BlogLifestyleEdukasi7 Template Nota Kosong Gratis untuk Excel dan Word
0
0

7 Template Nota Kosong Gratis untuk Excel dan Word

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Sep 26, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
template nota kosong gratistop-right-banner

Kamu sedang mencari template nota kosong gratis? jangan khawatir! Sekarang sudah cukup banyak contoh nota dengan isi dan desain yang berbeda-beda. Setiap nota tersebut disesuaikan kembali sesuai kebutuhan masing-masing. Pembuatannya sendiri cukup mudah, di aplikasi Microsoft Excel misalnya, kita cukup memakai template nota Excel.

Template merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk menyebutkan format, yang dapat dipakai secara langsung ketika ingin membuat suatu desain. Sederhananya, dengan template Pins dapat membuat suatu desain menjadi lebih mudah.

Baca juga:

Sekilas Tentang Nota yang Mungkin Perlu Kamu Tahu

Source : SAKARAN

Meskipun hanya sebuah kertas kecil, nota terkadang memiliki peran yang cukup besar. Contohnya dalam laporan keuangan tertentu. Bisa penjualan bisa juga perusahaan. Dengan adanya nota, semua pemasukan dapat tercatat dengan jelas, sehingga dapat meminimalisir kerugian dalam jumlah besar.

Nota juga dapat berfungsi sebagai bukti transaksi. Masih berhubungan dengan yang sebelumnya, informasi pada bukti transaksi pada nota dapat membuat segala transaksi menjadi jelas dan dapat mengurangi unsur-unsur yang dapat merugikan perusahaan.

Sebagai contoh, pada saat Pins melakukan jual rumah online gratis di Pinhome dan laku, tidak ada salahnya kamu membuat nota. Namun, untuk transaksi seperti rumah, nota saja tidaklah cukup.

Misalnya, bila kamu ingin membeli suatu rumah di perumahan Dewe Residence atau unit cantik lainnya seperti rumah-rumah di kota Surabaya, kamu juga harus mengurus persuratan lain. Mulai dari akta jual beli rumah, sertifikat hak milik, dan surat-surat pajak lainnya.

Direkomendasikan agar setiap perusahaan atau untuk seseorang yang memiliki badan usaha punya desain nota yang berbeda-beda. Mengapa? Ditujukan supaya nota tidak dapat dipalsukan oleh orang lain.

Cara Membuat Template Nota Excel

Dalam dunia bisnis yang bergerak cepat, memiliki nota yang efisien dan profesional sangatlah penting. Nota Excel adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk mengelola catatan transaksi bisnis dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebelum membuat template nota Excel:

Memahami Keperluan Bisnis

Sebelum Pins mulai membuat nota Excel, langkah pertama yang harus Pins ambil adalah memahami keperluan bisnis Pins. Ini berarti mengidentifikasi informasi apa yang perlu dimasukkan dalam nota Pins. Setiap bisnis memiliki kebutuhan uniknya sendiri, jadi pastikan Pins tahu apa yang Pins butuhkan sebelum memilih template.

Pemilihan Template yang Tepat

Saat Pins telah memahami kebutuhan bisnismu, langkah berikutnya adalah memilih template nota Excel yang tepat. Pins dapat menyusun kriteria, seperti tata letak yang diinginkan, apakah Pins memerlukan kolom tambahan untuk informasi khusus, dan sebagainya. Ada banyak template yang tersedia secara online, jadi pastikan Pins menjelajahi opsi yang ada.

Menggunakan Excel untuk Membuat Nota

Setelah Pins memiliki template yang sesuai, saatnya untuk mulai menggunakan Excel untuk membuat nota Pins. Pins perlu mengatur kolom dan baris sesuai dengan kebutuhanmu, termasuk informasi seperti tanggal, nomor transaksi, nama pelanggan, dan lainnya.

Pengaturan Tampilan Nota

Agar nota Excel terlihat profesional, jangan lupakan aspek tampilan. Pins dapat menambahkan logo dan detail perusahaan Pins, memilih font yang sesuai, dan bahkan menyesuaikan warna agar sesuai dengan identitas merek Pins.

