BlogLifestyleEdukasiCatat! 11 Cara dan Syarat Menjadi Notaris
0
0

Catat! 11 Cara dan Syarat Menjadi Notaris

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
syarat menjadi notaristop-right-banner

Notaris merupakan profesi yang mungkin sudah sering di dengar, terutama jika kamu sering bersinggungan dengan dunia properti maupun perbankan. Notaris merupakan profesi yang memberikan jasa pada bidang legalitas dokumen. Dengan demikian, notaris mempunyai peran yang penting dalam pengurusan surat-surat.

Regulasi pengangkatan seorang dapat menjadi notaris terbilang tidak mudah karena harus melewati proses yang panjang sampai menjadi pejabat umum di kalangan pemerintahan. Bagi kamu yang ingin menjadi notaris, kamu perlu tahu syarat-syarat menjadi notaris dari awal sampai akhir. Agar kamu dapat mempersiapkan diri menjadi notaris suatu hari nanti, maka dari itu ketahui lah tahapannya dengan benar.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Griya Parama atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga:

Syarat Menjadi Notaris

Syarat Menjadi Notaris
Source : Pixabay

Menurut Pasal 3 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang jabatan notaris, terdapat beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi untuk menjadi seorang notaris. Syarat menjadi notaris PPAT adalah sebagai berikut:

  1. Wajib Warga Negara Indonesia
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Berumur minimal 27 tahun
  4. Sehat rohani maupun jasmani
  5. Berijazah sarjana Hukum dan Lulusan jenjang strata dua kenotariatan.
  6. Sudah menjalani magang atau telah bekerja sebagai karyawan notaris dalam 12 bulan berturut-turut pada kantor notaris atas prakarsa sendiri atau atas rekomendasi organisasi notaris.

Syarat Menjadi Notaris PPAT

Source : Pixabay

Zaman sekarang, tanah perlu bersertifikat atau terdafat secara resmi pada Kementrian Agraria. Untuk semua hal yang mempunyai hubungan dengan tanah, diperlukan pihak yang membantu atau menjembatani masyarakat atau lembaga terkait

Yaitu notaris PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah). Notaris dengan PPAT merupakan 2 jabatan yang berbeda. Akan tetapi notaris dapat menjadi PPAT. Jika kamu ingin menjadi notaris PPAT, berdasarkan PP No.24 Tahun 2016, kamu perlu memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. WNI, usia minimal 22 tahun
  2. Berkelakuan baik, dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian setempat.
  3. Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana penjara karena tindak pidana yang diancam penjara 5 tahun/lebih.
  4. Sarjana Hukum
  5. Lulusan magister Kenotariatan atau pendidikan khusus PPAT yang diselenggarakan Kementerian Agraria/ATR BPN.
  6. Magang di kantor notaris selama 2 tahun berturut-turut. Kantor notaris tersebut harus sudah menerbitkan minimal 100 akta dan masa kerjanya minimal 5 tahun.
  7. Magang calon PPAT minimal 12 bulang: 6 bulang di kantor PPAT dan 6 bulang di Kantor Pertanahan.
  8. Lulus ujian PPAT yang diselenggarakan kementerian terkait.
  9. Telah selesai menjalani magang atau bekerja sebagai karyawan di kantor PPAT, minimal 1 tahun setelah lulus sekolah kenotariatan.
  10. Telah mengikuti seminar dari INI selama magang, minimal telah mengumpulkan 30 poin.
  11. Sudah mengikuti 4 ujian pengangkatan yaitu tesis Magister Kenotariatan, Ujian Kode Etik Notaris,  Ujian Pra Anggota Luar Biasa, dan Ujian Pengangkatan Notaris.
  12. Telah mengikuti program peningkatan kualitas PPAT.

Cara Menjadi Notaris

Source : Pinterest

Jika kamu ingin menjadi notaris, berikut ini cara menjadi notaris yang wajib kamu lakukan. Simak baik-baik ya!

1. Memenuhi Persyaratan Yang Ada

Jika kamu memang mau berkarir sebagai notaris sejak lama, kamu perlu mengetahui semua persyaratan yang ada seperti usia minimal 27 tahun, WNI, sehat jasmani dan rohani, pendidikan minimal S1 Hukum dan Magister Kenotariatan, dan terdapat beberapa persyaratan lainnya.

2. Melakukan Magang

Menjadi notaris memang lah tidak mudah, karena kamu perlu melakukan magang terlebih dahulu minimal dua tahun berturut-turut pada kantor notaris dan tidak berstatus sebagai ASN. Kamu bisa membuat surat lamaran magang dahulu ya!

3. Mengajukan Permintaan ke Departemen Hukum dan HAM

Kamu juga perlu mengajukan permintaan resmi ke Departemen Hukum dan Ham dengan cara melampirkan dokumen nama notaris, surat pernyataan tidak mempunyai jabatan rangkap, dan lembar ijazah.

4. Membuat Surat Permohonan Pengangkatan Notaris

Source : Pixabay

Kamu wajib membuat Surat Permohonan Pengangkatan Notaris dengan menggunakan lampiran yang telah disiapkan sebelumnya.

5. Memenuhi Semua Lampiran yang Diperlukan

Lampiran yang diperlukan dalam membuat surat permohonan yaitu surat tanda pelatihan teknis, KTP, akta kelahiran, NPWP pribadi, fotokopi ijazah, akta perkawinan, piagam lulus ujian yang diselenggarakan oleh organisasi notairs, dan sertifikat pelatihan dari Ditjen AHU, dan masih banyak lagi. Kamu juga harus bersedia disuruh menampung protokol notaris lain.

6. Bersedia Melakukan Sumpah Jabatan

Kamu akan disumpah di hadapan menteri sesuai dengan agama masing-masing setelah dua bulan persetujuan Surat Permohonan Pengangkatan Notaris.

7. Melakukan Sumpah Jabatan

Kamu akan melakukan sumpah jabatan yang siap melakukan kewajiban dan tugas notaris dengan jujur, saksama, mandiri, amanah, dan tidak berpihak alias netral.

8. Siap Menjalankan Tugas dan Kewajiban Notaris

Source : Pixabay

Kamu harus siap menjaga sikap dan bertingkah laku yang benar ketika menjalankan tugas dan kewajiban notaris sesuai kode etik profesi dan peraturan yang sedang berlaku.

9. Dapat Merahasiakan Isi Akta

Notaris harus merahasiakan isi akta dan berhak tidak menjawab pertanyaan hakim jika terjadi masalah pada akta yang telah dibuat, kecuali akta yang bertentangan dengan UU tindak pidana korupsi.

10. Tidak Memberikan Janji

Tidak memberikan janji atau menjanjikan sesuatu kepada siapa pun secara langsung maupun tidak langsung dengan nama atau dalih apapun yang berkaitan dengan hal pemberian uang untuk pengangkatan pada wilayah tertentu.

11. Menjadi Notaris yang Netral dan Bertanggunjawab

Jika kamu telah sah dan berhasil menjadi notaris dan dapat mulai bekerja di organisasi atau kantor notaris terkait. Kamu perlu memastikan dapat melakukan pekerjaan sebaik mungkin agar tidak melakukan tindak kriminal yang beresiko menerima sanksi dari pemerintah.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paradise Serpong City 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download