BlogLifestyleEdukasiTernyata Tidak Sama! Ini 5 Perbedaan Arsitek dan Arsitektur
0
0

Ternyata Tidak Sama! Ini 5 Perbedaan Arsitek dan Arsitektur

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Agu 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
perbedaan-arsitek-dan-arsitekturtop-right-banner

Pins, apakah kamu tahu bahwa ternyata perbedaan arsitek dan arsitektur itu ada lho. Walaupun hampir mirip namun perbedaan mereka terletak pada kegiatan yang dilakukan. Mungkin kamu yang saat ini tinggal di Avoria Estate atau Intan Residence bermaksud untuk mencari tahu tentang perbedaan arsitektur dan arsitek, kan? Terutama kamu yang tinggal di Perumahan di Bogor ya Pins. 

Sebelum itu mari cek informasi mengenai estimasi harga rumah dan juga program KPR di Pinhome, yuk! 

Penjelasan Tentang Arsitek dan Arsitektur

Source : pinhome

Apakah Pins tahu bahwa arsitek adalah seorang profesional yang terlatih dalam merancang dan merencanakan bangunan dan lingkungan fisik. Mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggabungkan aspek fungsional, estetika, struktural, dan teknis untuk menciptakan bangunan yang aman, efisien, dan estetik. 

Sementara arsitektur merujuk pada disiplin ilmu dan seni merancang dan membangun bangunan, termasuk struktur fisik, tata letak, tata ruang, dan elemen-elemen desain yang meliputi detail interior dan eksterior. Arsitektur melibatkan pemahaman tentang berbagai aspek sejarah, budaya, lingkungan, sosial, ekonomi, dan teknologi yang mempengaruhi desain bangunan. 

Baca juga: 20 Cara Membangun Rumah yang Murah Tapi Berkualitas

5 Perbedaan Arsitek dan Arsitektur

Source : glints.com

Arsitek dan arsitektur merupakan dua istilah yang sering digunakan dalam dunia pembangunan dan desain bangunan. Meskipun kedua kata ini berkaitan erat, namun ada perbedaan mendasar antara keduanya. Lalu, apa perbedaan arsitek dan arsitektur ya, Pins? Nah maka dari itu, dalam artikel ini kita akan menjelaskan lima perbedaan utama antara arsitek dan arsitektur.

1. Definisi dan Makna

Source : arsitetika.com

Perbedaan arsitek dan arsitektur yang pertama ada di bagian definisi dan makna. Arsitek adalah seorang individu atau profesional yang memiliki keahlian dan pengetahuan dalam merancang dan merencanakan bangunan dan proyek arsitektur. Mereka bertanggung jawab untuk menggabungkan aspek fungsional, estetika, dan teknis dalam menciptakan struktur fisik yang aman dan sesuai dengan kebutuhan klien. 

Namun, di sisi arsitektur merujuk pada bidang ilmu dan seni merancang dan membangun bangunan serta lingkungan fisik. Ini mencakup pemahaman tentang prinsip-prinsip desain, teknologi konstruksi, tata ruang, dan aspek budaya yang mempengaruhi bentuk dan karakter bangunan. 

2. Fokus

Source : danacita.co.id

Perbedaan arsitek dan arsitektur berikutnya ada di fokus dari keduanya. Arsitek adalah individu yang aktif bekerja dalam bidang arsitektur dan bertanggung jawab untuk merancang bangunan yang dapat memenuhi kebutuhan klien serta menghadirkan solusi kreatif untuk masalah desain. 

Sementara itu, arsitektur lebih mencakup seluruh disiplin ilmu dan seni dari merancang bangunan dan lingkungan fisik. Ini melibatkan studi mendalam tentang sejarah arsitektur, teori desain, aspek sosial dan budaya, teknologi bangunan, dan dampak lingkungan dari proyek arsitektur. 