Memasukkan Data Transaksi

Langkah berikutnya adalah memasukkan data transaksi ke dalam nota Excel Pins. Ini adalah langkah penting, dan Pins dapat menggunakan rumus Excel untuk melakukan perhitungan otomatis, seperti menghitung total harga atau pajak.

Melakukan Revisi dan Perbaikan

Penting untuk selalu melakukan revisi pada nota Excel Pins. Ini membantu memastikan bahwa semua informasi yang tercatat benar dan akurat. Pins juga bisa menyusun log revisi untuk melacak perubahan yang telah Pins buat.

Mengoptimalkan Penggunaan Template

Selain membuat nota, Pins juga dapat mengoptimalkan penggunaan template Pins. Cobalah memanfaatkan fitur-fitur Excel yang dapat membantu meningkatkan efisiensi, seperti autofill atau filter data. Jangan lupa membuat salinan cadangan template untuk menghindari kehilangan data.

Pemantauan dan Peningkatan

Nota Excel juga dapat digunakan sebagai alat pemantauan bisnismu. Pins dapat menggunakan catatan transaksi untuk menganalisis kinerja bisnis Pins seiring waktu. Jika ada area yang perlu ditingkatkan, Pins dapat menggunakannya sebagai panduan untuk membuat perubahan yang diperlukan.

Contoh Template Nota Excel dengan Desain yang Bagus

Untuk yang masih bingung seperti apa desain nota yang harus dibuat, atau mungkin ingin membuat nota namun belum mengetahui bagaimana caranya, template nota kosong gratis berikut ini dapat dipakai sebagai referensi.

Template-template ini dapat digunakan secara gratis dan dapat dibuka langsung di Microsoft Excel versi apa saja.

1. Template Nota Kosong

template nota kosong gratis
Source : Vertex42

Template ini masih didesain kosong (polos). Bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya untuk faktur penjualan maupun invoice (tagihan).

Format nota ini berbasis excel dan masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Template ini dapat dipakai tanpa instalasi sama sekali, dan tanpa harus menggunakan macro sama sekali. Cukup download dan tinggal pakai saja seperti biasa.

Template ini bisa diedit dengan cara mengubah bagian header dengan nama usaha, menambahkan logo dan lain-lain. Kemudian menambahkan informasi kontak sampai semuanya sesuai. Setelah itu template ini dapat dicetak sampai beberapa lembar sesuai kebutuhan.

Download Temple

Baca juga: Template Kartu Nama Dengan Desain Menarik

2. Template Nota Simpel Perusahaan

Source : Vertex42

template nota kosong gratis ini memiliki ciri khas desain gaya warna hijau di bagian atas. Template ini tidak memiliki banyak fitur yang rumit waktu dipakai.

Hanya terdapat dua formula untuk mengatur subtotal. Dan kita juga dapat mengatur jumlah pajak (kalau memang jualannya butuh membayar pajak).

Tema ini memiliki kolom dengan desain yang ringan. Terdapat juga kolom untuk pengiriman dan untuk diskon. Semuanya dapat diatur dengan menggukan rumus-rumus simpel.

Karena simpel, pengeditan template nota excel ini bisa dikatakan sangat mudah. Nota ini juga dapat dikirimkan dalam bentuk format lain kalau sudah disimpan dari Excel. Misalnya PDF. Bermanfaat bukan?

Download Temple

Baca juga: Template Login Mikrotik Terlengkap

3. Template Nota Basic

template nota kosong gratis
Source : Vertex42

Nota ini tidak memiliki desain yang rumit. Sangat sederhana, saking sederhananya hanya ada beberapa kolom yang mungkin hanya perlu diperhatikan untuk dikustomisasi.

Salah satunya header. Bagian header template ini yang paling perlu diperhatikan hanyalah bagian company name dan Invoice.

Bagian Invoice ini dapat diubah menjadi Receipt atau lainnya kalau ingin diubah ke suatu jenis nota.

Template ini hanya menggunakan satu rumus saja. Yakni rumus SUM untuk menghitung bagian totalnya. Namun untuk beberapa kondisi, mungkin beberapa butuh penyesuaian lagi.

Download Temple

Baca juga: Template Undangan Pernikahan

4. Template Nota Billing

Source : Vertex42

Template nota excel yang ini bisa dikatakan sangat lengkap. Nota ini dapat dipakai untuk mengetahui bukti pembayaran, hingga untuk memanage para customer meskipun hanya dalam bentuk template.

