencari keuntungan. Namun, ada juga air PAM yang dikelola oleh pemerintah sebagai bagian dari layanan publik. Sementara PDAM sendiri yaitu dimiliki oleh pemerintah daerah dan bertanggung jawab untuk memberikan layanan air minum yang aman dan terjangkau kepada masyarakat. 

2. Cakupan Layanan

Source : pikiran-rakyat.com

Selanjutnya yaitu pada cakupan layanannya. Apa bedanya air PAM dan PDAM pada cakupan layanannya? Air PAM sendiri memiliki cakupan layanan yang lebih luas dan mencakup area perkotaan dan pedesaan. Karena sifatnya yang swasta, biasanya lebih cenderung mencari keuntungan sehingga mungkin beroperasi di wilayah yang lebih menguntungkan secara ekonomi Pins. Sementara, PDAM sendiri cenderung fokus pada wilayah tertentu yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Biasanya juga lebih terfokus pada area perkotaan atau semi-perkotaan lho Pins. 

3. Kualitas Air

Perbedaan air PAM dan PDAM terletak pada kualitas air yang digunakan. Kualitas air PAm bervariasi tergantung pada sumber air dan tingkat pengolahan yang dilakukan oleh perusahaan air minum. Beberapa perusahaan air minum swasta mungkin menggunakan teknologi yang lebih canggih dalam proses penyaringan dan pengolahan air.

Sementara air PDAM berusaha untuk memberikan air minum berkualitas tinggi karena sifatnya yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan diawasi oleh instansi pemerintah. 

Baca juga: Mau Bangun Rumah 30 Juta? Ini Simulasi Biayanya!

4. Biaya dan Tarif

Source : parapuan.co

Uniknya, biaya dan tarif beda air PAM dan PDAM itu bisa dilihat lho Pins. Karena, PAM seringkali menarik tarif yang lebih tinggi disebabkan perusahaan air swasta harus mencari keuntungan untuk mengoperasikan dan memelihara sistemnya. Sementara tarif air PDAM sering lebih terjangkau karena fokus utamanya adalah memberikan pelayanan publik dan tidak berorientasi pada mencari keuntungan.

5. Inovasi dan Pengembangan

Apa bedanya air PAM dan PDAM yang dapat dilihat langsung? Ya, inovasi dan pengembangan yang dilakukan oleh PAM dan PDAM jelas terlihat lho. Perusahaan air PAM cenderung lebih fleksibel dalam hal inovasi teknologi dan pengembangan layanan. Sementara PDAM sering menghadapi tantangan dalam mengadopsi teknologi terbaru karena keterbatasan anggaran dan birokrasi.

6. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Source : infobekasi.co

Perbedaan air PAM dan PDAM yang terakhir adalah pada tanggung jawab sosial dan lingkungan. Air PAM terkadang mendapat kritik terkait tanggung jawab sosial dan lingkungan mereka, terutama jika mereka hanya berfokus pada keuntungan semata. Sementara air PDAM sebagai perusahaan milik pemerintah, seringkali memiliki komitmen terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan yang lebih besar. 

Pins, itu saja informasi mengenai perbedaan air PAM dan PDAM yang bisa menjadi referensi bacaan kamu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca juga: 

Sumber featured image: bandung.bisnis.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download