3. Profesi vs Ilmu

Source : emporioarchitect.com

Perbedaan arsitektur dan arsitek yang ketiga adalah pada profesi vs ilmu. Arsitek adalah sebuah profesi yang membutuhkan pendidikan dan pelatihan khusus di bidang arsitektur. Seseorang harus lulus dari sekolah arsitektur yang terakreditasi dan memperoleh lisensi profesional untuk berpraktik sebagai arsitek.

Di sisi lain, arsitektur merupakan ilmu yang melibatkan penelitian dan pengembangan teori serta prinsip-prinsip desain. Selain itu, arsitektur juga mencakup studi tentang perkembangan teknologi dan inovasi dalam industri konstruksi. 

Baca juga: 8 Perencanaan Pembangunan Rumah Baru

4. Ruang Lingkup

Source : detik.com

Pins, arsitek itu ternyata bekerja pada proyek-proyek yang beragam, termasuk perumahan, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, bangunan pabrik, mulai dari perencanaan awal hingga pengawasan konstruksi. 

Arsitektur, di sisi lain memiliki ruang lingkup yang lebih luas dan mencakup studi tentang berbagai jenis bangunan, gaya arsitektur, dan elemen desain. Selain itu, arsitektur juga dapat mencakup analisis perkembangan kota, desain lanskap, dan perencanaan kota. 

5. Keterlibatan Kreatif

Source : um-surabaya.ac.id

Seorang arsitek memiliki peran aktif dalam mengekspresikan kreativitasnya melalui desain bangunan. Mereka menciptakan bentuk dan ruang yang unik sesuai dengan visi klien dan menggabungkan elemen estetika dengan fungsionalitas. 

Disisi lain, arsitektur sebagai ilmu juga mendorong pemikiran kreatif dan inovatif dalam mencari solusi terbaik untuk masalah-masalah desain dan konstruksi. Ini melibatkan penelitian, eksperimen, dan pengembangan ide-ide baru yang dapat mempengaruhi perkembangan arsitektur secara keseluruhan. 

Baca juga: Mau Bangun Rumah 30 Juta? Ini Simulasi Biayanya!

Tips Memilih Arsitek dan Arsitektur

Source : arsitag.com

Walaupun apa perbedaan arsitek dan arsitektur, Pins tetap memikirkan tentang tips dalam memilih arsitek dan arsitektur. Nah, boleh kamu perhatikan tips tersebut dibawah ini ya Pins!

1. Penelitian dan Referensi

Lakukan penelitian mendalam tentang arsitek dan perusahaan arsitektur yang ada di daerah Pins. Minta referensi dari keluarga, teman, atau kenalan yang pernah menggunakan jasa arsitek sebelumnya. Tinjau portofolio mereka untuk melihat proyek-proyek sebelumnya dan pastikan gaya desain mereka sesuai dengan preferensi kamu. 

2. Kualifikasi dan Pengalaman

Source : grid.id

Pastikan arsitek atau perusahaan arsitektur yang Pins pertimbangkan memiliki kualifikasi dan lisensi yang diperlukan untuk berpraktik. Periksa pengalaman mereka dalam merancang proyek serupa dengan yang kamu inginkan. Pengalaman yang baik akan membantu mereka mengatasi tantangan dan masalah yang mungkin muncul selama proses desain dan konstruksi.

3. Komunikasi yang Efektif

Pilih arsitek yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mendengarkan dengan cermat kebutuhan dan harapan kamu Pins. Komunikasi yang efektif sangat penting agar proyek berjalan sesuai dengan harapan kamu dan arsitek bisa mengartikulasikan ide-ide desain dengan jelas.

4. Pemahaman atas Anggaran

Source : tokopedia.com

Pastikan arsitek memiliki pemahaman yang baik tentang anggaran proyek Pins dan dapat merancang sesuai dengan batasan anggaran yang telah ditentukan. Komunikasikan batasan anggaran kamu dengan jelas sehingga arsitek dapat mengatur desain yang realistis dan sesuai dengan dana yang tersedia.

Pins, itu saja informasi mengenai perbedaan arsitek dan arsitektur yang bisa menjadi referensi bacaan kamu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca juga: 

Sumber featured image:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download