Terdapat cukup banyak kolom di sana. Misalnya untuk menyimpan data pembayaran yang diterima, bagian credits, biaya jasa dan lain-lain yang semuanya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Nota ini bisa digunakan dan akan sangat membantu untuk menerima pembayaran yang didapatkan secara rutin dari pembeli. Cocok untuk pengusaha penyewaan properti dan lain-lain.

Baca juga: 8 Inspirasi Kitchen Sink Minimalis

5. Template Nota Penjualan

Template-Nota-Penjualan
Source : Vertex42

Di semua kolom yang ada di sini bisa diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Entah itu bagian perusahaan yang dijalani maupun informasi dari pembeli (customer). Contohnya, yang pertama di bagian atas kita bisa mengisinya menggunakan alamat yang kita pakai. Kemudian kolom-kolom selanjutnya juga.

Misalnya seperti Bill To, Ship To, SalesPerson, P.O. F.O.B dan lain-lain. Semuanya dapat diubah menggunakan gaya bahasa sendiri hingga dapat menjadi nota yang cocok sesuai keinginan.

Nota ini dapat dikirimkan ke pembeli menggunakan media apapun. Bisa dicetak menggunakan printer, atau bisa juga dikirim menggunakan email.

Lebih tepatnya, nanti setelah nota sudah disimpan dari Excel, silakan simpan dulu dalam format PDF. Nota ini dapat ditambah juga bagian garis kolom dan lain-lain sebagainya kalau memang dibutuhkan.

Download Temple

6. Template Nota Billing Konsultan

template nota kosong gratis
Source : Vertex42

Template nota yang memang lebih dikhususkan untuk konsultan. Well, template ini desainnya tidak sederhana, tidak pula terlalu rumit.

Dengan unsur warna putih dan orange ditambah dengan kolom-kolom yang tidak begitu banyak, membuat template ini mungkin bisa dipiilih untuk yang sedang mencari template nota excel. Template ini dapat diedit juga sesuai kebutuhan. Misalnya pada bagian budget, itu dapat diubah.

Serta warna orange, tentu saja tidak semua orang suka warna ini. Karena itu, kita tetap bisa menggantinya melalui menu Page Layout > Themes > Colors > Change Theme Colors. Bagian label atasnya juga (header dapat diubah). Sehingga notanya dapat diubah-ubah lagi gayanya.

Download Temple

7. Template Nota Untuk Jasa

Source : Vertex42

Faktanya tidak semua orang yang memiliki badan usaha selalu menjual suatu barang atau produk. Ada juga sebagian lainnya, yang menggunakan tipikal jasa sebagai layanan utama. Bahkan jumlahnya tidak sedikit.

Template nota untuk jasa ini memiliki ciri khas warna putih yang sederhana. Kolomnya tidak terlalu banyak, mirip seperti beberapa template nota yang telah kita sebutkan sebelumnya.

Kita dapat menggunakan template ini untuk berbagai kebutuhan yang memang masih berhubungan dengan jasa. Misalnya seperti jasa pembuatan website, jasa kurir, jasa cat, jasa memperbaiki suatu barang dan lain-lain sebagainya.

Kita dapat menggunakan nota ini untuk berbagai kebutuhan. Contohnya, sebagian perusahaan jasa ada yang cemderung berbasis online ketimbang offline. Jika berbasis offline seperti ini, kita dapat mengubahnya menjadi PDF terlebih dahulu (hasil simpanan excelnya) kemudian dikirimkan melalui Email dan lain-lain sebagainya.

Download Temple

Nah, itu dia 7 template nota excel yang bisa kamu download, gratis! Template-template nota yang sudah kita bahas tadi hanyalah beberapa rekomendasi yang bisa dipilih. Sisanya bisa langsung didapatkan di situs-situs pembuat template Excel resmi. Misalnya seperti www.vertex42.com. Template-template yang ada di sana dapat dipilih, karena sudah tersedia puluhan template.

Begitulah pembahasan mengenai template nota kosong gratis dan template nota excel. Rekomendasi yang ada di sini mungkin tidak banyak. Tapi untuk referensi yang diberikan semuanya bisa di explore sendiri sampai menemukan yang mana yang paling cocok. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download