BlogLifestyleEdukasiApa itu Tap Water? Lengkap dengan Cara Kerjanya
0
0

Apa itu Tap Water? Lengkap dengan Cara Kerjanya

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Agu 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tap-watertop-right-banner

Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Dalam kaitannya dengan kesehatan dan kesejahteraan, pemenuhan kebutuhan akan air bersih dan aman adalah suatu aspek yang tak bisa diabaikan. Salah satu bentuk penyediaan air yang umum digunakan adalah melalui sistem air keran atau yang sering disebut “tap water.”

Mungkin kamu yang saat ini tinggal di Avoria Estate atau Intan Residence bermaksud untuk mencari tahu tentang apa itu tap water, kan? Terutama kamu yang tinggal di Perumahan di Bogor dan rumah seken di Kab Bandung Barat ya Pins. 

Sebelum itu mari cek informasi mengenai estimasi harga rumah dan juga program KPR di Pinhome, yuk! 

Apa Itu Tap Water?

Source : businessinsider.com

Air keran atau yang sering juga disebut dengan tap water adalah air yang diambil dari sistem penyediaan air umum atau pasokan air yang tersedia melalui keran atau kran di rumah, gedung, atau tempat umum lainnya.air keran biasanya berasal dari sumber-sumber air alami seperti sungai, danau, atau mata air, yang kemudian diolah dan disaring oleh pihak pengelola air sebelum diantar ke rumah-rumah dan bangunan-bangunan. 

Proses pengolahan air keran melibatkan langkah-langkah seperti penyaringan, pengendapan partikel, pemurnian kimia, dan desinfeksi untuk menghilangkan kuman dan kontaminan potensial yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Air keran atau tap water umumnya aman untuk diminum dan digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti memasak, mandi dan mencuci. 

Baca juga: 20 Cara Membangun Rumah yang Murah Tapi Berkualitas

Apa Tujuan Tap Water

Source : scroll.in

Tujuan dari penyediaan tap water, atau air keran adalah untuk menyediakan sumber air yang aman, bersih, dan dapat diakses secara mudah bagi masyarakat. Untuk tujuannya sendiri, Pins bisa menyimak pembahasannya dibawah ini. 

1. Menyediakan Air Bersih

Source : gramediac.com

Tujuan utama tap water adalah untuk menyediakan akses mudah dan luas bagi masyarakat terhadap air bersih yang aman untuk diminum, digunakan dalam memasak, mandi, dan keperluan sehari-harinya. Hal ini penting untuk Pins perhatikan demi menjaga kesehatan dan kesejahteraan manusia. 

2. Mencegah Penyakit dan Infeksi

Dengan melakukan proses pengolahan yang tepat, pengertian tap water yang higienis dapat menjamin bebas dari kontaminan dan patogen yang dapat menyebabkan penyakit dan infeksi pada manusia. Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko penularan penyakit melalui air. 

3. Mengurangi Penggunaan Sumber Air Alam

Source : bobo.grid.id

Dengan menyediakan air yang sudah diolah dan aman untuk dikonsumsi, tap water dapat membantu mengurangi ketergantungan pada sumber air alam seperti sungai dan danau. Ini dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem alam dan mengurangi dampak negatif eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya air. 

4. Mendorong Kebiasaan Hidup Sehat

Dengan memberikan akses yang mudah terhadap air bersih, tap water dapat mendorong masyarakat untuk mengadopsi kebiasaan hidup sehat, seperti minum air yang cukup dna menjaga kebersihan pribadi. 

Baca juga: 8 Perencanaan Pembangunan Rumah Baru

5. Mengurangi Penggunaan Air Kemasan

Source : suara.com

Dengan menyediakan air keran yang aman dan berkualitas, masyarakat dapat mengurangi ketergantungan pada air kemasan dalam botol plastik. Ini membantu mengurangi limbah plastik dan dampak lingkungan negatif yang terkait dengan pembuangan botol plastik. 

6. Menyediakan Layanan Publik yang Esensial

Penyediaan tap water juga berfungsi sebagai layanan publik esensial yang mendukung kehidupan sehari-hari masyarakat. Pemerintah dan otoritas lokal bertanggung jawab untuk memastikan bahwa air keran tersedia secara adil dan terjangkau bagi semua warga Pins. 

7. Mendukung Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Source : fimela.com

Ketersediaan air bersih dan aman juga penting untuk mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Air keran yang berkualitas mendukung berbagai sektor, termasuk industri, pertanian, pariwisata, dan lainnya. 

Cara Kerja Tap Water

Pins pasti bertanya-tanya, apa itu tap water? Bagaimana cara kerja tap water? Nah, maka dari itu, artikel kali ini akan membahas cara kerja tap water yang biasa kamu gunakan di rumah untuk kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, yuk cek ulasannya di bawah ini.

1. Pengumpulan Air

Source : kompas.com

Cara kerja tap water yang pertama yaitu dengan pengumpulan air. Proses pengolahan air keran dimulai dari pengumpulan air dari sumber-sumber alam seperti sungai, danau, dan mata air. Air ini kemudian diarahkan ke fasilitas pengolahan air. 

2. Penyaringan Air

Di fasilitas pengolahan, air keran pertama kali melewati tahap penyaringan. Air dijalankan melalui sejumlah filter yang berfungsi untuk menghilangkan partikel-partikel besar seperti daun, pasir, dan kerikil yang dapat mengotori air. 

3. Pengendapan Kotoran

Source : kompasiana.com

Setelah Pins melakukan penyaringan, air dibiarkan diam dalam tangki pengendapan.di sinilah partikel-partikel yang lebih erat akan mengendap ke dasar, membentuk lumpur. Air yang lebih jernih di atas lumpur ini akan diambil untuk tahap selanjutnya. 

4. Koagulasi dan Flokulasi

Agar Pins dapat menghilangkan partikel-partikel kecil yang masih tersuspensi dalam air, bahan kimia koagulan ditambahkan ke dalam air. Koagulan membantu menggumpalkan partikel kecil menjadi gumpalan yang lebih besar, yang disebut flok. Proses ini disebut flokulasi. 

5. Pemisahan Flok

Source : pakaripal.com

Setelah Pins melakukan flokulasi, air yang mengandung flok kemudian dilewatkan melalui tangki dengan lembut sehingga flok-flok tersebut dapat mengendap ke dasar tangki. Air yang lebih jernih diambil dari permukaan. 

6. Desinfeksi

Salah satu tahap paling penting yang perlu Pins pahami dalam proses pengolahan tap water adalah desinfeksi. Air yang sudah jernih dapat mengandung mikroorganisme seperti bakteri dan virus yang masih berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, bahan desinfektan seperti klorin ditambahkan ke dalam air untuk membunuh mikroorganisme tersebut. 

7. Penyesuaian pH dan Kualitas

Setelah Pins melakukan desinfeksi, air keran melewati tahap penyesuaian pH dan kualitas. Beberapa zat kimia mungkin ditambahkan untuk menjaga pH air dalam kisaran yang aman dan mengoptimalkan kualitas air sebelum akhirnya dikirim ke sistem distribusi.

8. Distribusi ke Rumah-Rumah

Source : goikuzo.com

Air yang telah melalui semua tahap pengolahan ini kemudian dialirkan melalui pipa distribusi menuju rumah-rumah, gedung-gedung, dan tempat umum. Tekanan air dalam sistem distribusi ini memungkinkan air untuk mengalir melalui pipa dan mencapai keran-keran dengan lancar. 

Pins, itu saja informasi mengenai tentang tap water yang bisa menjadi referensi bacaan kamu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca juga: 

Sumber featured image: moffitt.org


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download