BlogLifestyleEdukasiBegini Tata Cara Khatam Quran yang Baik dan Benar
0
0

Begini Tata Cara Khatam Quran yang Baik dan Benar

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Jul 27, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Khatam Qurantop-right-banner

Salah satu amalan yang memiliki pahala yang besar adalah membaca al-quran. Khatam quran tak hanya sekedar membaca al quran sampai selesai saja. Ada beberapa tata cara khatam al quran yang harus kamu lakukan agar amal ibadah yang satu ini dapat diterima oleh Allah SWT.

Tata cara khatam al quran ini sendiri telah dianjurkan dalam sunah dan hadist Rasulullah SWT. Jika Pins ingin segera mengkhatamkan al quran, berikut tata cara khatam al quran yang baik dan benar, lengkap beserta bacaan khatam al-quran yang perlu Pins ketahui. 

Baca juga:Aplikasi Al-Quran (APK) Terbaik untuk HP Android

Hadits Tentang Khatam Al-quran

tata cara khatam al quran
Source : Unsplash

Perintah untuk membaca Al-quran termuat dalam beberapa surah dan hadist. Salah satunya terdapat dalam surah Al-Muzzammil ayat 1-4, berikut bacaannya:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلْمُزَّمِّلُ (1)قُمِ ٱلَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا (2) نِّصْفَهُۥٓ أَوِ ٱنقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا (3)إِنَّا سَنُلْقِى عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلً (4

Artinya: \”Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-quran itu dengan perlahan-lahan.\”

Sementara, anjuran dan keutamaan mengkhatamkan Al-quran termuat dalam beberapa hadis. Berikut beberapa di antaranya:

اِذَا خُتِمَ الْقُرْأٓنُ نَزَلَتِ الرَّحْمَةُ  

Artinya: “Apabila dikhatamkan Al-Qur’an, maka turunlah rahmat Allah.” – HR. at-Thabrani.

Dalam hadis riwayat ad-Darimi, Rasulullah SAW bersabda: 

 مَنْ قَرَأَ الْقُرْأٓنَ ثُمَّ دَعَا، أَمَّنَ عَلَى دُعَائِهِ اَرْبَعَةُ اَلَافِ مَلِكٍ

Artinya: “Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Al-Qur’an, maka akan hadir 60.000 malaikat yang membacakan istighfar untuknya saat khatam Al-Qur’an tersebut.” 

Baca juga: Berikut Ayat Tentang Ikhlas dalam Al-quran

Tata Cara Khatam Al quran

tata cara khatam al quran
Source : Unsplash

Sebetulnya tata cara khatam al quran tidaklah rumit. Namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Tata cara baca Al-quran dimulai dari pembacaan tawasul kepada Rasulullah SAW, keluarga, dan para sahabatnya. Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan 22 surah paling akhir di Al-quran secara berurutan, mulai dari ad-Dhuha hingga an-Nas. 

Baca juga: Ayat Al-quran tentang Wabah Penyakit dan Cara Menghadapinya

Membaca La Ilaha Illallah Wallahu Akbar

Setiap pergantian pembacaan surah, sebaiknya ucapkan kalimat berikut:

لاَاِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَ اَللهُ اَكْبَرُ وَ لِلّٰهِ الْحَمْدُ 

La Ilaha Illallah wallahu akbar

Artinya: \”Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar dan segala puji bagi-Nya\”. 

Setelah selesai, maka pembacaan surah kembali ke surah pertama atau Al-Fatihah. Kemudian surah Al-Baqarah ayat 1-5 dan seterusnya mengikuti susunan bacaan tahlil secara umum. Sebagai akhiran, khataman Al-quran ditutup dengan membaca doa khatamul qur’an. 

Baca juga: Ayat Alquran tentang Larangan Zina yang Perlu Kamu Ketahui

Membaca Doa Khatam Al quran

Source : iStock

Berikut bacaan khataman Al-quran yang umum dibaca: 

اللّهُمَ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآن ، واجْعَلْهُ لَنَا إمَامًا وَ هُدًى وَ نُوْرًا و رَحْمَةً . و ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نُسِيْنَا ، وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا ، وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَ الْنَهَار ، واجْعَلهُ لَنَا حُجَّةٌ يَا ربَّ الْعَالَمِيْن 

Allahummarhamna bil qur’an, waj alhu lana imaamaw wahudaw wanuuraw warahmah. Wa dzakkirna minhu maa nusiina, wa allimna minhu maa jahilna. Warzuqna tilawatahu aanaa’al laili wan nahaar. Waj’alhu lanaa hujjatany yaa rabbal alamin. 

