BlogLifestyleEdukasi12 Jenis Tanaman Buah yang Cepat Panen dan Mudah Dirawat
0
0

12 Jenis Tanaman Buah yang Cepat Panen dan Mudah Dirawat

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 21, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tanaman buah tak harus selalu ditanam di sawah atau ladang. Pins juga bisa menanamnya di halaman perumahan di Bekasi yang terkenal padat penduduk. Misalnya di Nismara Harapan Indah atau hunian lainnya yang bisa dicek di halaman Rumah Ekslusif milik Pinhome.

Tanaman ini bisa dirawat dengan mudah dan lekas panen. Selain dapat Pins konsumsi sendiri juga bisa dijual jika hasil panennya melimpah.

Jenis Tanaman Buah yang Cepat Panen

Untuk menanam tanaman ini tidak perlu lahan yang luas bahkan bisa ditanam lewat pot. Adapun pilihan buahnya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Lemon

Source : Pixabay

Buah lemon terkenal asam namun kaya sekali dengan vitamin C. Pins bisa mengolahnya sebagai tambahan teh, jus bahkan bumbu masakan. Umumnya pohon lemon bisa tumbuh hingga 2 meter. Jika dipangkas secara teratur maka buahnya akan mudah dijangkau.

Lemon meyer merupakan salah satu jenis lemon yang cepat berbuah. Lemonnya tumbuh di wilayah dengan kelembaban rendah. Pastikan memangkas pohonnya sehingga ukuran pohonnya bisa tetap kecil.

2. Jeruk Nipis

Source : Pixabay

Tanaman buah yang cepat panen selanjutnya adalah jeruk nipis. Jeruk ini hadir dalam berbagai makanan tradisional seperti soto, kaledo, siomay dan batagor. Rasa asamnya memperkaya kuah soto atau menyegarkan sambal kacang. Jeruk nipis juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional maupun minuman. Dalam satu pohon bisa menghasilkan beberapa jeruk nipis dan tanamannya rawan terkena penyakit.

Baca juga: 11 Manfaat Penting Air Bagi Tumbuhan

3. Mentimun

Source : Pixabay

Mentimun paling baik ditanam secara vertikal atau tepat di bawah sinar matahari. Mentimun yang meranggas bisa dipanen dalam 50-70 hari tergantung varietasnya. Saat memanen tanaman buah ini, pilih yang tidak terlalu matang agar renyah.

Mentimun merupakan tanaman buah yang produksinya cepat. Jika mengalami keterlambatan cukup diakali dengan 3 sdm garam epsom. Taburi garam di permukaan tanahnya agar lekas berbuah.

4. Pisang

Source : Pixabay

Bagi masyarakat Indonesia, pisang menjadi buah yang umum ditemukan di pasar maupun supermarket besar. Batangnya akan tumbuh sempurna dalam waktu 10-15 bulan dan 9 bulan untuk berbuah. Seluruh bagian tanaman ini bisa digunakan untuk makanan maupun kebutuhan lainnya.

5. Tomat

tanaman buah tomat
Source : Pixabay

Tomat sering digunakan dalam masakan ataupun langsung dikonsumsi. Buah ini mengandung likopen dan kadar air tinggi. Tanamannya membutuhkan waktu 50-70 hari untuk matang dan dipanen.

6. Stroberi

Source : Pixabay

Jika Pins bisa menjauhkan hewan pemakan buah stroberi seperti ayam dan burung maka tanamannya akan cepat dipanen. Tanaman ini menyukai tanah yang lembab dan saat usianya 1 tahun perlu mencabut semua bunga. Tujuannya agar sistem akar dapat berkembang dengan baik. Masa panen stroberi adalah saat usianya sudah mencapai 1.5 tahun.

7. Jambu Biji

tanaman buah jambu biji
Source : Pixabay

Jambu biji tumbuh di pohon yang besar sehingga memerlukan pekarangan luas. Batang dan akarnya cukup tebal maka gunakan pot yang kokoh dan kuat bila ingin menanamnya dalam pot.

Baca juga: Ini Dia 10 Jenis Tumbuhan yang Berkembangbiak dengan Cara Spora

8. Arbei

Source : Pixabay

Arbei tergolong dalam tanaman buah yang cepat panen. Buah yang masih satu keluarga dengan beri ini suka tumbuh di tanah berlumpur. Apabila ingin cepat berbuah maka pemupukan perlu dilakukan dan tanah harus selalu lembab.

9. Anggur

tanaman buah anggur
Source : Pixabay

Buah anggur tergolong dalam tanaman rambat. Jika ingin menanam anggur dalam pot maka perlu dibuatkan pagar kayu dulu. Tujuannya agar bisa merambat dan berbuah cepat. Apabila Pins tinggal di lingkungan yang bersuhu dingin maka buah anggur bisa jadi tanaman yang paling pas untuk dibudidayakan.

10. Nanas

Source : Pixabay

Nanas pada dasarnya bisa tumbuh setinggi 1-2 meter. Akarnya dangkal dibandingkan tanaman buah lainnya. Pins bisa menanamnya dalam pot dengan menancapkan bagian mahkota nanas. Sebelum itu ingat untuk merendam mahkota nanas dalam air kurang lebih 1-2 hari. 

Baru setelah itu masukan ke dalam pot berisi tanah subur dan tempatkan di bawah sinar matahari. Satu pohon nanas akan berbuah sekali per musimnya biasanya pada bulan Agustus sampai Oktober. 

11. Markisa

tanaman buah markisa
Source : Pixabay

Tanaman buah yang cepat panen selanjutnya adalah pohon markisa. Ukurannya sedikit lebih besar dari pohon delima namun tetap bisa menggunakan media tanam pot. Bila ingin berbuah cepat maka letakan tanaman ini tepat di bawah sinar matahari. Pins bahkan bisa menanamnya di balkon rumah jika tak memiliki cukup lahan untuk berkebun.

Baca juga: Mengenal Tumbuhan Higrofit: Ciri, Contoh dan Jenisnya

12. Delima

tanaman buah delima
Source : Pixabay

Bagian dalam delima berupa biji yang diselimuti daging buahnya. Untuk menanam delima bisa pula menggunakan pot. Akarnya lebih dangkal daripada pohon buah lainnya. Dengan begitu tak sulit menanamnya di dalam pot serta tanaman ini tahan terhadap dingin. Masa panen delima biasanya jika sudah berusia 120-130 hari serta bisa ditumpangsarikan dengan sayuran dan kacang-kacangan.

Semua buah yang tumbuh dengan baik tentu akan cepat berbuah. Perawatannya bisa dengan memberi pupuk, memangkas batang pohon ataupun daun yang mulai menguning. Daun yang mengering bisa jadi pertanda penyakit atau serangan hama sehingga perlu segera dipangkas agar tidak menular ke tanaman lainnya.

Tanaman buah di atas bisa Pins tanam di depan rumah, halaman belakang bahkan balkon. Pins bisa menggunakan pot dan bila tanaman tersebut tergolong merambat maka perlu pagar kayu agar bisa tumbuh. Bagaimana tertarik untuk menanam salah satu buah di atas?

Feature Image Source: Pxfuel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Dewe Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download