BlogLifestyle10 Manfaat Tanaman Patah Tulang untuk Kesehatan dan Cara Merawatnya
0
0

10 Manfaat Tanaman Patah Tulang untuk Kesehatan dan Cara Merawatnya

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Jul 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins, apakah kamu pernah mendengar nama tanaman patah tulang? Tanaman patah tulang ini memiliki nama latin Euphorbia tirucalli. Tanaman patah tulang merupakan salah satu tanaman yang persebaran aslinya dari daerah tropis di Afrika, Angola dan Zanzibar.

Apakah kamu yang tinggal di Paradise Serpong City 2 atau Orchard Village pernah mendengar tanaman ini, Pins? Atau mungkin kamu yang sedang ingin jual rumah di bogor pernah mendengar nama tanaman ini ya, Pins.  

Sebelum membaca informasi selengkapnya, kamu bisa mencari informasi mengenai simulasi KPR dan juga daftar rumah eksklusif berikut, yuk! 

Mengenal Tanaman Patah Tulang

Tanaman patah tulang adalah tanaman perdu yang bentuknya berkayu dan bercabang. Tanaman patah tulang ini mempunyai bentuk yang tegak dan berwarna hijau. Bentuk tanaman ini seperti tumpukan ranting yang menjadi satu dalam sebuah batang besar. 

Jika diperhatikan, tanaman patah tulang ini mempunyai bunga atau kuncup di ujung-ujung tanaman. Meskipun tanaman ini sering digunakan sebagai obat tradisional. Namun untuk pengolahannya agak sulit Pins, diperlukan seseorang yang sudah terlatih dan paham dalam mengolah tanaman patah tulang. Hal ini lantaran tanaman patah tulang mengandung getah yang beracun dan berbahaya jika termakan. 

Jadi jika kamu ingin menggunakan tanaman patah tulang sebagai obat, pastikan kamu konsultasi ke ahlinya dulu ya Pins. 

Manfaat Tanaman Patah Tulang untuk Kesehatan 

Source : Grid Kids

Berikut ini terdapat beberapa manfaat tanaman patah tulang bagi kesehatan yang bisa kamu manfaatkan, Pins.

1. Pertolongan Tertusuk Duri atau Kaca

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika tertusuk duri atau kaca tentu mengeluarkan benda tajam tadi. Kemudian langsung memberikan antiseptik betadine dan sebagainya agar tidak infeksi dan mengatasi jamur atau bakteri. Sebagai alternatif, jenis tanaman patah tulang bisa dimanfaatkan untuk pertolongan pada saat tertusuk duri atau kaca. Caranya dengan memanfaatkan getah pada tanaman patah tulang untuk mengeluarkan potongan duri atau kaca tadi, Pins. 

Baca juga: 24 Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

2. Membantu Penyembuhan Patah Tulang 

Source : Alodokter

Selanjutnya manfaat tanaman patah tulang adalah membantu proses penyembuhan patah tulang. Kamu bisa menggunakan tanaman patah tulang ini untuk mengobati patah tulang. Kamu hanya perlu tahu cara mengolahnya kemudian menggunakannya sebagai tanaman atau ramuan untuk mengobati patah tulang. 

3. Mengobati Kapalan

Selain patah tulang, tanaman patah tulang ini bisa juga digunakan untuk mengobati kapalan. Kamu yang mempunyai kutil atau kapalan bisa menggunakan tanaman patah tulang agar menyembuhkan kapalan yang kamu derita. Tentunya ini nisa sangat berguna dan bermanfaat bagi kamu, Pins. Kapalan dan juga kutilan tentunya akan sangat mengganggu dan tidak sehat bagi tubuh jika dibiarkan terus tumbuh. 

4. Mencegah Infeksi

Selanjutnya jenis tanaman patah tulang bisa digunakan sebagai obat herbal dalam mencegah infeksi. Kamu bisa menggunakan tanaman patah tulang untuk menjaga supaya infeksi tidak akan terjadi pada tubuh kamu, Pins. Kamu hanya perlu tahu cara menanggulanginya untuk memastikan bahwa infeksi tidak menyebar atau membahayakan tubuh kamu.  

Baca juga: 12 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

5. Mencegah Sel Kanker

Selanjutnya untuk mencegah sel kanker. Jenis tanaman patah tulang bisa mencegah sel kanker untuk berkembang. Kamu perlu memahami dan mengetahui bagaimana cara mencegah sel kanker menggunakan tanaman patah tulang ini, Pins. Pasalnya dalam mengolah tanaman patah tulang diperlukan cara yang tepat agar tanaman dapat diolah dengan baik. 

6. Mengatasi Asma 

Source : Alodokter

Kemudian tanaman patah tulang bagus untuk mengatasi asma. Tanaman patah tulang bisa kamu gunakan untuk mengatasi asma. Hal ini karena tanaman patah tulang mengandung nutrisi atau kandungan yang dapat mengatasi gangguan pernapasan, Pins. Oleh karena itu tanaman patah tulang ini bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat kamu gunakan dalam mengatasi asma. 

Baca juga: 12 Jenis Tanaman Begonia yang Cantik untuk Rumahmu

7. Mengatasi Hepatitis

Selanjutnya, tanaman patah tulang bisa juga kamu gunakan untuk mengatasi hepatitis. Hepatitis adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat menular. Selain pendekatan secara medis dengan obat dokter, hepatitis juga bisa dirawat dan diatasi dengan menggunakan tanaman herbal patah tulang.  

8. Mengobati Herpes

Selain hepatitis, tanaman patah tulang juga bisa digunakan untuk mengatasi herpes. Herpes adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena aktivitas seksual yang tidak sehat. Untuk mengobati herpes biasanya kamu perlu datang ke dokter untuk mendapatkan suntikan. Namun, kamu juga bisa menggunakan tanaman herbal seperti tanaman patah tulang sebagai opsi. 

9. Mengatasi Radang Sendi 

Source : Kompas

Selanjutnya tanaman patah tulang bisa digunakan untuk mengatasi radang sendi. Seperti yang kita ketahui radang sendi adalah salah satu gangguan pada sendi yang sangat mengganggu. Kamu bisa menggunakan tanaman patah tulang sebagai obat herbal untuk melawan radang sendi yang menyerang tubuh kamu, Pins. 

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Pembawa Hoki yang Mudah Dirawat

10. Membersihkan Udara di Ruangan

Selain itu tanaman patah tulang juga bisa digunakan untuk membersihkan udara di ruangan. Kamu perlu meletakkan tanaman patah tulang ini di dalam ruangan indoor kemudian biarkan tanaman patah tulang ini menyerap racun yang berada di dalam ruangan. Alhasil kamu akan mendapatkan ruangan di dalam rumah menjadi lebih sehat, Pins. 

Tips Merawat Tanaman Patah Tulang

Source : Lazada

Beberapa tips merawat tanaman patah tulang yang bisa kamu aplikasikan. Pertama kamu bisa memberikan pupuk yang sehat pada tanaman patah tulang. Selanjutnya lakukan penyiraman pada tanaman patah tulang secara rutin. Namun jika sedang musim hujan maka frekuensi menyiram tanaman bisa kamu kurang, Pins. Selanjutnya, tanaman patah tulang harus diletakkan di tempat teduh. Hindari meletakkan tanaman patah tulang langsung di bawah sinar matahari. 

Baca juga: 

Sumber featured image: IDN Times


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download