Artinya: \”Ya Allah, rahmatilah kami dengan sebab Al-Quran. Jadikanlah (Al-quran) sebagai pembimbing, petunjuk, cahaya, dan rahmat bagi kami. Ingatkanlah kami apa yang kami terlupa darinya, ajarilah kami apa yang kami tidak tahu darinya, dan karuniakanlah kepada kami untuk bisa mentilawahinya di penghujung-penghujung malam dan siang, dan jadikanlah ia hujjah kami ya Rabbal ‘alamin.\”

Bacaan doa khatam Al-quran juga dapat ditambahkan doa berikut untuk memohon syafaat. Berikut bacaan latin dan artinya: 

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur\’an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya: \”Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur’an.\”

Source : Pinhome

Pins dapat melanjutkan bacaan doa tersebut dengan membaca doa untuk memohon perlindungan dari kemusyrikan. Berikut bacaan doanya: 

اللَّهُمَّ اهْدِنَا بِهِدَايَةِ الْقُرْأَنِ وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ بِكَرَمَة الْقُرْأَنِ وَارْفَعْ دَرَجَاتِنَا بِبَرَكَةِ الْقُرْأَنِ وَادْخِلْنَا الْجَنَّةَ بِشَفَاعَةِ الْقُرْأَنِ  وَاغْفِرْ لِأَحْيَاءِنَا وَأَمْوَاتِنَا بِتِلَاوَةِ الْقُرْأَنِ وَاقْضِ حَاجَاتِنَا بِفَضِيْلَةِ الْقُرْأَنِ

Allaahummah dinaa bihadiyatil qur-aani wa najjinaa minannaari bikaramatil qur-aani warfa’ darajaatinaa bibarakatil qur-aani wa adkhilnal jannata bisyafaa’atil qur-aani waghfir liahyaa inaa wa amwaatinaa bitilaawatil qur-aani waqdhi haajaatinaa bifadhiilatil qur-a tu’aaani.

Artinya: “Wahai Allah! berilah kami hidayah dengan hidayah Al Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka dengan kemuliaan Al Qur’an, angkatlah derajat kami dengan keberkahan Al Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafaat Al Qur’an, ampunilah orang-orang yang hidup dan mati diantara kami dengan pembacaan Al Qur’an, dan tunaikanlah segala hajat kami dengan keutamaan Al Qur’an.”

Untuk membuat amalannya lebih utama, silakan baca satu tambahan doa berikut: 

اللَّهُمَّ اجْعَلْ الْقُرْأَنَ لَنَا فِي الدُّنْيَا قَرِيْنًا وَفِي الْقَبْرِ مُوْنِيْسًا وَفِيْ الْقِيَامَةِ شَافِعًا وَعَلَى الصِّرَاطِ نُوْرًا وَفِيْ الْجَنَّةِ رَفِيْقًا وَ مِنَ النَّارِ سِتْرًا وَحِجَابًا

Allaahummaj ‘alil qur-aana lanaa fiddunyaa qariinan wafil qabri muunisan wafil qiyaamati syaafi’an wa’alash shiraathi nuuran wafil jannati rafiiqan wa minannaari sitran wa hijaaban.

Artinya: “Wahai Allah! jadikanlah Al Qur’an sahabat kami di dunia ini, penghibur kami di dalam kubur, pemberi syafaat pada hari kiamat, cahaya di atas shirat, teman di dalam surga dan tabir serta penghalang dari api neraka.”

Itulah penjelasan mengenai tata cara khatam al quran dengan baik dan benar. Semoga ulasan ini dapat membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. Selain itu, semoga juga uraian ini dapat membuat hati kita semua tergugah untuk mengkhatamkan Al-quran. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Griya Cinere di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Syahya Rembulan

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download